Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

“Pertemuan ke Enam”. Tujuan kebijakan fiskal adalah mengontrol atau paling tidak mempengaruhi permintaan total dalam perekonomian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "“Pertemuan ke Enam”. Tujuan kebijakan fiskal adalah mengontrol atau paling tidak mempengaruhi permintaan total dalam perekonomian."— Transcript presentasi:

1 “Pertemuan ke Enam”

2 Tujuan kebijakan fiskal adalah mengontrol atau paling tidak mempengaruhi permintaan total dalam perekonomian.

3 Kebijakan fiskal dan kebijakan moneter umumnya dianggap sebagai kebijakan untuk mengelola sisi permintaan akan barang dan jasa dalam suatu perekonomian. Kedua, kebijakan ini menyangkut masalah pengelolaan permintaan dengan tujuan untuk mempertahankan produksi nasional suatu perekonomian yang mendekati tingkat kesempatan kerja penuh dan juga mempertahankan tingkat harga barang dan jasa pada tingkat yang sudah tercapai sekarang.

4 Pemerintah dapat mempengaruhi permintaan dalam perekonomian dengan menggunakan kebijakan fiskal, yaitu dengan cara meningkatkan atau mengurangi pengeluaran pemerintah dan subsidi, serta meningkatkan atau mengurangi pajak.

5 pendapatan Permintaan Agregat Kebijakan Fiskal Penawaran Agregat Pasar Barang Harga Barang dan kesempatan Kerja Upah Harapan Alur Kebijakan Fiskal Alur Kebijakan Fiskal

6 Pada alur tersebut terlihat bahwa kebijakan fiskal akan mempengaruhi permintaan dan penawaran agrerat. Selanjutnya, permintaan dan penawaran agrerat ini akan menentukan keadaan pasar barang dan jasa. Pasar barang dan jasa akan mempengaruhi tingkat harga dan pengerjaan faktor - faktor produksi, yang pada gilirannya tingkat harga dan kesempatan kerja ini akan berdampak pada upah yang diharapkan dan pendapatan.

7 Kedua faktor ini pada akhirnya akan mempunyai umpan balik, di mana harga barang dan kesempatan kerja akan berpengaruh pada pendapatan yang kemudian berpengaruh pada permintaan agregat. Sementara upah harapan memberi umpan balik pasar permintaan agregat.

8 Kebijakan fiskal ada dua jenis, yaitu kebijakan fiskal ekspansioner dan kebijakan fiskal kontraksioner. Alur logika bekerjanya kedua kebijakan fiskal ini tampak pada diagram berikut : Pengangguran Tinggi, Pertumbuhan Ekonomi Rendah Inflasi Kebijakan Fiskal Ekspansioner Kebijakan Fiskal Kontraksioner

9 a.Meningkatkan Pengeluaran / Belanja Pemerintah b.Menurunkan Pajak c.Kombinasi A dan B a.Meningkatkan Pengeluaran / Belanja Pemerintah b.Menurunkan Pajak c.Kombinasi A dan B a.Menurunkan Pengeluaran/ Belanja Pemerintah b.Menaikkan Pajak c.Kombinasi A dan B a.Menurunkan Pengeluaran/ Belanja Pemerintah b.Menaikkan Pajak c.Kombinasi A dan B Permintaan Agregat Meningkat Permintaan Agregat Berkurang Pendapatan Nasional Meningkat Pendapatan Nasional Menurun Pertumbuhan Turun, Pertumbuhan Ekonomi Meningkat Inflasi Turun


Download ppt "“Pertemuan ke Enam”. Tujuan kebijakan fiskal adalah mengontrol atau paling tidak mempengaruhi permintaan total dalam perekonomian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google