Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Internet dan Pemanfaatannya Untuk Bisnis By. Hardi Vizon.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Internet dan Pemanfaatannya Untuk Bisnis By. Hardi Vizon."— Transcript presentasi:

1 Internet dan Pemanfaatannya Untuk Bisnis By. Hardi Vizon

2 Pengertian •INTERnational NETworking Merupakan 2 komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan bertukar informasi. •INTERconnection NETworking Sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan- jaringan komputer di seluruh dunia.

3 Sejarah Internet  Pada tahun 1969, Departemen Pertahanan Amerika membentuk suatu jaringan komputer yang disebut ARPANET, untuk memungkinkan personil militer dan peneliti sipil bertukar informasi yang berkaitan dengan hal-hal militer.  Melalui proyek ARPA (Advance Research Project Agency) mereka mendemonstrasikan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX dapat melakukan komunikasi dalam jarak tak berhingga melalui saluran telepon.

4 Sejarah Internet  Pada tahun 1972, program berhasil disempurnakan oleh Roy Tomlinson. Program inipun langsung menjadi populer. Pada tahun ini juga, diperkenalkan sebagai lambang yang menunjukkan “at” atau “pada”.  Awal tahun 1980 jaringan ARPANET (karena sudah diberhentikan) diubah menjadi TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).  Dilanjutkan kembali dan dibiayai oleh NSF (National Science Foundation) bekerja sama dengan CSNET (Computer Science Networking) berubah nama menjadi NSFNET.

5 Apa Yang Bisa Dilakukan Dengan Internet

6 1.  adalah singkatan dari electronic mail, yang berarti surat elektronik.  Adanya internet, memungkinkan orang melakukan pengiriman surat dari satu tempat ke tempat lain secara cepat. Jika pada zaman dahulu orang mesti menunggu beberapa waktu untuk menerima surat yang dikirimkan, dengan internet memungkinkan pengiriman surat berlangsung dalam hitungan detik.  Sekarang ini, dengan mudah orang membuat alamat dari berbagai website yang menyediakan gratis, seperti Yahoo, Gmail, Hotmail, dll.

7 2. Chatting  Chatting adalah sarana orang untuk melakukan percakapan langsung dengan orang lain melalui sarana internet.  Penyedia sarana chatting antara lain, Yahoo, MSN, ICQ, Facebook, dan Skype.  Sekarang ini, chatting juga memungkinkan dilakukan lebih menarik dengan adanya kamera web (webcam). Dengan demikian, kita bisa melakukan konferensi dan pembicaraan jarak jauh dengan lawan bicara kita sekaligus melihat langsung wajahnya melalui kamera ini, tidak sekedar mendengar suaranya ataupun tulisan saja.

8 3. Browsing  Browsing adalah kegiatan mencari berbagai informasi yang tersedia di internet.  Internet merupakan sumber dan gudang informasi yang sangat besar. Berbagai kalangan mulai dari individu hingga kelompok memberikan informasi yang sangat besar di internet. Karenanya, kita bisa mencari informasi apa saja dari internet.  Website yang berfungsi sebagai mesin pencari (search engine) terbesar adalah Google dan Yahoo.Google

9 4. Transaksi Bisnis  Selain fasilitas di atas, perkembangan internet juga memungkinkan orang untuk melakukan berbagai proses transaksi bisnis melalui internet, dengan apa yang disebut e-commerce.

10 Pemanfaatan Internet Dalam Dunia Bisnis

11 1. Sarana Promosi dan Informasi  Internet sekarang ini menjadi salah satu sarana efektif bagi perusahaan untuk melakukan promosi dan informasi kepada publik.  Perusahaan membuat situs web (website) yang berisi profil perusahaandan detail produk atau jasa yang dijual. Dengan demikian, konsumen yang ingin mencari produk atau jasa dimaksud, bisa mencarinya di internet dengan mudah.  Website perusahaan merupakan wajah dari keseluruhan profil perusahaan. Karena itulah, website tidak boleh dibuat sembarangan dan asal-asalan.  Contoh:

12 2. Sarana Membangun Komunitas  Membangun komunitas akan memudahkan perusahaan dalam meyakinkan pembeli untuk melakukan transaksi di perusahaannya.  Salah satu cara untuk membangun komunitas adalah dengan menyediakan berbagai informasi, artikel, dan tips yang berkaitan dengan produk perusahaan tersebut.  Dengan memberikan pengetahuan yang mencukupi, konsumen akan merasa mendapatkan manfaat yang banyak dengan bergabung ke dalam satu komunitas tertentu dan mempercayai produk yang ditawarkan.

13 3. Memudahkan Hubungan Dengan Suplier  Salah satu kunci dalam pengembangan bisnis adalah bagaimana menjalin hubungan yang baik dengan supplier. Dengan adanya sistem informasi berbasis internet, memungkinkan antara perusahaan dan suplier bertukar informasi secara cepat.  Pertukaran informasi secara cepat ini sangat dibutuhkan, terutama bagi toko-toko retail, di mana produk yang mereka jual sangat tergantung dari pemasoknya.  Contohnya:

14 4. Melakukan Pengawasan Terhadap Pengiriman Barang  Pemanfaatan internet untuk pengawasan terhadap pengiriman barang kebanyakan dilakukan oleh perusahaan kurir. Perusahaan kurir baik nasional seperti Pos Indonesia, TIKI maupun JNE dan perusahaan kurir internasional seperti DHL, FedEx, UPS, menggunakan fasilitas internet agar konsumen dan perusahaan bisa melakukan pengecekan barang yang mereka kirim sudah sampai di mana.  Contoh: dan

15 5. Internet Banking  Internet Banking adalah cara baru orang melakukan transaksi perbankan melalui internet. Dengan internet banking memungkinkan berbagai transaksi perbankan yang selama ini hanya bisa dilakukan melalui teller maupun ATM, bisa dilakukan lewat internet.  Contoh:  Dalam proses pemesanan di toko online, internet banking sangat berguna dalam proses pembayaran. Proses transaksi akan berlangsung dengan cepat dan mudah.

16 6. Informasi Online  Peran media massa yang didominasi oleh media cetak dan televisi sekarang ini mulai berubah sedikit demi sedikit ke arah informasi online.  Sekarang ini, hamppir semua media massa, baik koran maupun televisi mempunyai jangka waktu tayang yang lebih banyak dan memungkinkan memberikan informasi yang luas kepada khalayak.  Informasi online ini bentuknya beragam, mulai dari situs berita, hiburan, hingga tv internet yang memungkinkan penayangan video di internet.  Contoh: atau

17 7. e-Commerce  E-Commerce adalah melakukan proses transaksi bisnis melalui internet. Internet dijadikan media bagi produsen dan konsumen dalam melakukan proses transaksi secara elektronik. Jika pada zaman dahulu orang harus datang ke toko untuk membeli produk, maka sekarang ini orang bisa melakukan berbagai proses pembelian produk melalui sarana e-commerce ini.  Contoh:

18 Selesai


Download ppt "Internet dan Pemanfaatannya Untuk Bisnis By. Hardi Vizon."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google