Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengantar Teknopreneurship Pertemuan 1 Kelas 22 Dosen: Umi Laili Yuhana, S.Kom, M.Sc. Ruang Kuliah: Ruang TC-104 Jurusan Sistem Informasi ITS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengantar Teknopreneurship Pertemuan 1 Kelas 22 Dosen: Umi Laili Yuhana, S.Kom, M.Sc. Ruang Kuliah: Ruang TC-104 Jurusan Sistem Informasi ITS."— Transcript presentasi:

1 Pengantar Teknopreneurship Pertemuan 1 Kelas 22 Dosen: Umi Laili Yuhana, S.Kom, M.Sc. Ruang Kuliah: Ruang TC-104 Jurusan Sistem Informasi ITS

2 Agenda Tentang Pengajar & Materi Nama: Umi Laili Yuhana, S.Kom, M.Sc. Nama Panggilan: Yuhana yuhana [at] if.its.ac.id Pengalaman: 2003-skr: Dosen Jurusan Teknik Informatika ITS 2010-skr: Tim Pokja Bidang Kewirausahaan, TKK ITS Materi Tekno kelas 22: Materi dan Pengumuman dapat diakses melalui: pilih FTIF, Teknik Informatika, mata kuliah Pengantar Teknopreneurship kelas 22. Materi: Definisi, jenis, orientasi, spirit, dan perilaku enterpreneur dalam menghadapi resiko Kecerdasan emosional menuju kesuksesan Perbedaan Enterpreneur, teknopreneur dan usaha kecil Definisi Perkuliahan, Silabus dan Rencana Pembelajaran

3 MATERI

4 APA YANG ANDA HARAPKAN DARI MATA KULIAH PENGANTAR TEKNOPRENERSHIP? DISKUSI

5 APA YANG ANDA INGINKAN SETELAH LULUS? Jadi pengusaha sukses Banyak Uang Menikah dan bahagia Bekerja di perusahaan ternama ????

6 Untuk menjadi sukses seperti yang anda inginkan, terutama menjadi pengusaha, perlu karakter dan skill enterpreneur Inilah salah satu latar belakang kenapa pengantar enterpreneurship diberikan dalam kurikulum ITS ITS juga mendukung program pemerintah untuk menciptakan teknopreneur demi kemajuan bangsa

7 Entrepreneur ( The Concise Oxford French Dictionary) : •to undertake •to set about •to begin Entrepreneur / Wirausaha : Orang yang pandai / berbakat dalam mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkan produk yang dihasilkan dan mengatur permodalan operasinya. (Kamus Umum Bahasa Indonesia)

8 Entrepreneur : Orang yang berani memulai, menjalankan & mengembangkan usaha dengan cara memanfaatkan segala kemampuan dalam hal membeli bahan baku dan sumber daya yang diperlukan, membuat produk dengan nilai tambah yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, dan menjual produk, sehingga bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi para karyawan, dirinya sendiri, perusahaan dan masyarakat sekitarnya. => Entrepreneur memiliki sekaligus 3 (tiga) kemampuan : Kemampuan Membeli Kemampuan Membuat Kemampuan Menjual

9 Catatan Penting !!! Entrepreneur bukan sekedar pedagang, akan tetapi memiliki makna jauh lebih dalam dari itu. Entrepreneur berkaitan dengan : 1.Mental manusia 2.Rasa percaya diri 3.Efisiensi waktu 4.Kreatifitas 5.Ketabahan 6.Keuletan dan kesungguhan 7.Moralitas dalam menjalankan usaha.

10 Karakteristik Entrepreneur (Joseph Schumpeter) •Entrepreneur is an innovator, carrying put new combination. •Entrepreneurship is the prime creative sosioeconomics force in society. (McClelland) Konsep Need For Achievement (N-Ach) : “virus” kepribadian yang menyebabkan seseorang ingin selalu berbuat baik dan terus maju, selalu berpikir untuk berbuat yang lebih baik dan memiliki tujuan yang realistis dengan mengambil tindakan resiko yang telah benar-benar diperhitungkan. N-Ach yang tinggi  pribadi yang menyukai situasi kerja yang diketahui secara ekstrim akan mengalami peningkatan/kemajuan atau tidak.

11 Karakteristik Entrepreneur yang memiliki N-Ach yang tinggi : (McClelland) •Lebih menyukai pekerjaan dengan resiko yang realistis •Bekerja lebih giat dalam tugas-tugas yang memerlukan kemampuan mental •Tidak bekerja lebih giat karena adanya imbalan uang •Ingin bekerja pada situasi dimana dapat diperoleh pencapaian pribadi (personal achievement) •Menunjukkan kinerja yang lebih baik dalam kondisi yang memberikan umpan balik yang jelas dan positif. •Cenderung berpikir ke masa depan serta memiliki pemikiran jangka panjang. Ukuran N-Ach mampu menunjukkan seberapa besar jiwa entrepreneur seseorang.

12 Orientasi Entrepreneur : 5 (lima) dimensi orientasi entrepreneurial: 1.Otonomi, semangat dan kebebasan untuk mandiri (locus of Control Internal) 2.Sikap inovatif, melakukan inovasi yang kreatif dalam kondisi yang mendukung ataupun tidak. 3.Pengambilan resiko, keinginan dan keberanian dalam pengambilan resiko yang moderat. 4.Proaktif, bertindak antisipatif (dengan perencanaan) terhadap setiap peluang / kesempatan. 5.Bersaing Agresif, Menempatkan posisi dalam peta persaingan untuk menumbuhkan semangat berprestasi.

13 Faktor-faktor Internal individu yang berpengaruh terhadap sikap entrepreneurial : •Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) •Aktivitas dan Potensi Otak •Motivasi Belajar •Proses Belajar

14 Teknopreneur secara sederhana ditakrifkan sebagai Entrepreneur / wirausaha(wan) yang mendasarkan usahanya pada basis Ilmu dan Pengetahuan Teknologinya. Entrepreneur / Wirausaha / Entreprendre / Unternehmer ??? Teknopreneur ???

15 Entrepreneur vs Teknopreneur Meskipun pada esensinya sama, namun terdapat sedikit pembedaan antara entrepreneur dan Teknopreneur, yakni : Entrepreneur “Traditional”: Hal utama yang digunakan dalam kesuksesan pengembangan bisnisnya adalah jaringan, lobi, dan pemilihan demografi pasar sasaran. Teknopreneur (Entrepreneur “Modern”) : Hal penting dalam pengembangan bisnisnya adalah pendidikan dan keahlian, serta teknologi menjadi unsur utama dalam pengembangan produk suksesnya.

16 Silabus dan RP dapat dilihat di : Mahasiswa diwajibkan mendaftar dan menggunakan berkaitan dengan perkuliahan inihttp://share.its.ac.id


Download ppt "Pengantar Teknopreneurship Pertemuan 1 Kelas 22 Dosen: Umi Laili Yuhana, S.Kom, M.Sc. Ruang Kuliah: Ruang TC-104 Jurusan Sistem Informasi ITS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google