Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGERTIAN WIRAUSAHA DAN KEWIRAUSAHAAN Istilah Perancis ---> perantara Dari segi etimologi : wira yang berarti teladan atau patut dicontoh dan Usaha berarti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGERTIAN WIRAUSAHA DAN KEWIRAUSAHAAN Istilah Perancis ---> perantara Dari segi etimologi : wira yang berarti teladan atau patut dicontoh dan Usaha berarti."— Transcript presentasi:

1 PENGERTIAN WIRAUSAHA DAN KEWIRAUSAHAAN Istilah Perancis ---> perantara Dari segi etimologi : wira yang berarti teladan atau patut dicontoh dan Usaha berarti berkemauan keras untuk memperoleh manfaat. Rumusan wirausaha : seseorang yang berkemauan keras dalam berusaha yang patut menjadi teladan hidup dan memiliki :

2 wawasan komersial dan sadar akan pasar yang dihadapi kemampuan bekerja tekun dan mandiri kerangka berpikir inovatif dan kretif kemampuan mengelola dan mengarahkan perubahan kemampuan mengorganisir kegiatan ketrampilan menganalisis permasalahan stamina dan daya tahan prima kemampuan bergaul dan berkomunikasi dengan orang dari segala tingkatan.

3 Wirausahawan tercipta melalui suatu proses pembentukan diri (pribadi) agar memiliki kualitas pribadi menonjol yang tercermin dari sikap, motivasi dan perilakunya. Seorang wirausaha sedikitnya harus memiliki sifat : 1.berkemampuan mengenali kesempatan yang ada di pasar 2.berkemampuan mengambil tindakan alternatif 3.berkemampuan mengkombinasikan elemen faktor produksi secara rasional dalam proses pengambilan keputusan

4 Kewirausahaan: kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk menciptakan dan mengejar peluang sesuai situasi dirinya. Kewirausahaan: kegiatan yang dilakukan seseorang untuk memulai mengelakan usahanya sendiri, mengorganisir dan membangun usaha dengan segala resiko.

5 Ada tiga jenis perilaku dalam kewirausahaan yaitu : a)memulai dan mengerjakan usahanya atas dasar inisiatif sendiri b)mengorganisir dan membangun usahanya sendiri c)keberanian dalam menghadapi ketidakpastian dan resiko.

6 Sedikitnya ada lima hal yang dapat menunjukkan arti pentingnya kewirausahaan yaitu dapat meningkatkan ketrampilan : 1.Berfikir kreatif, 2.mengambil keputusan secara lebih cepat dan tepat, 3.kepemimpinan, 4.manajerial 5.hubungan antar manusia.

7 Ciri manusia wirausaha” 1.memiliki moral yang tinggi: ketaqwaan kepada YME, kemerdekaan batin, keutamaan, kasih sayang sesama manusia, loyalitas hukum dan keadilan. 2.memiliki sikap mental wirausaha: berkemauan keras, berkeyakinan kuat atas kekuatan pribadi, kejujuran dan tanggung jawab, ketahanan fisik dan mental, kekuatan dan keuletan untuk bekerja keras dan pemikiran yang konstruktif dan kreatif.

8 3.memiliki kepekaan terhadap lingkungan: pengenalan lingkungan, rasa syukur atas segala yang diperoleh dan dimiliki, keinginan kuat menggali dan mendayagunakan sda di lingkungan setempat, kepandaian menghargai dan memanfatkan waktu secara efektif, 4.Memiliki ketrampilan teknis dalam berwirausaha: berfikir kreatif, membaca peluang, mengambil keputusan, kepemimpinan, manajerial, menjalin komunikasi, melakukan proses adaptasi terhadap perubahan lingkungan.

9 Ciri lain dari manusia wirausaha yaitu : –bekerja keras. –optimis dalam bekerja, –berusaha menghasilkan cara terbaik dalam bekerja, –mempunyai dorongan yang kuat untuk berprestasi, kemampuan mengorganisir kegiatan dan memperhatikan peningkatan kualitas

10 Prinsip-prinsip wirausaha : 1.mengenali potensi diri 2.berani menghadapi tantangan 3.mental yang tangguh dan kemauan keras 4.disiplin diri 5.hemat dan cermat 6.keterbukaan 7.wibawa dan jujur 8.percaya diri 9.Teliti 10.Mandiri

11 11.Kreatif dan inovatif 12.bijaksana 13.Belajar dari pengalaman 14.Hindari kegiatan coba coba

12 Faktor yang mendorong munculnya wirausaha :  makin meningkatnya kebutuhan manusia  adanya harapan memperoleh keuntungan yang cukup besar dari kegiatan mandiri jika dikelola secara profesional  berubahnya minat dalam bekerja  tantangan pertumbuhan ekonomi sehingga setiap orang harus berpacu dan bersaing dalam mencari nafkah

13  berubahnya pola kehidupan manusia.  semakin menipisnya sumber ekonomi masyarakat pedesaan, pesatnya pertumbuhan penduduk, majunya industri. Ini dapat mengubah cara berfikir dan cara pandang masyarakat untuk mencari alternatif baru dalam bekerja melalui kegiatan wirausaha

14 Faktor yang menghambat kewirausahaan a)sikap oranng tua yang memainkan anak-anak (tidak membiasakan anak-anak mandiri dan berusaha dengan cara mencukupi semua kebutuhan hidup anaknya) b)sikap otoriter orang tua dalam membimbing anak (orang tua dominan) c)sikap masa bodoh orang tua terhadap perkembangan jiwa anaknya (cita-cita setingi langit tidak diukur kemampuan yang dimiliki)

15 d)sikap orang tua yang menganggap berwirausaha adalah suatu bentuk pekerjaan yang kurang terhormat, kurang stabil, kurang mapan, mengandung ketidakpastian dan resiko yang tinggi, sehingga dilarang.

16 Program pengembangan budaya kewirausahaan di Perguruan Tinggi Program ini pada hakekatnya mempunyai tujuan : 1)menumbuh kembangkan budaya kewirausahaan dalam rangka mendorong terciptanya wirausaha baru 2)mendorong pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan menjadi perangkat yang dapat digunakan oleh masyarakat dan bernilai komersiil

17 3)membina kemandirian dan kemampuan berwirausaha bagi lulusan perguruan tinggi 4)meningkatkan peluang keberhasilan wirausaha baru melalui kegiatan pelayanan konsultasi terpadu 5)membantu penanggulangan kemiskinan dan penyediaan lapangan kerja melalui penciptaan wirausaha baru


Download ppt "PENGERTIAN WIRAUSAHA DAN KEWIRAUSAHAAN Istilah Perancis ---> perantara Dari segi etimologi : wira yang berarti teladan atau patut dicontoh dan Usaha berarti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google