Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Proses Kewirausahaan.  Faktor-faktor internal itu adalah hak kepemilikan, kemampuan atau kompetensi, dan insentif.  Sedangkan faktor eksternal meliputi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Proses Kewirausahaan.  Faktor-faktor internal itu adalah hak kepemilikan, kemampuan atau kompetensi, dan insentif.  Sedangkan faktor eksternal meliputi."— Transcript presentasi:

1 Proses Kewirausahaan

2  Faktor-faktor internal itu adalah hak kepemilikan, kemampuan atau kompetensi, dan insentif.  Sedangkan faktor eksternal meliputi lingkungan. Jadi kemampuan kewirausahaan dalam mengombinasikan kreativitas, inovasi, kerja keras, dan keberanian menghadapi risiko utk memperoleh peluang.

3  Kewirausahaan berkembang dan diawali dgn adanya inovasi.  Inovasi dipicu oleh factor pribadi, lingkungan dan sosiologi.  Faktor pemicu yang berasal dr factor pribadi (individu) adalah pencapaian locus of control, toleransi, pengambilan risiko, nilai-nilai pribadi, pendidikan, pengalaman, usia, komitmen, dan ketidakpastian.  Faktor pemicu yg berasal dr lingkungan adalah peluang, model peranan, aktivitas, kompetisi (pesaing), sumber daya, kebijakan pemerintah.  Faktor pemicu yg berasal dr sosiologi (lingkungan social) adalah jaringan kelompok, orang tua dan keluarga.  Pada tahap perintisan kewirausahaan, maka pertumbuhan kewirausahaan sangat tergantung pd kemampuan pribadi, organisasi, dan lingkungan.  Faktor pribadi yg mempengaruhi pertumbuhan adalah kemampuan kewirausahaan, pemimpin, kemampuan manajerial, komitmen, dan visi.  Dari factor organisasi adalah kelompok, struktur, strategi, dan budaya.  Faktor lingkungan adalah pesaing, pelanggan, pemasok, investor termasuk bankir.

4  Proses imitasi dan duplikasi Wirausaha mulai meniru ide-ide orang lain dalam menciptakan jenis barang yg akan dihasilkan diantaranya : teknik produksi, desain, pola pemasarannya dll  Proses pengembangan Para wirausaha mulai mengembangkan ide-ide barunya melalui diversifikasi dan diferensiasi dgn desain sendiri  Dan proses penciptaan sesuatu yg baru dan berbeda Melalui ide-ide sendiri sampai terus berkembang.

5 Keberhasilan :  Kemampuan dan kemauan  Tekad yg kuat dan kerja keras  Kesempatan dan peluang Kegagalan :  Tidak memiliki kemampuan dlm manajerial  Kurang berpengalaman ( dlm koordinasi, mengoperasikan, mengelola SDM dll)  Kurang dpt mengendalikan keuangan  gagal dlm perencanaa  Lokasi kurang memadai  Kurangnya pengawasan peralatan  Sikap yang kurang sungguh- sungguh dalam berusaha  Ketidakmampuan dlm melakukan peralihan/transisi kewirausahaan

6 KEUNTUNGAN  Otonomi (pengelolaan yg bebas dan tidak terikat )  Tantangan awal dan perasaan motif prestasi (bermotovasi yang tinggi)  kontrol finansial (bebas dlm mengelolan keuangan) KERUGIAN  Pengorbanan personal (tidak ada waktuuntuk keluarga, rekreasi dll)  Beban tanggung jawab (dlm menjalankan semua fungsi bisnis baik pemasaran, keuangan, personil maupun pengadaan dan pelatihan)  Keuntungan kecil dan gagal


Download ppt "Proses Kewirausahaan.  Faktor-faktor internal itu adalah hak kepemilikan, kemampuan atau kompetensi, dan insentif.  Sedangkan faktor eksternal meliputi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google