Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

POKOK-POKOK PENTING PEMBERDAYAAN MASYARAKAT Interaksi langsung dengan masyarakat dan wilayah Buat profil dan petakan -----) ANALISIS Hasil analisis ---)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "POKOK-POKOK PENTING PEMBERDAYAAN MASYARAKAT Interaksi langsung dengan masyarakat dan wilayah Buat profil dan petakan -----) ANALISIS Hasil analisis ---)"— Transcript presentasi:

1 POKOK-POKOK PENTING PEMBERDAYAAN MASYARAKAT Interaksi langsung dengan masyarakat dan wilayah Buat profil dan petakan -----) ANALISIS Hasil analisis ---) Dialogkan dengan masyarakat ( PRA ) Susun program bersama mereka dengan permasalahan dan potensi yang ada Buat matrik berdasarkan yang ada > PROGRAM pendampingan Program disusun dilaksanakan dengan Demokrasi, Transparant, Akuntabel, dan Sustainable Target waktu, evaluasi, dampak

2 Kisah burung pipit ( jantaka ) relief candi Borobudur • Pada suatu hari terjadi kebakaran hebat di hutan, Si burung pipit tinggal dihutan itu berinisiatif memadamkan api meski sadar kemampuan terbatas. Burung itu terbang ketelaga membasahi tubuhnya agar bisa sedikit membantu memadamkan api. Upaya itu dilakukan bolak balik sampai akhirnya burung itu mati lemas DAN DIANGKAT MENJADI BUDDHA. yang merupakan perjalanan titian Bodhisattya menjadi berbagai hewan. • Kisah burung pipit merefleksikan betapa berharganya sikap altruistik,rela berkorban,tidak mementingkan diri sendiri dan solidaritas. Melepaskan ego pribadi demi kepentingan bersama dengan pengorbanan. Sebuah sikap hidup yang dalam kehidupan nyata saat ini terasa mahal. Keikhlasan seringkali hanya indah terucap, tetapi kosong dalam kenyataan.

3 Interaksi langsung dengan wilayah dan masyarakat. • Sebagai orang yang akan melakukan perubahan/pendampingan/gembala terlebih dahulu tahu kondisi wilayah, karena wilayah pegunungan akan berbeda dengan pantai, sedemikian pula desa dengan kota. Kemudian menyatu dengan masyarakatnya, budaya mereka, bahasa dan kebiasaan kehidupan sehari-hari, Sehingga mereka tahu kita dan kita tahu mereka, dan interaksi berlangsung dengan baik, komunikasi akan lancar. • Sebab masyarakat/ manusia bisa cepat maju dan dapat lebih indah kalau bisa segera menyesuaikan diri dengan kultur tempat tinggalnya

4 Buat Profil dan Petakan • Dengan profil kita akan tahu kondisi wilayah, masyarakat dan budayanya kemudian kita petakan. Dengan ini kita bisa membuat rencana program apa yang dapat meningkatkan pendapatan mereka dengan kondisi, budaya,dan tingkat pendidikan mereka. • Sosialisasikan/ bicarakan dengan bahasa mereka ( pamong desa,tokoh masyarakat,pemuda dll) tentang kondisi mereka,apa betul ? Kalau ada yang salah menurut mereka bisa diperbaiki, hasil akhir sesuai dengan apa kata mereka. Ingat mereka yang tinggal di kawasan lebih tahu daripada kita. Pengetahuan indigenous (Ke arifan local harus dihargai ).

5 Membuat program-program pemberdayaan masyarakat • Disesuai dengan kondisi dan masyarakat setempat ( motivasi fungsi kepentingan ), program dibuat dengan DEMOKRASI, TRANSPARANT, AKUNTABEL dan SUSTAINABEL Program akan menarik kalau menyelesaikan permasalahan pokok mereka, apa lagi program yang meningkatkan ekonomi pendapatan mereka. Kalau banyak program yang diminta buat matrik sehingga bisa membuat program yang efisien dan efektif. Disitu masuk system (demokrasi), kenapa usulan D terima tetapi usulan A tidak, dan dilakukan dengan terbuka kalau ada yang tanya dapat dijawab dengan baik, dan berlaku terbuka (transparant) apalagi masalah keuangan ( yang sangat peka ) duit bisa menjadi Do It. Harus bisa di pertanggung jawabkan ( akuntabel,) Agar program bisa berhasil dampingi dengan rutin dan sabar ( sustainabel)

6 PENGABDIAN PADA MASYARAKAT SENANGI TEKUNI KEMBANGKAN PROPESIONAL  PROVIT Mendorong tumbuhnya Sosial Entrepreneurship yang berorientasi pada kepentingan MASYARAKAT LUAS

7 INDAH DALAM KEDAMAIAN

8 TERIMA KASIH


Download ppt "POKOK-POKOK PENTING PEMBERDAYAAN MASYARAKAT Interaksi langsung dengan masyarakat dan wilayah Buat profil dan petakan -----) ANALISIS Hasil analisis ---)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google