Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KUKUH ARIF PRABOWO, 6301405024 KEMAMPUAN VO2MAKS ATLET PENCAK SILAT KETEGORI TANDING PADA KEJUARAAN PENCAK SILAT PEKAN OLAHRAGA MAHASISWA RAYON KOTA SEMARANG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KUKUH ARIF PRABOWO, 6301405024 KEMAMPUAN VO2MAKS ATLET PENCAK SILAT KETEGORI TANDING PADA KEJUARAAN PENCAK SILAT PEKAN OLAHRAGA MAHASISWA RAYON KOTA SEMARANG."— Transcript presentasi:

1 KUKUH ARIF PRABOWO, KEMAMPUAN VO2MAKS ATLET PENCAK SILAT KETEGORI TANDING PADA KEJUARAAN PENCAK SILAT PEKAN OLAHRAGA MAHASISWA RAYON KOTA SEMARANG TAHUN 2009

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : KUKUH ARIF PRABOWO - NIM : PRODI : Pendidikan Kepelatihan Olahraga - JURUSAN : Ilmu Kepelatihan Olah Raga - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan - ashter_cool pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : DRA ENDANG SRI RETNO MM MS - PEMBIMBING 2 : DRS HERMAWAN M.Pd - TGL UJIAN :

3 Judul KEMAMPUAN VO2MAKS ATLET PENCAK SILAT KETEGORI TANDING PADA KEJUARAAN PENCAK SILAT PEKAN OLAHRAGA MAHASISWA RAYON KOTA SEMARANG TAHUN 2009

4 Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Seberapa tinggi kemampuan VO2Maks atlet pencak silat kategori tanding pada kejuaraan pencak silat Pekan Olahraga Mahasiswa Rayon Kota Semarang tahun 2009? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui seberapa tinggi kemampuan VO2Maks atlet pencak silat kategori tanding pada kejuaraan pencak silat Pekan Olahraga Mahasiswa Rayon Kota Semarang tahun Metode penelitian menggunakan metode survey test. Populasi yang digunakan adalah para atlet pencak silat kategori tanding pada kejuaraan Pekan Olahraga Mahasiswa rayon Kota Semarang tahun 2009, berjumlah 32 orang atlet. Semua populasi diambil sebagai sampel, sehingga penelitian ini adalah penelitian populasi. Dengan dasar ini maka teknik sampling yang digunakan adalah total populasi. Metode pengolahan data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini ternyata tingkat kemampuan VO2maks atlet putra pada Kejuaraan Pencak Silat Pekan Olahraga Mahasiswa tahun 2009 yaitu 2 atlet memiliki tingkat kemampuan VO2maks dalam kategori rendah, 7 atlet memiliki tingkat kemampuan VO2maks dalam kategori sedang, 5 atlet memiliki tingkat kemampuan VO2maks dalam kategori baik, 5 atlet memiliki tingkat kemampuan VO2maks dalam kategori sangat baik, dan 5 atlet memiliki tingkat kemampuan VO2maks dalam kategori superior. Sedangkan tingkat kemampuan VO2maks atlet putri pada Kejuaraan Pencak Silat Pekan Olahraga Mahasiswa tahun 2009 yaitu 1 atlet memiliki tingkat kemampuan VO2maks dalam kategori sangat rendah, 1 atlet memiliki tingkat kemampuan VO2maks dalam kategori rendah, 1 atlet memiliki tingkat kemampuan VO2maks dalam kategori sedang, 2 atlet memiliki tingkat kemampuan VO2maks dalam kategori baik, 2 atlet memiliki tingkat kemampuan VO2maks dalam kategori sangat baik, dan 1 atlet memiliki tingkat kemampuan VO2maks dalam kategori superior. Saran yang diajukan adalah : 1) Pembina dan pelatih atlet pencak silat kategori tanding tingkat mahasiswa Rayon Kota Semarang, harap diketahui bahwa kejuaraan pencak silat membutuhkan tingkat kemampuan VO2 maks yang tinggi. Kemampuan VO2 maks yang tinggi akan dicapai dengan latihan yang berpedoman pada prinsip – prinsip dasar latihan. Oleh sebab itu dalam melatih para atletnya, hendaknya diberi latihan fisik yang disesuaikan dengan prinsip –prinsip dasar latihan, kemudian disesuaikan dengan latihan teknik. Karena latihan kondisi fisik tanpa adanya pembebanan terprogram dengan baik maka hasilnya tidak akan maksimal. 2) Para peneliti olahraga khususnya pencak silat mengadakan penelitian yang sama dengan sampel yang berbeda. Sampel bisa diambil dari atlet tingkat pelajar maupun tingkat dewasa baik atlet putra maupun atlet putri

5 Kata Kunci

6 Referensi Dangsina Moeloek Dasar Fisiologi Kesegaran Jasmani dan Latihan. Jakarta : Universitas Indonesia. Harsono Coaching dan Aspek-aspek Psychologis dalam Choaching. Jakarta : Tambak Kesuma. Johansyah Lubis Pencak Silat Panduan Praktis. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Keputusan Munas IPSI XII, 2007, Peraturan Pertandingan Pencak Silat IPSI, Jakarta Timur: Pengurus Besar IPSI M.Sajoto, 1988, Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondiis Fisik Dalam Olahraga, Semarang : Dahara Prize. _______, 1995, Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Semarang: Dahara Prize Nurhasan, Tes dan Pengukuran Dalam Peendidikan Jasmani Prinsipprinsip dan Penerapannya. Jakarta : Depdiknas Notosoejitno, 1997, Khasanah Pencak Silat, Jakarta: CV. Sagung Seto Pandji Oetojo, 1989, Pencak Silat, Semarang : IKIP Semarang R. Kotot Slamet Hariyadi, 2003, Teknik Dasar Pencak Silat Tanding, Jakarta: PT. Dian Rakyat Suharsimi Arikunto, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : PT. Rineka Cipta. ________________, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : PT Rineka Cipta Sutrisno Hadi, 1990, Metodologi Research I, II dan IV, Yogyakarta : Andi Offset ____________, Bimbingan Menulis Skripsi dan Thesis, Yokyakarta: ANDI Yokyakarta __________, 2004, Statistik (Jilid 2), Yokyakarta: ANDI Yokyakarta Max.htm=VO2max.

7 Terima Kasih


Download ppt "KUKUH ARIF PRABOWO, 6301405024 KEMAMPUAN VO2MAKS ATLET PENCAK SILAT KETEGORI TANDING PADA KEJUARAAN PENCAK SILAT PEKAN OLAHRAGA MAHASISWA RAYON KOTA SEMARANG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google