Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ARIFAH DWI TESNA ANDINI DYAH AYU MARDIANA RAHNILAWATI PENGERTIAN DAN PRINSIP KEWIRAUSAHAAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ARIFAH DWI TESNA ANDINI DYAH AYU MARDIANA RAHNILAWATI PENGERTIAN DAN PRINSIP KEWIRAUSAHAAN."— Transcript presentasi:

1 ARIFAH DWI TESNA ANDINI DYAH AYU MARDIANA RAHNILAWATI PENGERTIAN DAN PRINSIP KEWIRAUSAHAAN

2

3 Istilah Kewirausahaan Wira = pahlawan, laki-laki, sifat jantan, perwira. Usaha = kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud.

4 Definisi Kewirausahaan Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru.

5 Siapakah Wirausahawan itu? Seorang yang menciptakan bisnis baru demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan. Dengan cara mengidentifikasikan peluang yang signifikan dan menggabungkan sumber-sumber daya yang diperlukan sehingga sumber-sumber daya itu bisa dikapitalisasikan.

6 Manfaat kewirausahaan Memberi peluang dan kebebasan untuk mengendalikan nasib sendiri. Memberi peluang melakukan perubahan Memberi peluang untuk mencapai potensi diri sepenuhnya Memiliki peluang untruk meraih keuntungan

7 Con’t Memiliki peluang untuk berperan aktif dalam masyarakan dan mendapatkan pengakuan atas usahanya Memiliki peluang untuk melakukan sesuatu yang disukai dan menumbuhkan rasa senang dalam mengerjakan

8 Prinsip-Prinsip Kewirausahaan Ada tujuan dan mimpi sebagai Visi misi Berani mengambil resiko tengah Keterampilan manajerial Kreativitas dan Inovasi Memiliki pola pikir lebih jauh ke depan Membangun Relasi dan Network

9 Ada tujuan dan mimpi sebagai Visi misi Visi ; imajinasi tentang usaha/bisnis dan pribadi dimasa mendatang Misi ; Tujuan dan alasan keberadaan suatu organisasi Tindakan dan langkah-langkah Alasan usaha harus berkembang Cara mewujudkan tujuan

10 Berani mengambil resiko tengah Berani atau keluar dari rasa takut akan gagal. Didukung komitmen yang kuat.

11 Keterampilan manajerial Harus memiliki kemampuan perencanaan usaha, mengorganisasikan usaha, memvisualisasikan usaha, mengelola usaha dan SDM, mengontrol usaha, maupun mengintegrasikan operasi perusahaan.

12 Kreativitas dan Inovasi Penuh dengan gagasan-gagasan baru Berpikir kreatif dan bertindak inovatif Memberikan kepuasan kepada konsumen.

13 Memiliki pola pikir lebih jauh ke depan Berpikir sesuai dengan visi dan misi ke depan terhadap apa yang ingin dicapai. Menatap masa dengan dengan lebih optimis.

14 Membangun Relasi dan Network Mengembangkan proses pembelajaran dan pengetahuan akan kewirausahawan.

15 Perbedaan Kewirausahaan & Bisnis Kecil KewirausahaanBisnis Kecil Memiliki badan hukum yang jelasJarang memiliki badan hukum yang jelas Sistem manajerialnya lebih baikSistem manajerialnya kurang baik Meningkatkan hasil dari suatu produkMeningkatkan laba yang didapatkan Adanya visi,misi dan strategi dalam melanjutkan dan mengembangkan usahanya. Prioritasnya adalah mencapai laba sebesar-besarnya

16 Case Misalnya, - kisah Jack Matz membuka usaha fotocopy dengan tujuan mendapatkan cukup uang untuk hidup nyaman sampai dia pension 10 tahun lagi. - Pusat fotocopy dengan gagasan menciptakan jaringan nasional untuk menyaingi Firma Kinko.


Download ppt "ARIFAH DWI TESNA ANDINI DYAH AYU MARDIANA RAHNILAWATI PENGERTIAN DAN PRINSIP KEWIRAUSAHAAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google