Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengertian, Konsep, dan Ruang Lingkup Entrepreneurship PERTEMUAN 2.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengertian, Konsep, dan Ruang Lingkup Entrepreneurship PERTEMUAN 2."— Transcript presentasi:

1

2 Pengertian, Konsep, dan Ruang Lingkup Entrepreneurship PERTEMUAN 2

3 ENTREPRENEURSHIP??

4 Inti dan Hakikat Kewirausahaan Kewirausahaan Kemampuan Kreatif dan Inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses

5 Kreativitas Kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang (thinking new thing) Inovasi Kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka pemecahan masalah dan menemukan peluang (doing new thing)

6 Jiwa dan Sikap Kewirausahaan Proses kreatif dan inovatif hanya dilakukan oleh orang- orang yg memiliki jiwa dan sikap kewirausahaan, yaitu orang-orang yang:  Percaya diri.  Berinisiatif  Memiliki motif berprestasi.  Memiliki jiwa kepemimpinan.  Berani mengambil resiko.

7 Proses Kewirausahaan Diawali dengan proses:  Imitasi dan Duplikasi.  Pengembangan  Penciptaan sesuatu yg baru (Inovasi).

8 Tahap Inovasi dipengaruhi Oleh: – Faktor Pribadi Berprestasi Komitmen Nilai-Nilai Pribadi Pendidikan Pengalaman – Faktor Lingkungan Peluang Model Aktivitas

9 Fungsi dan Peran Wirausaha Wirausaha memiliki 2 peran: 1.Sebagai Penemu (Inovator) Wirausaha menemukan dan menciptakan produk baru, teknologi dan cara baru, ide-ide baru dan organisasi baru. 2.Sebagai Perencana (Planner) Wirausaha berperan merancang usaha baru, merencanakan strategi perusahaan baru, merencanakan ide-ide dan peluang dalam perusahaan.

10 Ide dan Peluang Kewirausahaan Ide akan menjadi peluang apabila wirausaha bersedia melakukan evaluasi terhadap peluang secara terus menerus melalui proses penciptaan sesuatu yg baru dan berbeda, mengamati peluang, menganalisis proses dan memperhitungkan resiko yang mungkin terjadi

11 Bekal Pengetahuan dan Keterampilan Wirausaha Bekal Pengetahuan: a.Usaha yg akan dirintis & lingkungan usaha yang ada. b.Peran dan tanggung jawab. c.Manajemen & organisasi bisnis. Bekal Keterampilan: a.Konseptual dalam mengatur strategi dan memperhitungkan resiko. b.Kreatif dalam menciptakan Nilai Tambah. c.Memimpin dan Mengelola. d.Berkomunikasi dan berinteraksi. e.Teknik usaha yang akan dilakukan.

12 Merintis Usaha baru 3 Cara Untuk Memasuki Suatu Usaha Bisnis : – Merintis usaha baru sejak awal – Membeli perusahaan yang telah ada – Kerjasama manajemen (Franchising)

13 Etika Berwirausaha Kejujuran. Integritas. Menepati janji. Kesetiaan. Kewajaran. Suka membantu org lain. Baik dan taat hukum. Menghormati orang lain. Bertanggung jawab.

14 Kompetensi Kewirausahaan Wirausaha yang sukses memiliki kompetensi yaitu yang memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan, dan kualitas individu yg meliputi sikap, motivasi, nilai serta tingkah laku yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan/kegiatan.

15 Kompetensi Kewirausahaan

16 Disiplin Ilmu Kewirausahaan Kewirausahaan – Merupakan ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan, dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidupnya – Kemampuan kreatif dan inovatif dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda yang dijadikan dasar dalam usaha perbaikan hidup

17 Kewirausahaan merupakan disiplin ilmu yang independent (Prawirokusumo) – Kewirausahaan berisi body of knowledge yang utuh dan nyata, yaitu ada teori, konsep, dan metode ilmiah yang lengkap – Kewirausahaan memiliki dua konsep, yaitu posisi memulai suatu usaha (venture start up) dan perkembangan usaha (venture growth)

18 – Kewirausahaan merupakan disiplin ilmu yang memiliki objek tersendiri, yaitu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. – Kewirausahaan merupakan alat untuk menciptakan pemerataan berusaha dan pemerataan pendapatan atau kesejahteraan rakyat yang adil dan makmur

19 Objek Studi Kewirausahaan Objek kewirausahaan kemampuan merumuskan tujuan hidup, memotivasi diri, berinisiatif, membentuk modal, mengatur waktu dan membiasakan diri untuk belajar dari pengalaman.

20 Kemampuan seseorang untuk menjadi objek kewirausahaan meliputi: – Kemampuan merumuskan tujuan hidup/usaha. – Kemampuan memotivasi diri. – Kemampuan untuk berinisiatif. – Kemampuan berinovasi. – Kemampuan untuk membentuk modal uang atau barang modal. – Kemampuan untuk mengatur waktu dan membiasakan diri. – Kemampuan mental yang dilandasi agama. – Kemampuan untuk membiasakan diri dalam mengambil hikmah dari pengalaman.

21 Hakikat Kewirausahaan – Merupakan sifat, ciri, dan watak seseorang yang memiliki kemauan dalam mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif. – Kreatif merupakan berpikir sesuatu yang baru (thinking new things). – Inovatif merupakan berbuat sesuatu yang baru (doing new things). – Intinya adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

22 Hakikat Kewirausahaan Dalam Konteks Manajemen – Entrepreneur adalah orang yang memiliki kemampuan dalam menggunakan sumberdaya seperti finansial, bahan mentah, dan tenaga kerja untuk menghasilkan suatu produk baru, bisnis baru, proses produksi atau pengembangan organisasi baru Dalam Konteks Bisnis – Entrepreneur adalah pengusaha, tetapi tidak semua pengusaha adalah wirausaha. Wirausaha adalah adalah pelopor dalam bisnis, inovator, penanggung resiko, yang mempunyai visi kedepan, dan memiliki keunggulan dalam berprastasi di bidang usaha.

23 Rumusan wirausaha sekarang ini sebenarnya banyak berasal dari konsep Schumpeter (1934), yaitu: – Memperkenalkan produk baru atau kualitas baru suatu barang – Melakukan suatu metoda produksi baru – Membuka pasar baru yang belum pernah ada atau belum dimasuki industri yang bersangkutan – Membuka sumber/input baru atau sumber-sumber yang masih harus dikembangkan – Pelaksanaan organisasi baru

24 Esensi kewirausahaan adalah menciptakan nilai tambah di pasar dengan cara-cara: – Pengembangan teknologi baru – Penemuan pengetahuan baru – Perbaikan produk dan jasa yang sudah ada – Penemuan cara-cara yang berbeda untuk menghasilkan barang dan jasa yang lebih banyak dengan sumberdaya yang lebih sedikit

25 Delapan Karakteristik Kewirausahaan – Memiliki rasa tanggung jawab atas usaha yang dilakukan. – Lebih memilih risiko yang moderat. – Percaya diri untuk berhasil. – Selalu menghendaki umpan balik yang segera. – Memiliki semangat dan kerja keras untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik. – Berorientasi ke masa depan, perspektif, dan berwawasan jauh ke depan. – Memiliki keterampilan dalam pengelolaan sumberdaya untuk menciptakan nilai tambah. – Lebih menghargai prestasi daripada uang.

26 Manfaat Wirausaha Peluang menentukan nasib sendiri. Peluang melakukan perubahan. Peluang mencapai potensi sepenuhnya. Peluang untuk memperoleh keuntungan. Peluang berperan dalam masyarakat dan mendapatkan pengakuan atas usaha yang dilakukan. Peluang untuk melakukan sesuatu yang disukai dan bersenang-senang melakukannya.

27 Kelemahan Kewirausahaan Ketidak pastian pendapatan. Risiko kehilangan seluruh investasi. Kerja lama dan kerja keras. Kualitas hidup yang rendah hingga bisnis mapan. Tingkat stres yang tinggi. Tanggung jawab penuh. Keputusasaan

28 Kekuatan yang Mendorong Pertumbuhan Kewirausahaan Wirausahaan sebagai pahlawan. Pendidikan kewirausahaan. Faktor ekonomi dan demografi. Pergeseran ke ekonomi jasa. Kemajuan teknologi. Gaya hidup bebas. E-Commerce dan World Wide Web. Peluang Internasional.

29 Tas dari bahan aluminium foil bekas tube pasta gigi. Mengolah limbah menjadi produk berharga….

30

31

32

33

34

35 Peer Teaching Bentuk kelompok Sharing pengalaman mengenai produk yang terbuat dari limbah atau barang-barang bekas yang terbuang. Pilih produk yang paling unik dan presentasikan di depan kelas.

36 Diskusi Kelompok : Pembelajaran apa yang dapat diambil? -Motivasi -Kreativitas dan inovasi -Pemberdayaan masyarakat -Marketing (pemasaran) -Suka duka selama menjalankan usaha

37 Entrepreneur dapat digolongkan Necessity Entrepreneur (menjadi entreprenur karena keterpaksaan) Replicative Entrepreneur (entrepreneur yang mencontoh usaha orang lain) Innovative/opportunity Entrepreneur (entrepreneur yang memiliki inovasi)

38 Peer Teaching Bentuk Kelompok Sharing opini/pengalaman pribadi atau orang lain berkaitan dengan ketiga golongan entrepreneur. Pilih pengalaman yg paling unik unik dan presentasikan di depan kelas.

39 Bidang/Ruang Entrepreneurship Business Entrepreneurship Academic Entrepreneurship Government Entrepreneurship Social Entrepreneurship

40 Hasil survei : Usia Wirausaha Ketika Memulai Usahanya

41 TUGAS untuk pertemuan 3 Cari profil entrepreneur !! Masing2 mhs membawa minimal 1 profil entrepreneur. Presentasikan di depan kelas


Download ppt "Pengertian, Konsep, dan Ruang Lingkup Entrepreneurship PERTEMUAN 2."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google