Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENGIDENTIFIKASI SIKAP DAN PERILAKU WIRAUSAHAAN A.Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan B.Tujuan Wirausaha C.Sikap dan Perilaku Wirausaha D. Karakter.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENGIDENTIFIKASI SIKAP DAN PERILAKU WIRAUSAHAAN A.Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan B.Tujuan Wirausaha C.Sikap dan Perilaku Wirausaha D. Karakter."— Transcript presentasi:

1 MENGIDENTIFIKASI SIKAP DAN PERILAKU WIRAUSAHAAN A.Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan B.Tujuan Wirausaha C.Sikap dan Perilaku Wirausaha D. Karakter Wirausaha

2

3 PENGERTIAN WIRAUSAHA: WIRA : Pahlawan, laki – laki, berani USAHA : Kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud. Enterpreneur(dlm bahasa inggris) Secara etimologi( dlm bhs perancis): Entrepende: petualang, pengambil resiko kontraktor, pengusaha (orang yang mengusahakan suatu pekerjaaan tertentu ), dan pencipta yang menjual hasil ciptaannya.

4 KBBI: Pengertian wirausaha sama dengan wiraswasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produk baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. J.B Say: Wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola sumber - sumber daya yang dimiliki secara ekonomis ( efektif dan efisien) dan tingkat produkitivitas yang rendah menjadi lebih tinggi. Mas’ud dan Mahmud Machfoedz: Wirausaha adalah seorang inovator yang mampu mengubah kesempatan menjadi sebuah ide, serta memberikan nilai tambah melalui upaya, waktu, biaya, serta kecakapan dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

5 WIRAUSAHA : Seseorang yang berani berusaha secara mandiri Dengan mengerahkan sumber daya dan upaya meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi, memyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan seseuatu yang bernilai tinggi.

6 Kewirausahaan Pengertian: Sebuah ilmu yang menggabungkan ilmu pengetahuan, kepribadian/sikap, filosofi, ketrerampilan, seni, profesi, naluri, impian, dan pilihan hidup, yang digabungkan dalam satu kemampuan untuk dioptimalkan dan diberdayakan dalam mencapai keuntungan yang lebih besar. 1.Ilmu Pengetahuan (hasil uji coba di lapangan, dikumpulkan, diteliti, dan dirangakai sebagai sumber informasi) 2.Filosofi ( Pondasi sukses adalah filosofi hidup dan bekerja) 3. Keterampilan ( Pengetahuan dan Pengalaman) 4. Seni (Dibutuhkan imajinasi, visualisasi untuk menemukan ide, inspirasi, dan peluang bisnis)

7 5. Profesi (Harus bersikap Profesional) 6. Naluri (naluri yang kuat untuk berwirausaha) 7. Pilihan Hidup (Salah satu jalan hidup untuk sukses 8. Mimpi (Cita – cita sejak kecil)

8

9

10 Kepribadian (Unsur yang terkandung seperti sikap positif, kepribadian yang ulet, pantang menyerah, menjadi contoh, tidak mudah puas diri).

11

12 Tujuan Kewirausahaan 1. Mendorong budaya kompetitif, kreatif, inovatif dan keberanian mengambil risiko 2. Mengembangkan kemampuan warga sekolah dlm menangkap peluang bag implementasi program 3. Mengembangkan unit kegiatan kewirausahaan yg efektif, efisien & bermanfaat bagi kemajuan sekolah yg sekaligus memberikan pengalaman belajar kepada siswa.

13

14 Sikap dan Perilaku Wirausaha A.Sikap Wirausaha (respon, cara pandang, cara pikir individu terhadap apa yang dihadapinya) a. Selalu berpikir Positif dan Benar b. Berorientasi Jauh Ke depan c. Tidak Pernah Menyerah d. Selalu ingin tahu e. Ingin memberi yang terbaik untuk orang lain f. Penuh semangat dan berjuang keras B. Perilaku Wirausaha (langkah dan tindakan yang dilakukan untuk menghadapi pekerjaan) a. Teguh Pendiriannya b. Berperilaku profesional c. Pandai bergaul dan cakap dalam komunikasi d. Menjadi teladan e. Tidak suka menunda pekerjaan f. Mencari keputusan yang tepat dan optimal g. Tidak takut terhadap resiko

15 Karakteristik Wirausaha  Kerja keras dan kerja cerdas  Disiplin  percaya diri  Berpikiran prestatif  Komitmen  Dapat mengendalikan emosi  Tidak ingkat janji

16  Bisa bekerjasama dengan orang  Bisa membangun tim dan bekerja dalam tim  Selalu berpikir ada jalan keluar  Mempunyai keinginan berprestasi tinggi serta tidak cepat merasa puas diri  Bisa merencanakan, bisa bertindak, dan mengerjakannya  Visioner atau berpandangan jauh ke depan  Total dalam bekerja

17 FAKTOR KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN WIRAUSAHA FAKTOR KEBERHASILAN  Peluang  SDM (Strategic planner, Great Manager, Controller, Marketer, Leadership)  Faktor keuangan  Faktor organisasi  Faktor Peraturan Pemerintah

18 FAKTOR KEGAGALAN  Tidak Pernah/Jarang membuat perencanaan yang tertulis  Usaha yang dijalankan bertentangan dengan pendidikan, latar belakang, pengalaman, dan kesukaan wirausaha  Lokasi yang tidak tepat untuk usaha  Tidak memiliki karyawan ahli  Masalah legalitas  Tidak kreatif dan inovatif  Terjadi bencana  Campur tangan keluarga  Kesulitan keuangan

19


Download ppt "MENGIDENTIFIKASI SIKAP DAN PERILAKU WIRAUSAHAAN A.Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan B.Tujuan Wirausaha C.Sikap dan Perilaku Wirausaha D. Karakter."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google