Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tatap Muka 5 Kewirausahaan Pengantar Bisnis. Bahan Kajian  Ciri wirausahaan  Menyusun Rencana Bisnis  Mengembangkan keunggulan kompetitif  Perkembangan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tatap Muka 5 Kewirausahaan Pengantar Bisnis. Bahan Kajian  Ciri wirausahaan  Menyusun Rencana Bisnis  Mengembangkan keunggulan kompetitif  Perkembangan."— Transcript presentasi:

1 Tatap Muka 5 Kewirausahaan Pengantar Bisnis

2 Bahan Kajian  Ciri wirausahaan  Menyusun Rencana Bisnis  Mengembangkan keunggulan kompetitif  Perkembangan UKM

3 Ciri Kewirausahawan  Setiap tahun, didirikan ratusan ribu bisnis kecil. Lebih dari 99 persen perusahaan memiliki jumlah karyawan kurang dari 500 orang. Berikut ini adalah ulasan singkat dari bagaimana 2 bisnis kecil yang sukses diciptakan : 1.Domino’s Pizza (di Ann Arbor, Michigan) adalah contoh klasik dari suatu bisnis yang diawali dengan sedikit pendanaan. Bisnis ini didirikan ketika Tom Monaghan (seorang dropout perguruan tinggi) dan saudaranya membeli sebuah restoran pizza yang bangkrut pada tahun Tom harus meminjam $500 yang ia butuhkan untuk diinvestasikan pada perusahaan. Kemudian, ia berhasil menarik minat saudaranya atas bisnis tersebut. Domino’s Pizza kini menghasilkan penjualan sekitar $1 miliar per tahun.

4 Ciri Kewirausahawan 2.Glow Dog, Inc (di Concord, Massachusetts), menjual baju yang memantulkan cahaya untuk binatang peliharaan. Pemiliknya, Beth Marcus, memikirkan ide bisnis ini ketika ia menuntun anjingnya di malam hari dan menyadari bahwa anjing tersebut ternyata tidak terlihat oleh pengendara kendaraan bermotor yang lewat. Baru dua tahun menjalankan bisnis tersebut, perusahaannya mampu meraih penjualan rata- rata tahunan sebesar lebih dari $1 juta.

5  Ciri wirausahawan  Pengertian Wirausahawan : Pelaku bisnis yang menerima resiko maupun peluang yang ada karena menciptakan dan mengoperasikan bisnis baru. Ciri-ciri wirausahawan : 1.Toleransi Resiko 2.Kreativitas 3.Inisiatif

6 Ciri Kewirausahawan Pro dan Kontra Kewirausahawan : Keuntungan 1.Sebagai seorang pengusaha, anda kemungkinan dapat memperoleh keuntungan besar dari bisnis anda, dan karenanya mendapatkan penghasilan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jika Anda bekerja untuk bisnis lain. 2.Anda dapat menjadi pimpinan bagi diri sendiri dan menjalankan bisnis sesuai dengan keinginan anda 3.Karena anda yang memegang kendali, anda tidak perlu takut disalahkan oleh seorang pimpinan atau dipecat. 4.Anda memiliki kepuasan bekerja di suatu bisnis yang anda ciptakan sendiri, dan kemungkinan besar lebih bersedia untuk bekerja karena anda akan langsung mendapatkan imbalan atas pekerjaan anda dalam bentuk laba bisnis yang lebih tinggi.

7 Ciri Kewirausahawan Kerugian 1.Anda memiliki kemungkinan menanggung kerugian dalam jumlah besar dan bahkan dapat kehilangan seluruh investasi anda di dalam bisnis. 2.Meskipun anda dapat mengendalikan bisnis, anda harus memastikan bahwa fungsi-fungsi bisnis telah berjalan dengan baik. Memegang kendali bukan berarti anda dapat bolos kerja kapan pun anda mau, penghasilan yang anda terima terkait dengan seberapa baik bisnis tersebut dikelola dari hari ke hari 3.Meskipun, sebagai pemilik dari suatu bisnis, anda tidak akan dipecat, anda masih dapat kehilangan sumber penghasilan anda jika bisnis tersebut gagal.

8 Menyusun Rencana Bisnis  Pengertian Rencana Bisnis Uraian terinci mengenai bisnis yang diusulkan, termasuk uraian mengenai produk atau jasa, jenis konsumen yang menjadi target, persaingan, dan fasilitas yang dibutuhkan untuk produksi.  Rencana bisnis biasanya terdiri dari : 1.Penilaian mengenai lingkungan bisnis 2.Rencana manajemen yang menjelaskan bagaimana sumber daya perusahaan digunakan 3.Rencana pemasaran yang menjelaskan penentuan harga, distribusi, dan rencana promosi, dan 4.Rencana keuangan yang menunjukkan kelayakan bisnis dan menjelaskan bagaimana bisnis tersebut akan didanai

9 Menyusun Rencana Bisnis Keputusan Kewirausahaan Menciptakan produk atau jasa yang: Memiliki permintaan Dapat memenangkan persaingan Mengembangkan keunggulan kompetitif: Memproduksi secara efisien Memproduksi produk atau jasa yang memiliki mutu lebih tinggi Mengembangkan rencana bisnis: Rencana manajemen Rencana Pemasaran Rencana Keuangan Mengelola resiko bisnis DAMPAK Menarik permintaan akan produk atau jasa Menarik permintaan dan memproduksi dengan biaya yang rendah Mendayagunakan karyawan dan sumber daya lain dengan cara yang dapat mempertahankan produksi secara efisien Melindungi berbagai kejadian yg dpt memberikan dampak merugikan bagi bisnis M K E I N I E N R G J K A A B T I K S A N N I S

10 Mengembangkan keunggulan kompetitif  Suatu bisnis baru dapat mengembangkan keunggulan kompetitif di dalam segmen pasarnya melalui produksi yang efisien atau dengan menawarkan mutu produk yang lebih baik.  Keunggulan-keunggulan Penting : 1.Menghasilkan Produk secara lebih efisien Suatu bisnis baru dapat menghasilkan produk dengan mutu yang serupa dengan biaya yang lebih rendah, maka bisnis tersebut dapat memberikan harga yang lebih rendah dibanding para pesaingnya. 2.Menghasilkan Produk yang lebih bermutu lebih tinggi Suatu bisnis baru dapat memproduksi produk bermutu lebih tinggi tanpa harus menanggung biaya yang berlebihan, maka perusahaan tersebut memiliki keunggulan kompetitif di atas pesaing yang lain dalam rentang harga yang sama

11 Perkembangan UKM Pengertian Bisnis Kecil Bisnis yang dimiliki dan dikelola secara mandiri yang tidak mendominasi pasarnya. Pentingnya Bisnis Kecil dalam Perekomian AS Lebih dari 86 persen dari seluruh bisnis AS memiliki kurang dari 20 karyawan. Total jumlah orang yang diperkerjakan oleh bisnis kecil ini mencapai sekitar seperempat dari seluruh angkatan kerja AS. Sebanyak 29 persen bekerja untuk perusahaan dengan jumlah karyawan kurang dari 100 orang.

12 Perkembangan UKM Mengukur sumbangan bisnis kecil berkaitan dengan dampaknya terhadap aspek pokok perekonomian AS : 1.Penciptaan Lapangan Kerja Pertumbuhan pekerjaan relatif di antara berbagai ukuran bisnis sulit untuk ditentukan. 2.Inovasi Sejarah telah menunjukkan bahwa inovasi besar lebih mungkin muncul dari bisnis kecil (atau individu) daripada bisnis besar. 3.Pentingnya bagi bisnis besar Hampir semua produk yang dibuat oleh produsen besar dijual ke konsumen melalui bisnis kecil.

13 Perkembangan UKM Bentuk-bentuk bisnis kecil yang Populer : 1. Jasa Jasa bisnis kecil berkisar dari konsultasi pernikahan hingga perangkat lunak komputer, dari konsultasi manajemen hingga pemeliharaan kucing secara profesional. 2.Konstruksi Sekitar 10 persen dari bisnis dengan karyawan kurang dari 20 orang terlibat dalam bidang konstruksi. 3.Keuangan dan Asuransi Perusahaan asuransi dan keuangan juga menghasilkan sekitar 10 persen dari semua perusahaan dengan jumlah karyawan kurang dari 20 orang.

14 Perkembangan UKM 4.Grosir (wholesaling) Pemilik bisnis kecil sering kali berhasil juga dalam bidang grosir, sekitar 8 persen dari bisnis dengan karyawan kurang dari 20 orang adalah grosir. 5.Transportasi dan Perakitan Beberapa perusahaan kecil sekitar 5 persen dari seluruh perusahaan dengan karyawan kurang dari 20 orang bergerak di bidang transportasi dan bisnis yang terkait dengan transportasi.

15 Perkembangan UKM Waralaba Perjanjian yang mengatur transaksi antara terwaralaba (franchisee) untuk membeli hak menjual barang atau jasa dari pewaralaba (franchiser). Keuntungan dan Kerugian Waralaba Waralaba menguntungkan baik penjual maupun pembeli. Pewaralaba dapat tumbuh cepat dengan menggunakan investasi uang yang disediakan oleh terwaralaba. Terwaralaba akhirnya memiliki bisnis sendiri dan mendapatkan akses terhadap keterampilan manajemen bisnis besar. Terwaralaba tidak harus membangun bisnis langkah demi langkah, dan karena setiap gerai waralaba sedikit banyak merupakan salinan dari setiap gerai lain, maka kemungkinan gagalnya lebih kecil. Sedangkan kerugian waralaba adalah biaya awal.Misal biaya waralaba Mc Donald US$ hingga serta biaya tim profesional bisa mencapai ratusan juta dollar.Terwaralaba juga diwajibkan menyumbang persentase penjualan kepada perusahaan induk.

16 Perkembangan UKM Kegagalan dan Keberhasilan Bisnis Kecil : Walaupun ada Herry Ford, Wat Disney, Mary Kay Ash, atau Bill Gates, mereka yang mengubah bisnis kecil menjadi perusahaan-perusahaan besar tidak sedikit pula pemilik bisnis kecil dan wirausahaan yang gagal. Selama periode yang sama, kegagalan bisnis mencapai antara dan dengan yang tertinggi adalah Dalam bagian ini, terlebih dulu kita akan melihat beberapa kecenderungan (tren) pokok dalam memulai suatu bisnis kecil.

17 Alasan-alasan Kegagalan : Manajerial yang tidak kompeten atau tidak berpengalaman Kurang memberi perhatian Sistem kontrol yang lemah Kurangnya Modal Keberhasilan : Kerja keras, dorongan, dan dedikasi Pemintaan pasar akan produk atau jasa yang disediakan Kompetensi manajerial Keberuntungan Perkembangan UKM

18 Daftar Pustaka  Jeff Madura, bab 6  Griffin, bab 4


Download ppt "Tatap Muka 5 Kewirausahaan Pengantar Bisnis. Bahan Kajian  Ciri wirausahaan  Menyusun Rencana Bisnis  Mengembangkan keunggulan kompetitif  Perkembangan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google