Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMPETENSI DASAR 1.2. MENGANALISIS TIPE TIPE BUDAYA POLITIK YANG BERKEMBANG DALAM MASYARAKAT INDONESIA STANDAR KOMPETENSI STANDAR KOMPETENSI 1. MENGANALISIS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMPETENSI DASAR 1.2. MENGANALISIS TIPE TIPE BUDAYA POLITIK YANG BERKEMBANG DALAM MASYARAKAT INDONESIA STANDAR KOMPETENSI STANDAR KOMPETENSI 1. MENGANALISIS."— Transcript presentasi:

1

2 KOMPETENSI DASAR 1.2. MENGANALISIS TIPE TIPE BUDAYA POLITIK YANG BERKEMBANG DALAM MASYARAKAT INDONESIA STANDAR KOMPETENSI STANDAR KOMPETENSI 1. MENGANALISIS BUDAYA POLITIK DI INDONESIA

3  MENDESKRIPSIKAN TIPE TIPE BUDAYA POLITIK  MENGIDENTIFIKASI TIPE BUDAYA POLITIK YANG BERKEMBANG DALAM MASYARAKAT INDONESIA  MENGANALISIS DAMPAK PERKEMBANGAN TIPE POLITIK SESUAI DENGAN PERKEMBANGAN SISTEM POLITIK YANG BERLAKU

4 TIPE TIPE BUDAYA POLITIK PAROKIALSUBJEK / KAULAPARTISIPAN

5 Budaya politik parochial Budaya politik ini merupakan tipe budaya politik dimana, tingkat partisipasi politik warga negaranya sangat rendah, hal ini disebabkan karena factor pendidikan, ekonomi,dan Informasi dan komunikasi. Minat warga masyarakat terhadap politik sangat rendah. Budaya Politik Subjek Budaya politik ini merupakan tipe budaya politik dimana warga masyarakatnya sudah relative maju baik social maupun ekonominya, artinya warga masyarakat sudah ada keinginannya untuk mengorientasikan dirinya terhadap politik, tetapi masih bersifat pasif. Budaya Politik Partisipan Budaya politik ini merupakan tipe budaya politik dimana warga masyarakatnya sudah memiliki kesadaran politik tinggi, hal ini ditandai dengan warga masyarakat sudah berpartisipasi aktif dalam politik.

6 NEGARA DEMOKRATIS PARTISIPAN SUBJEK / KAULA PAROKIAL

7 BAGAIMANA DENGAN BUDAYA POLITIK DI INDONESIA ………….???????  TIPE BUDAYA POLITIK PAROKIAL ……???  TIPE BUDAYA POLITIK SUBJEK / KAULA …….???  TIPE BUDAYA POLITIK PARTISIPAN ……….???

8 RUSADI KANTPRAWIRA DALAM BUKUNYA SISTEM POLITIK INDONESIA ADA BEBERAPA CIRI BUDAYA POLITIK INDONESIA 1. ADANYA SUBBUDAYA YANG BANYAK BERANEKA RAGAM 2. BUDAYA POLITIK INDONESIABERSIFAT PAROKIAL, KAULA / SUBJEK DI SATU PIHAK DAN PARTISIPAN DILAIN PIHAK 3. SIFAT IKATAN PRIMORDIAL YANG MASIH KUAT YANG DIKENALI MELALUI INDIKATOR SENTIMEN KEDAERAHAN, KESUKUAN,DAN KEAGAMAAN 4. KECENDERUNGAN BUDAYA POLITIK INDONESIA YANG MASIH MENGUKUHI SIFAT PATERNALISME DAN SIFAT PATRIMORNIAL 5. DILEMA INTERAKSI TENTANG INTRODUKSI MODERNISASI DENGAN POLA POLA YANG TELAH LAMA BERAKAR SEBAGAI TRADISI DALAM MASYARAKAT.

9 NEGARA INDONESIA MASIH MENERAPKAN BUDAYA POLITIK CAMPURAN PAROKIAL, SUBJEK / KAULA, DAN PARTISIPAN. HAL INI DISEBABKAN KARENA MELIHAT CIRI DARI MASYARAKAT INDONESIA YANG DIKEMUKAKAN OLEH RUSADI KANTRAPRAWIRA. KESIMPULANNYA

10 NEGARA INDONESIA MENGANUT SISTEM POLITIK DEMOKRASI PANCASILA JADI YANG SEBANGUN,SESUAI,DAN SELARAS DENGAN SISTEM ITU ADALAH BUDAYA POLITIK PARTISIPAN

11 JADI NEGARA INDONESIA HARUS MENGEMBANGKAN BUDAYA POLITIK PARTISPAN DASARNYA : UUD 1945 PASAL 1 AYAT 2, YAITU KEDAULATAN BERADA DITANGAN RAKYAT DAN DILAKSANAKAN MENURUT UNDANG UNDANG DASAR

12 LATIHAN KERJAKAN SOAL DISAMPING DENGAN TEPAT ! 1. Apa yang dimaksud dengan tipe budaya politik parokial ! 2. Tipe budaya politik mana dari ketiga tipe budaya politik yang dianut oleh masyarakat Indonesia ! 3. Tipe budaya politik mana yang sejalan dengan sistem politik demokrasi pancasila, jelaskan !

13 parochial 1. Budaya politik ini merupakan tipe budaya politik dimana, tingkat partisipasi politik warga negaranya sangat rendah, hal ini disebabkan karena factor pendidikan, ekonomi,dan Informasi dan komunikasi. Minat warga masyarakat terhadap politik sangat rendah. 2. Yang dianut di Indonesia adalah campuran dari ketiga tipe budaya politik yaitu budaya politik parokial, subjek / kaula dan partisipan. 3. Tipe budaya politik yang sejalan dengan sistem politik demokrasi pancasila adalah tipe budaya politik partisipan hal ini sesuai dengan amanat UUD 1945 pasal 1 ayat 2, yaitu kedaulatan berada ditangan rakyat dan dilaksanakan menurut undang undang dasar.

14 ATAS PERHATIANNYA


Download ppt "KOMPETENSI DASAR 1.2. MENGANALISIS TIPE TIPE BUDAYA POLITIK YANG BERKEMBANG DALAM MASYARAKAT INDONESIA STANDAR KOMPETENSI STANDAR KOMPETENSI 1. MENGANALISIS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google