Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KEWIRAUSAHAAN. Wira + Usaha WWWWira  pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Usaha  perbuatan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KEWIRAUSAHAAN. Wira + Usaha WWWWira  pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Usaha  perbuatan."— Transcript presentasi:

1 KEWIRAUSAHAAN

2 Wira + Usaha WWWWira  pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Usaha  perbuatan amal, bekerja, berbu sesuatu.

3 Beberapa definisi Kewirausahaan  Semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.  sebagai sikap dan perilaku mandiri yang mampu memadukan unsur cipta, rasa dan karsa serta karya atau mampu menggabungkan unsur kreativitas, tantangan, kerja keras dan kepuasan untuk mencapai prestasi maksimal.

4 Lanjutan Definisi Kewirausahaan SSSSuatu proses seseorang guna mengejar peluang-peluang memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui inovasi tanpa memperhatikan sumber daya yang mereka kendalikan. PPPPenerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya untuk memanfaatkan peluang yang dihadapi sehari-hari.

5 Wirausaha orang yang mempunyai semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan.  orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru, mengatur permodalan operasinya serta memasarkannya.

6 Wirausaha mengarah kepada orang yang melakukan usaha/kegiatan sendiri dengan segala kemampuan yang dimilikinya.  Kewirausahaan menunjuk kepada sikap mental yang dimiliki seorang wirausaha dalam melaksanakan usaha/kegiatan.

7 Gambaran Negara yang Kewirausahaan Masyarakatnya Kuat  Negara maju umumnya memiliki wirausaha yang lebih banyak dibanding negara berkembang/miskin. Amerika Serikat  Jumlah wirausaha 11,5 persen dari total penduduknya. Amerika Serikat  Jumlah wirausaha 11,5 persen dari total penduduknya. Singapura  Sekitar 7,2 persen warga adalah pengusaha Singapura  Sekitar 7,2 persen warga adalah pengusaha Indonesia  hanya memiliki wirausaha tak lebih 0,18 persen dari total penduduknya (sekitar 400,000 orang ) dengan segala sumber daya alam yang melimpah. Indonesia  hanya memiliki wirausaha tak lebih 0,18 persen dari total penduduknya (sekitar 400,000 orang ) dengan segala sumber daya alam yang melimpah.  Secara historis dan konsensus  sebuah negara minimal harus memiliki wirausaha 2 persen dari total penduduk agar bisa maju.  Indonesia penghasil kakao terbesar ketiga di dunia, tapi bukan penghasil cokelat terkemuka. Swiss yang tidak punya lahan untuk menanam kakao menjadi produsen cokelat terkemuka.  Bangsa Jepang tak punya sumber daya alam yang berlebihan, tapi negara ini bagaikan pabrik raksasa yang memasok kebutuhan hidup manusia sedunia. Semua itu karena kewirausahaan masyarakatnya yang kuat.

8 Hal-hal yang perlu dimiliki Seorang Wirausahawan Proses berkreasi : mengkreasikan sesuatu yang baru dengan menambahkan nilainya yg dapat diakui baik oleh wirausahawan dan juga audiens yang akan menggunakan hasil kreasi tersebut. KKKKomitmen yang tinggi terhadap penggunaan waktu dan usaha yang diberikan. Semakin besar fokus dan perhatian yang diberikan dalam usaha ini maka akan mendukung proses kreasi yang akan timbul dalam kewirausahaan. MMMMemperkirakan resiko yang mungkin timbul.  resiko keuangan  resiko fisik  resiko sosial. MMMMemperoleh reward.  reward yang terpenting adalah independensi atau kebebasan yang diikuti dengan kepuasan pribadi.  reward berupa uang biasanya dianggap sebagai suatu bentuk derajat kesuksesan usahanya.

9 Tiga hal penting yang menjadi ciri pembeda seorang wirausahawan  Mampu menciptakan kesempatan (opportunity creator),  Mampu menciptakan hal-hal atau ide-ide baru yang orisinil (innovator)  Berani mengambil resiko dan mampu menghitungnya (calculated risk taker).  Berani mengambil resiko dan mampu menghitungnya (calculated risk taker).

10 CIRI-CIRI WIRAUSAHAWAN  Komitmen terhadap tugas  Memilih resiko yang moderat  Cepat dan tanggap melihat peluang  Mempunyai hasrat untuk selalu bertanggung jawab bisnis dan sosial  Orientasi ke masa depan

11 Lanjutan ciri-ciri Wirausahawan  Selalu melihat kembali prestasi masa lalu  Sikap haus terhadap “MONEY”  Skill yang baik dalam organisasi.  Toleransi terhadap ambisi  Fleksibilitas tinggi

12 Beberapa aktivitas Mhs KKN UAD 2008, yg dapat dimunculkan sebagai embrio dalam berwirausaha  Susu jagung  Ngancar Wojo, Bangunharjo Bantul  Emping jagung  Prahu Girimulyo Panggang GK  Kue dari ubi  Legundi, Girimulyo, Panggang GK  Sirup jahe  Prahu, Girimulyo, Panggang GK  Kopi laos  Panggang 2 Giriharjo Panggang GK  Getuk Gulung  Panggang 2 Giriharjo Panggang GK  Pupuk organik  Panggang 3 Giriharjo Panggang GK  Kerajinan dr akrilik  Banyumeneng 2 Giriharjo Panggang GK


Download ppt "KEWIRAUSAHAAN. Wira + Usaha WWWWira  pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Usaha  perbuatan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google