Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGERTIAN, KONSEP, DAN RUANG LINGKUP ENTREPRENEURSHIP Pertemuan 1 Dr. Yulizar Kasih, SE, M.Si.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGERTIAN, KONSEP, DAN RUANG LINGKUP ENTREPRENEURSHIP Pertemuan 1 Dr. Yulizar Kasih, SE, M.Si."— Transcript presentasi:

1 PENGERTIAN, KONSEP, DAN RUANG LINGKUP ENTREPRENEURSHIP Pertemuan 1 Dr. Yulizar Kasih, SE, M.Si

2 ENTREPRENEURSHIP??

3 ENTREPRENEURSHIP? Kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumbr daya mencari peluang menuju sukses. Kreativitas adalah kemampuan untuk memikirkan sesuatu yang baru(thinking new thing). Inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan/melakukan sesuatu yang baru (doing new thing).

4 WIRAUSAHAWAN? Seseorang yang menciptakan bisnis baru dengan mengambil risiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dg cara mengidentifikasi berbagai peluang penting dan menggabungkan sumber daya yang diperlukan untuk mengoptimalisasikan sumber daya-sumber daya tersebut.

5 FUNGSI & ESENSI WIRAUSAHA? Fungsi Wirausaha adalah memperkenalkan barang baru, melaksanakan metode produksi baru, membuka pasar baru, membuka bahan/sumber2 baru, dan pelaksanaan organisasi baru. Esensi kewirausahaan adalah menciptakan nilai tambah dengan cara baru dan berbeda agar dapat bersaing.

6 ENTREPRENEURSHIP : “TRANSFORMS TRASH TO GOLD”

7 Tas dari bahan aluminium foil bekas tube pasta gigi. Mengolah limbah menjadi produk berharga….

8

9

10

11

12 Contoh Produk Dari Limbah?

13 WIRAUSAHA DI INDONESIA? Indonesia: 1,56% AS: 12% Malaysia: 5 % Singapura: 7 % Minimal Indonesia punya : 2% Idealnya : 4%

14 Mengapa Wirausaha di Indonesia sedikit??

15 Entrepreneur dapat digolongkan Necessity Entrepreneur (menjadi entreprenur karena keterpaksaan) Replicative Entrepreneur (entrepreneur yang mencontoh usaha orang lain) Innovative/opportunity Entrepreneur (entrepreneur yang memiliki inovasi)

16 Bidang/Ruang Entrepreneurship Business Entrepreneurship Academic Entrepreneurship Government Entrepreneurship Social Entrepreneurship

17 Hasil survei : Usia Wirausaha Ketika Memulai Usahanya di AS

18 Peer Teaching Bentuk kelompok Sharing pengalaman mengenai produk yang terbuat dari limbah atau barang- barang bekas yang terbuang. Pilih produk yang paling unik dan presentasikan di depan kelas.

19 ARTIKEL KEWIRAUSAHAAN Diskusi Kelompok : Pembelajaran apa yang dapat diambil? -Motivasi -Kreativitas dan inovasi -Pemberdayaan masyarakat -Marketing (pemasaran) -Suka duka selama menjalankan usaha

20 KESIMPULAN?


Download ppt "PENGERTIAN, KONSEP, DAN RUANG LINGKUP ENTREPRENEURSHIP Pertemuan 1 Dr. Yulizar Kasih, SE, M.Si."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google