Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 4.  Kewirausahaan (entrepreneurship) adalah suatu proses memulai sebuah bisnis, mengorganisir sumber-sumber daya yang dibutuhkan, dan memperkirakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 4.  Kewirausahaan (entrepreneurship) adalah suatu proses memulai sebuah bisnis, mengorganisir sumber-sumber daya yang dibutuhkan, dan memperkirakan."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 4

2  Kewirausahaan (entrepreneurship) adalah suatu proses memulai sebuah bisnis, mengorganisir sumber-sumber daya yang dibutuhkan, dan memperkirakan risiko-risiko dan imbalan-imbalan yang terkait.  Wirausahawan (entrepreneur) adalah seseorang yang terlibat dalam kewirausahaan.

3  Kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumbr daya mencari peluang menuju sukses.  Kreativitas adalah kemampuan untuk memikirkan sesuatu yang baru(thinking new thing).  Inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan/melakukan sesuatu yang baru (doing new thing).

4  Seseorang yang menciptakan bisnis baru dengan mengambil risiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dg cara mengidentifikasi berbagai peluang penting dan menggabungkan sumber daya yang diperlukan untuk mengoptimalisasikan sumber daya-sumber daya tersebut.

5  Alasan mengapa bisnis kecil menjadi bagian yang dinamis dalam perekonomian saat ini : a. Perubahan –Perubahan Ekonomi b. Globalisasi dan Meningkatnya Kompetisi c. Kemajuan Teknologi d. Kesempatan2 Baru dan Celah Pasar

6  Penciptaan lapangan kerja  Menghasilkan inovasi baru  Menambah keragaman bisnis

7  Titik Kontrol Internal Suatu kepercayaan oleh individu2 bahwa masa depan mereka ada dalam kendali mereka dan kekuatan2 eksternal hanya sedikit berpengaruh.  Tingkat Energi Tinggi Bekerja luar biasa keras meskipun mengalami rintangan2 yang sangat berat.  Kebutuhan akan pencapaian Termotivasi utk menjadi unggul dan memilih situasi2 dimana keberhasilan dpt tercapai.

8  Kepercayaan diri Mereka memiliki kepercayaan diri dan keyakinan memenangkan persaingan dan memelihara bisnis agar tetap berjalan.  Kesadaran akan berharganya waktu Tidak menyia-nyiakan waktu, apalagi menunda-nunda pekerjaan dan kesempatan.  Toleransi pada ambigius Mereka tidak terganggu oleh kekacauan dan ketidakpastian yang menghadang bisnis.

9

10  Ide bisnis baru  Rencana bisnis (business plan)  Bentuk legal usaha  Sumber2 Keuangan  Taktik-taktik -memulai usaha baru -membeli usaha yg sdh jalan -membeli waralaba -berpartisipasi dalm sebuah inkubator bisnis

11  Dunia (perusahaan) tanpa batas…. Konsumen tdk dpt mengetahui dari negara mana asal produk yang mereka beli. Mobil yg dibeli mungkin berasal dari negara Eropa, AS, atau Korea. Kipas angin yg dibeli mungkin berasal dari China, atau HP yg dikenakan buatan Jepang, bahkan buah2an ditanam di Thailand.

12  Tahapan Domestik Potensi pasar terbatas pd negara asal, dg seluruh fasilitas produksi dan pemasaran terletak di negara tersebut.  Tahapan Internasional Ekspor meningkat, menggunakan divisi internasional utk melakukan pemasaran produk di bbrp negara secara terpisah.

13  Tahapan Multinasional Perusahaan memiliki fasilitas pemasaran dan produksi di banyak negara, dg lebih sepertiga penjualannya datang dari luar negara asal.  Tahapan Global (tanpa negara) Perusahaan melakukan penjualan dan memperoleh sumber daya di negara mana saja yg menawarkan peluang terbaik dan biaya rendah

14  Lingkungan Ekonomi a. Perkembangan Ekonomi b. Pasar Sumber daya dan produk c. Pendapatan per kapita d. Infrastruktur e. Kurs nilai tukar f. Kondisi ekonomi

15  Lingkungan Hukum & Politik a. Risiko politik b. Hukum, pembatasan c. Pengambilalihan pemerintah d. Tarif, kuota, pajak e. Terorisme, instabilitas politik

16  Lingkungan Sosial Budaya a. Nilai2 sosial, keyakinan b. Bahasa c. Agama (objek, pantangan, hari libur) d. Pola hubungan kekerabatan e. Pendidikan formal, tingkat kemampuan membaca f. Orientasi waktu

17  Suatu organisasi yang menerima lebih dari 25 persen dari total pendapatan penjualan di luar negara asal induk perusahaan; juga disebut sebagai perusahaan global atau perusahaan transnasional.

18  Tantangan pribadi bagi manajer global  Mengelola lintas budaya : -kepemimpinan -pengambilan keputusan -pemberian motivasi -pengendalian (baca : hal )


Download ppt "Pertemuan 4.  Kewirausahaan (entrepreneurship) adalah suatu proses memulai sebuah bisnis, mengorganisir sumber-sumber daya yang dibutuhkan, dan memperkirakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google