Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SITI ROKHANA, 2302405009 Analisis Tokoh Utama dengan Teori Psikoanalisa Sigmund Freud pada Cerpen HANA Karya Akutagawa Ryunosuke.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SITI ROKHANA, 2302405009 Analisis Tokoh Utama dengan Teori Psikoanalisa Sigmund Freud pada Cerpen HANA Karya Akutagawa Ryunosuke."— Transcript presentasi:

1 SITI ROKHANA, Analisis Tokoh Utama dengan Teori Psikoanalisa Sigmund Freud pada Cerpen HANA Karya Akutagawa Ryunosuke

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : SITI ROKHANA - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa Jepang - JURUSAN : BAHASA & SASTRA ASING - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - kaori_nihon pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Dra. Rina Supriatnaningsih, M. Pd. - PEMBIMBING 2 : Dra. Diah Vitri Widayanti, DEA. - TGL UJIAN :

3 Judul Analisis Tokoh Utama dengan Teori Psikoanalisa Sigmund Freud pada Cerpen HANA Karya Akutagawa Ryunosuke

4 Abstrak Tokoh utama merupakan tokoh yang memiliki peranan penting dalam suatu cerita. Dalam menyajikan kejiwaan tokoh cerita dapat dikaitkan oleh ilmu psikologi, karena tokoh yang ditampilkan dalam karya sastra memiliki karakter dan gejolak psikologis tertentu. Gejolak psikologis yang dialami oleh tokoh utama dalam suatu cerita merupakan cerminan sikap dan perilaku manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek psikologis tokoh utama dalam cerpen Hana ”Naigu” dan faktor-faktor yang mempengaruhi kejiwaan dari tokoh ”Naigu”. Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu mengungkapkan kepribadian tokoh utama dalam cerpen Hana. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka dan pencatatan. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ego dari Naigu dapat memenuhi Id dari Naigu yang besar. Namun, superego belum bekerja sempurna untuk mengendalikan id dari Naigu. Secara garis besar, gejolak psikologis dari tokoh Naigu dibagi menjadi 2, yaitu (1) faktor yang mempengaruhi Naigu memendekkan hidungnya, antara lain faktor biologis, motif pemenuhan diri, faktor sosial, faktor psikososial, motif harga diri dan kebutuhan mencari identitas diri, (2) faktor yang mempengaruhi Naigu ingin hidung panjangnya kembali seperti semula, antara lain, faktor psikososial dan faktor emosi.

5 Kata Kunci Tokoh Utama, Id, Ego, dan Superego

6 Referensi Ahmadi, Abu.2003.Psikologi Umum. Jakarta:Rineka Cipta Alwisol Psikologi Kepribadian. Malang:UMM Press Asoo, Isoji dkk Sejarah Kesusastraan Jepang. Jakarta:Universitas Indonesia Press Endaswara, Suwardi.2003.Metodologi Penelitian Sastra. Jakarta:Pustaka Widyatama Endaswara, Suwardi.2008.Metode Penelitian Psikologi Sastra.Yogyakarta:Media Presindo Farozin, Muhammad dan Kartika Nur Fathiyah Pemahaman Tingkah Laku. Jakarta : Rineka Cipta. Freud, Sigmund. Memperkenalkan Psikoanalisa Jakarta:Gramedia Hall, Calvin S.dan Gardner Lindzey Teori-Teori Psikodinamik (Klinis). Yogyakarta:Kanisius Hall, Calvin S.dan Gardner Lindzey Teori-Teori Holistik (organismikfenomenologis). Yogyakarta:Kanisius Monks, F.J dkk Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta:Gadjah Mada University Press Murray, Giles. Breaking Into Japanese Literature Tokyo:Kodansha International Nevid, Jeffry S dkk Psikologi Abnormal. Jakarta: Erlangga Nurgiyantoro, Burhan.2002.Teori Pengkajian Fiksi.Yogyakarta:Gajah Mada University Press Rakhmat, Jalaluddin.2007.Psikologi Komunikasi. Bandung:Remaja Rosdakarya Rosidi, Ajip Mengenal Sastra dan Sastrawan Jepang. Jakarta:Erlangga Rustiana, Eunike.2003.Pengantar Psikologi Umum. Semarang:Unnes press Setyorini, Indah.2001.Skripsi:Aspek Kejiwaan Tokoh Utama Novel Trajumas Karya Imam Sardjono. Semarang:Unnes Suryabrata, Sumadi Psikologi Kepribadian. Jakarta:Raja Grafindo Pustaka Wibawarta, Bambang Akutagawa Ryunosuke, Terjemahan dan Pembahasan Yobu no Naka,Rashomon, dan Hana. Jakarta : Kalang Daido

7 Terima Kasih


Download ppt "SITI ROKHANA, 2302405009 Analisis Tokoh Utama dengan Teori Psikoanalisa Sigmund Freud pada Cerpen HANA Karya Akutagawa Ryunosuke."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google