Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pembelajaran 1 Sikap dan Perilaku Wirausaha. Pengertian wirausaha Istilah wirausaha merupakan gabuangan dari dua suku kata, yaitu Wira dan Usaha. Wira.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pembelajaran 1 Sikap dan Perilaku Wirausaha. Pengertian wirausaha Istilah wirausaha merupakan gabuangan dari dua suku kata, yaitu Wira dan Usaha. Wira."— Transcript presentasi:

1 Pembelajaran 1 Sikap dan Perilaku Wirausaha

2 Pengertian wirausaha Istilah wirausaha merupakan gabuangan dari dua suku kata, yaitu Wira dan Usaha. Wira berarti satria, patriot, berani, teladan, pejuang atau pahlawan. Sedangkan Usaha berarti upaya suatu pengerahan tenaga, penyelenggaraan atau penggunaan segaala sumber daya. Wirausaha dapat diartikan sebagai pengerahan segala daya atau sumber daya dengan penuh keberanian.

3 Kewirausahaan Adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya cara kerja, tekhnologi, dan dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih besar (InPres No. 4 Tahun 1995 tentang Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan)..

4 Tujuan Kewirausahaan 1. Menumbuhkembangkan orientasi dan kesadaran kewirausahaan yang tangguh dan kuat terhadap masyarakat. 2. Meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas. 3. Mewujudkan kemantapan dan kemampuan dari para wirausaha untuk menghasilkan kemajuan dan kesejateraan masyarakat. 4. Membudayakan sikap, semangat, kemampuan dan perilaku kewirausahaan dikalangan masyarakat.

5 Manfaat kewirausahaan 1. Menambahkan daya tampung karyawan sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran. 2. Sebagai penggerak pembangunan sosial, pribadi, lingkungan, pemeliharaan lingkungan dan kesejahteraan. 3. Mendidik masyarakat agar hidup hemat dan efisien. 4. Memberikan pengawasan tentang bagaimana harus bekerja keras, dan tekun. 5. Memberi pendidikan pada para karyawan agar berdisiplin, tekun, dan jujur dalam pekerjaan. 6. Mampu memberikan bantuan kepada oranglain, baik dalam bentuk pekerjaan maupun sumbangan. 7. Sebagai contoh bagai masyarakat sebagai pribadi yang unggul dan patut menjadi teladan.

6 Karakteristik wirausaha menurut Mc Cielland 1. Keinginan untuk berprestasi. 2. Keinginan untuk bertanggung jawab. 3. Preferensi terhadap resiko menengah. 4. Persepsi pada kemungkinan berhasil. 5. Rangsangan umpan balik. 6. Aktifitas energik. 7. Orientasi ke masa depan. 8. Terampil mengorganisasi. 9. Sikap terhadap uang.

7 Identifikasi karakteristik kewirausahaan 1. Kerja keras 2. Disiplin 3. Mandiri 4. Realistis dan berprestasi 5. Komitmen yang tinggi 6. Kreatif 7. Jujur dan optimistis 8. Inovatif

8 Faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha 1. Faktor manusia 2. Faktor organisasi 3. Faktor perencanaan 4. Faktor modal atau keuangan 5. Faktor manajemen 6. Faktor pemerintahan


Download ppt "Pembelajaran 1 Sikap dan Perilaku Wirausaha. Pengertian wirausaha Istilah wirausaha merupakan gabuangan dari dua suku kata, yaitu Wira dan Usaha. Wira."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google