Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengantar Kewirausahaan. Kewirausahaan berasal dari kata dasar wirausaha diberi awalan ke dan akhiran an. Wirausaha dari kata wira artinya perwira/pahlawan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengantar Kewirausahaan. Kewirausahaan berasal dari kata dasar wirausaha diberi awalan ke dan akhiran an. Wirausaha dari kata wira artinya perwira/pahlawan."— Transcript presentasi:

1 Pengantar Kewirausahaan

2 Kewirausahaan berasal dari kata dasar wirausaha diberi awalan ke dan akhiran an. Wirausaha dari kata wira artinya perwira/pahlawan dan usaha artinya daya upaya. Pengertian Wirausaha Orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dan tindakan yang cepat dalam memastikan kesuksesan.

3

4 Beberapa Pengertian Tentang Wirausaha

5 Hakekat, Sikap & Profesi Wirausaha Wirausaha (Entrepreneur) adalah orang yang mendobrak sistem ekomomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku, baru. (Joseph, 1994). Kewirausahaan (Entrepreneurship) adalah kegiatan individu atau kelompok yang membuka usaha baru dengan maksud memperoleh keuntungan (Profit), memelihara usaha dan membesarkannya, dalam bidang produksi atau distribusi barang dan jasa.

6

7

8 Sikap, Prilaku Keterampilan Wirausaha

9 Karakteristik Wirausaha

10 Keberhasilan & Kegagalan Wirausaha Serta Prilakunya

11 Kewirausahaan Kewirausahaan adalah kemampuan diri seseorang dalam menentukan dan mengevaluasi peluang-peluang usaha dengan mengelola sumbersumber daya yang ada. Oleh karena itu kewirausahaan melekat pada diri manusia sementara keberadaan manusia di dunia ini merupakan mahluk utama dan titik sentral berkembangnya peradaban masyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut, ada 4 elemen pokok yang perlu disadari akan eksistensi keberadaan manusia dalam memahami falsafah/hekekat wiarausaha yaitu :

12

13

14 Beberapa Pengertian Tentang Kewirausahaan

15 Proses Kewirausahaan

16 Tujuan Kewirausahaan: 1.Meningkatkan Jumlah wirausaha yang berkualitas 2.Menyadarkan masyarakat atau memberikan kesadaran berwirausaha yang tangguh dan kuat terhadap masyarakat 3.Menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat 4.Membudayakan semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan masyarakat

17 Sasaran Kewirausahaan: 1. Instansi pemerintah, BUMN, organisasi profesi dan kelompok masyarakat 2. Pelaku ekonomi: pengusaha kecil, koperasi 3. Generasi Muda: anak-anak putus sekolah, calon wirausahawan.

18 Asas Kewirausahaan: Kemampuan bekerja secara tekun,teliti dan produktif Kemampuan berkarya dengan mandiri Menciptakan etika bisnis yang sehat Memecahkan masalah dan mengambil keputusan secara sistemmatis, termasuk keberanian mengambil resiko

19 Manfaat Kewirausahan: 1.Menambah daya tampung tenaga kerja 2.Sebagai generator pembangunan lingkungan, pribadi, distribusi, pemeliharaan lingkungan dan kesejahteraan 3.Memberi contoh bagaimana bekerja keras, tekun dan memeiliki pribadi unggul yang patu diteladai 4.Mendidik karyawan jadi orang mandiri, disiplin tekun, jujur dalam menghadapi pekerjaan 5.Mendidik masyarakat hidup efisien dan sederhana

20 Keuntungan : 1. Terbuka lebar kesempatan untuk menjadi bos dalam perusahaan 2. Terbuka peluang untuk memperoleh manfaat dan keuntungan secara maksimal 3. Terbuka peluang untuk memperlihatkan potensi wirausaha secara penuh 4. Terbuka peluang untuk membantu masyarakat dalam usaha 5. Terbuka peluang untuk mencapai tujuan usaha yang dikehendaki

21 Kelemahan 1. Tanggung jawab sangat besar dan berat di dalam menghadapi permasalahan bisnis 2. Bekerja keras dan waktunya sangat panjang 3. Memperoleh pendapatan yang tidak pasti dan memiliki resiko yang sangat besar.

22 Ruang Lingkup 1. Lapangan Agraris 2. Lapangan Peternakan 3. Lapangan Perkebunan 4. Lapangan Pemberi jasa 5. Lapangan Pertambangan dan energi 6. Lapangan Industri dan Kerajinan

23 Terima Kasih


Download ppt "Pengantar Kewirausahaan. Kewirausahaan berasal dari kata dasar wirausaha diberi awalan ke dan akhiran an. Wirausaha dari kata wira artinya perwira/pahlawan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google