Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ENTREPRENEUR SKILL BY : SAEPUL ANWAR. Sebuah Renungan Konsep Takdir “Sesungguhnya Allah tidak akan merubah suatu kaum kecuali kaum itu mau merubah dirinya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ENTREPRENEUR SKILL BY : SAEPUL ANWAR. Sebuah Renungan Konsep Takdir “Sesungguhnya Allah tidak akan merubah suatu kaum kecuali kaum itu mau merubah dirinya."— Transcript presentasi:

1 ENTREPRENEUR SKILL BY : SAEPUL ANWAR

2 Sebuah Renungan Konsep Takdir “Sesungguhnya Allah tidak akan merubah suatu kaum kecuali kaum itu mau merubah dirinya sendiri” (Q.S. Ar Ra’d : 11) Angka pengangguran mencapai 10 % dari 235 juta jiwa penduduk indonesia Sebuah survey yang menunjukkan bawa kesuksesan dan keberhasilan seseorang dipengaruhi 15% oleh pengetahuan, 15% oleh keterampilan dan 70% oleh sikap mental seseorang.

3 Definisi Secara bahasa kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. Wira, berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Usaha, berarti perbuatan amal, bekerja, berbuat sesuatu. Jadi wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang berbuat sesuatu. Entrepreneurship is the act of being an entrepreneur, which is a French word meaning "one who undertakes innovations, finance and business acumen in an effort to transform innovations into economic goods"

4 Definisi “Kewirausahaan adalah semangat, perilaku, dan kemampuan untuk memberikan tanggapan yang positif terhadap peluang memperoleh keuntungan untuk diri sendiri dan atau pelayanan yang lebih baik padapelanggan/masyarakat; dengan selalu berusaha mencari dan melayani langganan lebih banyak dan lebihbaik, serta menciptakan dan menyediakan produk yang lebih bermanfaat dan menerapkan cara kerjayang lebih efisien, melalui keberanian mengambil resiko, kreativitas dan inovasi serta kemampuan manajemen.” (Salim Siagian)

5 Ciri-Ciri Entrepreneur Berpikir teliti, inovatif dan kreatif; Berani mengambil resiko dan percaya pada diri sendiri; Berorientasi ke depan; Mengutamakan prestasi, tahan uji, tekun dan tidak mudah menyerah; Jujur, bertanggung jawab dan teguh pendirian; Memiliki etos kerja tinggi dan tangguh menghadapi persaingan;

6 Ciri-Ciri Entrepreneur Membiasakan diri bersikap positif dan selalu bersemangat dalam setiap pekerjaan; Mensyukuri diri, waktu dan lingkungan; Selalu berusaha meningkatkan keunggulan dan citra perusahaan; Selalu berupaya mencapai dan menghasilkan karya yang lebih baik untuk langganan, pemilik, pemasok, tenaga kerja, masyarakat, bangsa dan negara.

7 Langkah Awal Entrepreneur Start with a dream Love the products or services Learn the basics of business. Willing to take calculated risks. Seek advice, but follow your belief. Work hard, 7 day a week, 18 hours a day Make friends as much as possible Deal with failures Just do it, now!

8 Cashflow Quadrant Robert Kiyosaki Employee Self Employee Business Owner Investor

9 Cash-Out Quadrant Muhammad Isman Quadran Semu Quadran Perlu Quadran Ilmu Quadran Biru

10 Panduan Rasulullah bagi Entrepreneur Kejujuran Kesadaran tentang signifikansi sosial kegiatan bisnis Tidak melakukan sumpah palsu Ramah-tamah Tidak boleh berpura-pura menawar dengan harga tinggi, agar orang lain tertarik membeli dengan harga tersebut. Tidak boleh menjelekkan bisnis orang lain, agar orang membeli kepadanya Tidak melakukan ihtikar

11 Panduan Rasulullah bagi Entrepreneur Takaran, ukuran dan timbangan yang benar Bisnis tidak boleh menggangu kegiatan ibadah kepada Allah Membayar upah sebelum kering keringat karyawan Tidak boleh melakukan bisnis dalam kondisi eksisnya bahaya (mudharat) yang dapat merugikan dan merusak kehidupan individu dan sosial. Komoditi bisnis yang dijual adalah barang yang suci dan halal Bisnis dilakukan dengan suka rela, tanpa paksaan Segera melunasi kredit yang menjadi kewajibannya

12 Panduan Rasulullah bagi Entrepreneur Memberi tenggang waktu apabila pengutang (kreditor) belum mampu membayar Bahwa bisnis yang dilaksanakan bersih dari unsur riba

13


Download ppt "ENTREPRENEUR SKILL BY : SAEPUL ANWAR. Sebuah Renungan Konsep Takdir “Sesungguhnya Allah tidak akan merubah suatu kaum kecuali kaum itu mau merubah dirinya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google