Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PUJIATI, 3301405122 PENGARUH KONDISI SOSIAL DAN EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI SMA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PUJIATI, 3301405122 PENGARUH KONDISI SOSIAL DAN EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI SMA."— Transcript presentasi:

1 PUJIATI, PENGARUH KONDISI SOSIAL DAN EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI DAN SWASTA DI KABUPATEN PATI

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : PUJIATI - NIM : PRODI : Pendidikan Ekonomi (Pendidikan Akuntansi) - JURUSAN : Pendidikan Ekonomi - FAKULTAS : Ekonomi PEMBIMBING 1 : Dra. Sri Kustini - PEMBIMBING 2 : Nanik Sri Utaminingsih, S.E., M.Si., Akt - TGL UJIAN :

3 Judul PENGARUH KONDISI SOSIAL DAN EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI DAN SWASTA DI KABUPATEN PATI

4 Abstrak Untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi diperlukan dana yang cukup. Masalah ketersediaan dan untuk melanjutkan sekolah berkaitan erat dengan kondisi sosial dan kondisi ekonomi orang tua. Kondisi sosial dan kondisi ekonomi orang tua merupakan salah satu faktor eksternal timbulnya motivasi melanjutkan pendidikan anak. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Apakah ada pengaruh kondisi sosial dan ekonomi terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Pati secara simultan?, 2) Apakah ada pengaruh kondisi sosial orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Pati?, 3) Apakah ada pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Pati/, 4) Apakah ada perbedaan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI antara SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Pati?. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Pati sejumlah 1594 siswa. Pengambilan sampel sebanyak 232 siswa dengan menggunakan proportional random sampling. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah kondisi sosial orang tua, kondisi ekonomi orang tua dan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS for windows Release Hasil secara simultan menunjukkan bahwa pengaruh kondisi sosial dan ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Negeri dan Swasta secara simultan sebesar 21,7% dan sisanya 78,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Hasil secara parsial menunjukkan variabel kondisi sosial memberikan pengaruh lebih besar yaitu 10,3% dibandingkan variabel kondisi ekonomi yaitu sebesar 5,5%. Sedangkan dari hasil uji ANOVA menunjukkan bahwa motivasi siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi antara SMA Negeri dan Swasta berbeda. Karena kondisi sosial orang tua lebih mempengaruhi motivasi melanjutkan ke perguruan tinggi daripada kondisi ekonomi, maka diharapkan orang tua menjaga kondisi sosialnya agar tetap baik atau bahkan dapat meningkatkan supaya lebih baik sehingga motivasi anak juga menjadi lebih baik atau tinggi.

5 Kata Kunci Kondisi Sosial, Kondisi Ekonomi, Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi

6 Referensi Abdulsyani Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara. Ahmadi, Abu Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Rineka Cipta. Ali, Muhammad Prosedur Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa. Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Dimyati dan Mudjiono Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Ghozali, Imam Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit-Undip. Hamalik, Oemar Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Kudriatun. ”Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas III SMK Palebon Semarang”. Skripsi. Semarang: UNNES. Kurnia Asih, Woro ”Pengaruh Kondisi Sosial dan Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas III SMA PGRI Kebumen Tahun Ajaran 2005/2006”. Skripsi. Semarang: UNNES. Munib, Achmad Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES Press. Poerwadarminto, W J S Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Priyatno, Dwi Mandiri Belajar SPSS. Jakarta: PT. BUKU KITA. Samuel, Hanneman dan Suganda, Azis Sosiologi untuk Kelas XI SMA. Semarang: Balai Pustaka. Sardiman Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Soekanto, Soerjono Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Slameto Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana Metode Statistik. Bandung: Tarsito. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta. Sukirno, Sadono Pengantar Teori Mikro Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sukmawati, Dian. ”Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas III SMA N I Larangan Kabupaten Brebes. Skripsi. Semarang: UNNES. Tri Anni, Catharina Psikologi Belajar. Semarang. UNNES Press. Undang-Undang RI No. 20 Tahun Tentang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta: Sinar Grafika.

7 Terima Kasih


Download ppt "PUJIATI, 3301405122 PENGARUH KONDISI SOSIAL DAN EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI SMA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google