Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DEVI DWI ASTITI, 2102407091 Kepribadian Tokoh dalam Novel Pawestri Tanpa Idhentiti Karya Suparto Brata.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DEVI DWI ASTITI, 2102407091 Kepribadian Tokoh dalam Novel Pawestri Tanpa Idhentiti Karya Suparto Brata."— Transcript presentasi:

1 DEVI DWI ASTITI, Kepribadian Tokoh dalam Novel Pawestri Tanpa Idhentiti Karya Suparto Brata

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : DEVI DWI ASTITI - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa) - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - devimanis25 pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Sukadaryanto, M.Hum. - PEMBIMBING 2 : Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum. - TGL UJIAN :

3 Judul Kepribadian Tokoh dalam Novel Pawestri Tanpa Idhentiti Karya Suparto Brata

4 Abstrak Novel Pawestri Tanpa Idhentiti merupakan novel terbaru karya Suparto Brata. Dalam novel tersebut kepribadian yang terdapat pada setiap tokoh memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dengan tokoh lainnya. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tipe-tipe kepribadian tokoh dalam novel Pawestri Tanpa Idhentiti karya Suparto Brata (2) Faktor apasajakah yang menentukan kepribadian tokoh dalam novel Pawestri Tanpa Idhentiti karya Suparto Brata. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Mengungkap tipe- tipe kepribadian tokoh dalam novel Pawestri Tanpa Idhentiti karya Suparto Brata (2) Mengungkap faktor yang menentukan kepribadian tokoh dalam novel Pawestri Tanpa Idhentiti karya Suparto Brata. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode struktural. Sasaran penelitian ini adalah tipe-tipe kepribadian tokoh dan faktor yang menentukan kepribadian tokoh dalam novel Pawestri Tanpa Idhentiti karya Suparto Brata. Data penelitian ini adalah teks novel Pawestri Tanpa Idhentiti karya Suparto Brata. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel yang berjudul Pawestri Tanpa Idhentiti karya Suparto Brata. Novel ini diterbitkan pada tahun 2010 oleh Narasi, cetakan pertama dengan tebal 392 halaman. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka. Teknik analisis data menggunakan teknik struktural. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Tipe-tipe kepribadian tokoh dengan menggunakan tipologi kepribadian Edward Spranger berdasarkan nilai kebudayaan antara lain Pawestri tergolong manusia teori, Panuluh Barata tergolong manusia sosial, Pangestu tergolong manusia kuasa, dan Srigadhing tergolong manusia sosial. (2) Faktor yang menentukan kepribadian tokoh yang berupa pengalaman awal, pengaruh budaya, kondisi fisik, keberhasilan, penerimaan sosial, pengaruh keluarga, dan tingkat penyesuaian. Saran bagi pembaca adalah hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi perkembangan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Jawa pada novel Pawestri Tanpa Idhentiti karya Suparto Brata dengan pendekatan psikologi sastra disatuan tingkat pendidikan tertentu. Bagi yang ingin melakukan penelitian dengan pendekatan sejenis diharapakan dapat mengembangkan lebih lanjut menggunakan tipologi kepribadian Edward Spranger berdasarkan nilai kebudayaan dalam karya sastra lainnya.

5 Kata Kunci Tipe-tipe kepribadian, Tipologi Edward Spranger, Novel Pawestri Tanpa Idhentiti

6 Referensi Alwisol Psikologi Kepribadian. Malang: UPT. Penerbitan UMM Aminuddin Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo Ariyanto, Dodi Novel Garis Tepi Seorang Lesbian Karya Herlinatiens: Kajian Psikologi Sastra. Semarang: Skripsi FBS Universitas Negeri Semarang Baribin, Raminah Teori dan Apresiasi Prosa Fiksi. Semarang: IKIP Semarang Press Endraswara, Suwardi Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama Farozin dan Kartika Pemahaman Tingkah Laku. Jakarta: Rineka Cipta Kartono, Kartini Teori Kepribadian. Bandung: Alumni Kusumaningrum, Karnia Septia Aspek Kepribadiian Tokoh Lintang Dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata: Pendekatan Psikologi Sastra. Dalam ( ) Minderop, Albertine Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori dan Contoh Kasus. Jakarta : Pustaka Obor Indonesia Nurgiyantoro, Burhan Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Prasetyaningsih, Nur Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Perempuan Jogja Karya Achmad Munif: Tinjauan Psikologi Sastra. Dalam ( ) Ratna, Nyoman Kutha Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Sardjonoprijo, Petrus Psikologi Kepribadian. Jakarta: Rajawali Jakarta Schultz, Duane Psikologi Pertumbuhan. Kanisius Sudjiman, Panuti Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya Suharianto, S Dasar-dasar Teori Sastra. Surakarta: Widya Duta Sujanto Agus dan Halem Lubis Psikologi Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara Suryabrata, Sumardi Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada Wellek dan Werren Teori Kesusastraan (diindonesiakan oleh Melani Budianta). Jakarta: Gramedia Zuliyati, Sri Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Dom Sumurup Ing Banyu Karya Suparto Brata. Semarang: Skripsi FBS Universitas Negeri Semarang

7 Terima Kasih


Download ppt "DEVI DWI ASTITI, 2102407091 Kepribadian Tokoh dalam Novel Pawestri Tanpa Idhentiti Karya Suparto Brata."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google