Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SULASIH, 1201405031 HUBUNGAN ANTARA KONDISI SOSIAL EKONOMI DENGAN MOTIVASI ORANG TUA MEMASUKKAN ANAK KE KELOMPOK BERMAIN DI DESA JOGOLOYO KECAMATAN WANOSALAM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SULASIH, 1201405031 HUBUNGAN ANTARA KONDISI SOSIAL EKONOMI DENGAN MOTIVASI ORANG TUA MEMASUKKAN ANAK KE KELOMPOK BERMAIN DI DESA JOGOLOYO KECAMATAN WANOSALAM."— Transcript presentasi:

1 SULASIH, HUBUNGAN ANTARA KONDISI SOSIAL EKONOMI DENGAN MOTIVASI ORANG TUA MEMASUKKAN ANAK KE KELOMPOK BERMAIN DI DESA JOGOLOYO KECAMATAN WANOSALAM KABUPATEN DEMAK.

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : SULASIH - NIM : PRODI : Pendidikan Luar Sekolah - JURUSAN : Pendidikan Luar Sekolah - FAKULTAS : Ilmu Pendidikan - kagome_cantik pada domain plasa.com - PEMBIMBING 1 : Dra. Emmy Budiartati, M.Pd - PEMBIMBING 2 : Dr. Fakhruddin, M.Pd - TGL UJIAN :

3 Judul HUBUNGAN ANTARA KONDISI SOSIAL EKONOMI DENGAN MOTIVASI ORANG TUA MEMASUKKAN ANAK KE KELOMPOK BERMAIN DI DESA JOGOLOYO KECAMATAN WANOSALAM KABUPATEN DEMAK.

4 Abstrak Kondisi sosial ekonomi adalah suatu keadaan sosial ekonomi yang menyangkut tentang kedudukan dan prestise seseorang atau keluarga dalam masyarakat serta usaha untuk menciptakan barang dan jasa, demi terpenuhinya kebutuhan baik jasmani maupun rohani. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara kondisi sosial ekonomi dengan motivasi orang tua memasukkan anak ke kelompok bermain, dan sejauh mana hubungan antara hubungan antara kondisi sosial ekonomi dengan motivasi orang tua memasukkan anak ke kelompok bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara kondisi sosial ekonomi dengan motivasi orang tua memasukkan anak ke kelompok bermain, dan sejauh mana hubungan antara hubungan antara kondisi sosial ekonomi dengan motivasi orang tua memasukkan anak ke kelompok bermain. Populasi penelitian ini adalah seluruh orang tua yang mempunyai anak usia dini yang berdomisili di kelurahan Jogoloyo yang berjumlah 145 KK. Teknik yang digunakan proportional random sampling dan sampel 30 orang. Variabel penelitian yang pertama yaitu variabel bebas ( X ) adalah kondisi sosial ekonomi dan untuk variabel terikatnya ( Y ) yaitu motivasi memasukkan anak ke kelompok bermain. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode angket. Metode yang digunakan adalah metode analisis Korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis deskriptif ternyata kondisi sosial ekonomi sebagian besar termasuk kategori tinggi ( 46,66 % ), sedangkan motivasi orang tua memasukkan anak ke Kelompok Bermain sebagian besar termasuk kategori sangat tinggi ( 36,66 % ). Pada perhitungan korelasi menghasilkan r hitung > r tabel = 0,632 > 0,361 pada taraf signifikan 5% sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Dari uraian diatas, disarankan bahwa untuk orang tua orang tua lebih jeli dalam memilih sarana pendidikan bagi anak. Misal saja memilih kelompok bermain yang sesuai dengan kondisi sosial ekonominya, namun tetap memperhatikan kualitas pendidikan

5 Kata Kunci

6 Referensi Abdulsyani Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara Ahmadi, A.1997.Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Rineka Cipta. Anoraga, P Psikologi Kerja. Jakarta: Rineke Cipta. Arikunto, S Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Balitbang Depdiknas Undang-Undang nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional tahun Jakarta: Balitbang Depdiknas Darsono, M Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press Dimyati dan Mudjiono Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Direktorat PAUD Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Proyek Pengembangan Anak Dini Usia Pusat TA. Fahrudin, F Ekonomi Islam. Jakarta: Mutiara. Gilarso. T Pengantar Ilmu Ekonomi Bagian Makro. Yogyakarta: Andi Offset. Hadi, S Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset. Handoko, M Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta. Kanisius Heini, R Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap prestasi belajar siswa kelas 3 SMU N 1 Pekalongan. Pendidikan Ekonomi UNNES Semarang ( Diakses pada 5 Januari 2010) motivasi/http://www.anneahira.com/motivasi/pengertian-motivasi.htm ( Diakses pada 20 Oktober 2009 ) ( Diakses pada 5 Januari 2010 ) Megawangi, R Pendidikan Karakter. Bogor: Indonesia Heritage Foundation Mulyanto Sumardi dan Hans Dieter Evers Kemiskinan dan Kebutuhan Pokok. Jakarta: CV Rajawali. Nasution, S Diktatik Asas – Asas Mengajar. Bandung: Jemmars. Nasution, Thamrin dan Nasution, Nurhalijah Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Jakarta: BPK Gunung Mulia. Patmonodewo, S Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta Poerwodarminto, W J S Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Rachman, S.H Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press Santoso, S Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia. Soekanto, S Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

7 Terima Kasih


Download ppt "SULASIH, 1201405031 HUBUNGAN ANTARA KONDISI SOSIAL EKONOMI DENGAN MOTIVASI ORANG TUA MEMASUKKAN ANAK KE KELOMPOK BERMAIN DI DESA JOGOLOYO KECAMATAN WANOSALAM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google