Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pasar Uang dan Kurva LM. Pasar Uang dan Pasar LM Kurva LM menyatakan hubungan antara tingkat bunga dan tingkat pendapatan di pasar uang Teori preferensi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pasar Uang dan Kurva LM. Pasar Uang dan Pasar LM Kurva LM menyatakan hubungan antara tingkat bunga dan tingkat pendapatan di pasar uang Teori preferensi."— Transcript presentasi:

1 Pasar Uang dan Kurva LM

2 Pasar Uang dan Pasar LM Kurva LM menyatakan hubungan antara tingkat bunga dan tingkat pendapatan di pasar uang Teori preferensi likuiditas adalah teori yang menyatakan bahwa tingkat bunga disesuaikan untuk menyeimbangkan antara permintaan dan penawaran pada asset yang paling likuid (uang). Preferansi likuiditas merupakan kerangka untuk kurva LM.

3 Teori preferensi likuiditas mengasumsikan adanya penawaran tetap dari keseimbangan uang rill (M) merupakan variabel kebijakan eksogen yang dipilih oleh Bank Sentral, seperti Bank Sentral Amerika (FED). Tingkat harga (P) juga merupakan variabel eksogen dalam model ini

4

5 Teori preferensi likuiditas menegaskan bahwa tingkat bunga merupakan salah satu penentu berapa banyak uang yang ingin dipegang orang, Penawaran dan permintaan terhadap keseimbangan uang rill menentukan tingkat bunga yang akan muncul pada perekonomian

6 Tingkat bunga mencapai keseimbangan pada permintaan dan penewaran uang dengan beberapa penyesuaian Apabila tingkat bunga berada diatas titik ekuilibrium jumlah keseimbangan uang rill yang ditawarkan melebihi jumlah yang diminta. Orang-orang yang kelebihan memegang uang akan mendepositokannya sebagian atau mengubah dalam bentuk obligasi yang menghasilkan bunga. Pada akhirnya bank dan penerbit obligasi mengurangi tingkat bunga yang mereka tawarkan.

7 Sebaliknya, jika tingkat bunga berada di bawah titik ekuilibrium, jumlah uang yang diminta melebihi penawarannya, orang-orang mencoba untuk mendapatkan uang denga menjuao obligasinya atau menarik uang yang telah didepositokan. Sehingga bank atau pemilik obligasi akan menaikkan tingkat bunga. Akhirnya tingkat bunga akan mencapai ekuilibrium. Jadi menurut teori preferensi likuiditas, penurunan jumlah uang beredar akan menaikkan tingkat bunga, sedangkan kenaikan jumlah uang beredar akan menurunkan tingkat bunga.

8 Pendapatan, Permintaan Uang, dan Kurva LM

9 “Bagaimana pengaruh perubahan tingkat pendapatan perekonomian Y terhadap keseimbangan uang riil?” Teori Preferensi Likuiditas untuk Menderivasi Kurva LM Pertimbangkan pertanyaan berikut : Jawaban : tingkat pendapatan mempengaruhi permintaan terhadap uang. Artinya, saat pendapatan tinggi maka pengeluaran juga tinggi, sehingga masyarakat terlibat dalam lebih banyak transaksi yang mensyaratkan penggunaan uang. Jadi, pendapatan yang lebih besar menunjukkan permintaan uang yang lebih besar.

10 Cont. Penjelasan tadi dapat ditulis dalam fungsi permintaan uang sebagai berikut : Kuantitas keseimbangan uang riil yang diminta berhubungan negatif dengan tingkat bunga dan berhubungan positif dengan pendapatan.

11 Peyusunan Kurva LM Misal ketika pendapatan naik dari Y 1 ke Y 2 maka kurva permintaan uang akan bergeser ke kanan. Di sisi lain, penawaran keseimbangan uang riil tidak berubah, sehingga tingkat bunga harus dinaikkan dari r 1 ke r 2 untuk menyeimbangkan pasar uang. Oleh karena itu, menurut teori preferensi likuiditas, pendapatan yang lebih tinggi menyebabkan tingkat bunga yang lebih tinggi juga. Dengan demikian, kurva LM miring ke atas

12 Pasar untuk Keseimbangan Uang Riil r1r1 r2r2 L( r,Y 1 ) L( r,Y 2 ) Tingkat Bunga, r Keseimbangan uang riil, M/P Kenaikan pendapatan meningkatkan permintaan uang Yang menaikkan tingkat bunga

13 Kurva LM Kurva LM menggambarkan hubungan antara tingkat pendapatan dan tingkat bunga. Semakin tinggi tingkat pendapatan maka akan semakin tinggi permintaan terhadap keseimbangan uang riil, sehingga membuat semakin tinggi pula tingkat bunga ekuilibrium.

14 Kurva LM r1r1 r2r2 Tingkat Bunga, r LM Kurva LM meringkas perubahan ekuilibrium pasar uang Y1Y1 Y2Y2 Pendapatan, output, Y

15 Bagaimana Kebijakan Moneter Menggeser Kurva LM? Kebijakan moneter  salah satunya yaitu penetapan jumlah uang beredar. Misalnya, jika Fed mengubah jumlah uang beredar, maka kurva LM akan bergeser. Contoh untuk simulasi: Fed mengurangi jumlah uang beredar, maka dapat diturunkan kurva LM sebagai berikut

16 Pasar untuk Keseimbangan Uang Riil r1r1 r2r2 Tingkat Bunga, r Keseimbangan uang riil, M/P Fed menurunkan jumlah uang beredar Yang menaikkan tingkat bunga M 1, P 1 M 2, P 2

17 Pergeseran Kurva LM r1r1 r2r2 Tingkat Bunga, r LM 1 Kurva LM bergeser ke atas Pendapatan, output, Y LM 2

18 Interpretasi Gambar Fed mengurangi jumlah uang beredar dari M 1 ke M 2, yang menyebabkan penawaran keseimbangan uang riil turun dari M 1 /P ke M 2 /P. Dengan mempertahankan jumlah pendapatan dan kurva permintaan terhadap keseimbangan uang riil, maka penurunan penawaran keseimbangan uang riil menaikkan tingkat bunga yang akan menyeimbangkan pasar uang. Penurunan jumlah uang beredar menggeser kurva LM ke atas.

19 Kurva LM Kurva LM menunjukkan kombinasi tingkat bunga dan tingkat pendapatan yang konsisten dengan ekuilibrium dalam pasar keseimbangan uang riil. Kurva LM digambar untuk penawaran keseimbangan uang riil tertentu. Penurunan dalam penawaran keseimbangan uang riil menggeser kurva LM ke atas. Kenaikan dalam penawaran keseimbangan uang riil menggeser kurva LM ke bawah.

20 Interpretasi Persamaan-Kuantitas dari Kurva LM Menguraikan pasar uang dengan persamaan kuantitas berikut ini : Asumsi perputaran uang V konstan. Hal ini menunjukkan bahwa, untuk tiap tingkat harga P, jumlah uang beredar M dengan sendirinya menentukan tingkat pendapatan Y. Karena tingkat pendapatan tidak bergantung pada tingkat bunga, maka teori kuantitas ekuivalen dengan kurva LM vertikal. MV = PY

21 Cont. Dalam diskusi tentang model preferensi likuiditas, permintaan terhadap keseimbangan uang riil juga tergantung pada tingkat bunga: tingkat bunga yang lebih tinggi meningkatkan biaya memegang uang dan mengurangi permintaan uang. Saat masyarakat menanggapi tingkat bunga yang lebih tinggi dengan memegang lebih sedikit uang, setiap dollar yang mereka pegang harus digunakan lebih sering untuk mendukung volume transaksi tertentu, yaitu perputaran uang harus naik.

22 Cont. Kita bisa menulis hal tersebut sebagai Fungsi perputaran uang V(r) menunjukkan perputaran uang berhubungan positif dengan tingkat bunga. MV(r) = PY

23 Cont. Saat perputaran uang meningkat, tingkat bunga meningkat juga dan mendongkrak tingkat pendapatan untuk jumlah uang beredar dan tingkat harga berapapun. Bentuk persamaan kuantitas tersebut menghasilkan kurva LM yang miring ke atas, dengan kata lain, kurva LM menunjukkan hubungan positif antara tingkat bunga dan pendapatan.

24 Cont. Persamaan tersebut juga menunjukkan mengapa perubahan jumlah uang beredar menggeser kurva LM. Kenaikan jumlah uang beredar menggeser kurva LM ke kanan, dan penurunan jumlah uang beredar menggeser kurva LM kiri. Kurva LM tidak menentukan pendapatan Y atau tingkat bunga r yang berlaku dalam perekonomian. Seperti kurva IS, kurva LM hanya merupakan hubungan di antara kedua variabel endogen ini. Kurva IS dan LM bersama-sama menentukan ekuuilibrium perekonomian.

25 Kesimpulan: Ekuilibrium Jangka- Pendek Y r LM IS Tingkat Bunga Ekuilibrium Tingkat Pendapata nEkuilibriu m

26 Persamaan dari model IS-LM: IS  LM  Perpotongan kurva IS dan LM pada gambar di atas menunjukkan ekuilibrium simultan dalam pasar barang dan jasa dan dalam pasar keseimbangan uang riil untuk nilai pengeluaran pemerintah, pajak, jumlah uang beredar, dan tingkat harga tertentu.

27 Gambar Perpotongan Keynesian Teori Preferensi Likuiditas Model Penawaran Agregat dan Permintaan Agregat Model IS-LM Kurva LM Kurva IS Kurva Penawaran Agregat Kurva Permintaan Agregat Penjelasan tentang Fluktuasi Ekonomi Jangka c

28 Teori fluktuasi jangka-pendek Diagram sistematik di atas menunjukkan bagaimana bagian-bagian yang berbeda dari teori fluktuasi jangka pendek disatukan. Perpotongan Keynesian menjelaskan kurva IS, dan teori preferensi likuiditas menjelaskan kurva LM. Kurva IS dan LM bersama-sama menghasilkan model IS-LM yang menjelaskan kurva permintaan agregat. Kurva permintaan agregat adalah bagian dari model penawaran agregat dan permintaan agregat yang digunakan para ekonom untuk menjelaskan fluktuasi aktivitas ekonomi jangka pendek.

29 Ikhtisar 1.Perpotongan Keynesian adalah model dasar dari penentuan pendapatan. Perpotongan Keynesian menunjukkan bahwa perubahan-perubahan dalam kebijakan fiskal memiliki dampak pengganda terhadap pendapatan. 2.Investasi yang direncanakan bergantung pada tingkat bunga, perpotongan Keynesian mengahasilkan hubungan antara tingkat bunga dan pendapatan nasional. Kurva IS yang miring ke bawah menunjukkan hubungan negatif antara tingkat bunga dan pendapatan. 3.Teori preferensi likuiditas adalah model dasar dari penentuan tingkat bunga. Teori tersebut menunjukkan bahwa kenaikan jumlah uang beredar mengurangi tingkat bunga.

30 Ikhtisar …….(lanjutan) 4.Permintaan terhadap keseimbangan uang riil bergantung pada pendapatan nasional, teori preferensi likuiditas menghasilkan hubungan antara pendapatan dan tingkat bunga. Kurva LM yang miring ke atas menunjukkan hubungan positif antara pendapatan dan tingkat bunga. 5.Model IS-LM mengkombinasikan unsur-unsur perpotongan Keynesian dan unsur teori preferensi likuiditas. Perpotongan kurva IS-LM menunjukkan tingkat bunga dan pendapatan yang memenuhi ekuilibrium di pasar barang dan pasar uang.

31 Arigatou gozaimasu


Download ppt "Pasar Uang dan Kurva LM. Pasar Uang dan Pasar LM Kurva LM menyatakan hubungan antara tingkat bunga dan tingkat pendapatan di pasar uang Teori preferensi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google