Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

STRUKTUR GREENHOUSE

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "STRUKTUR GREENHOUSE"— Transcript presentasi:

1 STRUKTUR GREENHOUSE

2 Ukuran greenhouse beragam dari unit-unit kecil sebesar jendela untuk hobi sampai unit- unit produksi seluas ratusan meter persegi. Semuanya dibangun untuk tujuan yang sama : menyediakan kondisi lingkungan yang sesuai bagi tanaman yang tumbuh di dalamnya.

3 Klasifikasi greenhouse berdasarkan penggunaan Komersial (Commercial greenhouse) −Untuk produksi sepanjang tahun. −Kebutuhan tenaga paling sedikit 1 orang bekerja full time. Namun untuk greenhouse milik keluarga sebagian pekerjaan dapat ditangani sendiri oleh anggota keluarga, sehingga tidak harus menggaji orang untuk bekerja full time. −Anggaran tahunan lebih penting daripada biaya awal, tetapi bila modal terbatas, biaya awal menentukan tipe konstruksi greenhouse yang akan dibangun. Dalam merencanakan anggaran tahunan biaya penyusutan, pemeliharaan, asuransi, pajak, biaya operasional dan keuntungan harus diperhitungkan dengan cernat. Part-time greenhouse. Tidak difungsikan secara terus menerus atau untuk menambah pendapatan mis. Greenhouse untuk pembibitan, untuk memperluas area produksi.

4 3.Pendidikan (Educatinal greenhouse) Untuk tujuan pendidikan dan training. Karena tingginya risiko kerusakan dan vandalisme, greenhouse harus berkualitas baik. Greenhouse untuk pendidikan dibuat lebih fleksibel, biasanya sebagian untuk penanaman di tanah dan sebagian menggunakan rak. 4.Hobi (Hobby greenhouse) Pada um umumnya merupakan unit kecil dengan berbagai macam tanaman. Lingkungan di dalam greenhouse tidak harus seragam kerena berbagai macam tanaman membutuhkan lingkungan yang berbagai macam pula. Diperlukan pengatur lingkungan otomatis untuk mengantisipasi bila pemiliknya pergi.

5 Sifat-sifat fungsional Tanpa memandang penggunaannya, setiap greenhouse harus memenuhi kebutuhan fungsionalnya. Pemahaman mengenai kebutuhan tersebut akan membantu dalam pemilihan design. Kekuatan Setiap greenhouse harus dirancang untuk menahan beban yang akan ditanggung tanpa menyebabkan kegagalan atau perubahan bentuk secara nyata. Macam beban : −Angin dan salju. Di negara 4 musim, beban utama adalah angin dan salju. −Tanaman. Tomat yang harus disangga oleh struktur bangunan harus dipertimbangkan.

6 Pondasi Tekanan pada struktur mis. karena angin dan salju akan membebani pondasi pondasi harus tahan terhadap berbagai macam kekuatan (mengangkat, memutar dan beban ke bawah). Beban ke bawah tidak hanya salju, tetapi juga tanaman dan berat dari struktur itu sendiri. Meskipun ukuran pondasi tergantung kepada ukuran dan tipe greenhouse, dan beban yang diterima, semua pondasi untuk greenhouse permanen harus terbuat dari bahan yang tahan lama dan ditanam pada kedalaman yang sesuai. Untuk greenhouse permanen pondasi beton paling sesuai. Transmisi cahaya maksimum Dalam kebanyakan greenhouse cahaya dapat menjadi faktor pembatas untuk pertumbuhan tanaman, terutama selama budidaya off season upaya agar bagian dalam greenhouse mendapatkan intensitas cahaya maksimum orientasi greenhouse cukup penting.

7 Upaya penting dalam mendapatkan cahaya maksimum adalah meminimalkan jumlah dan ukuran bagian-bagian struktur di bagian atap dan menggunakan bahan transparan. Pengaruh struktural terhadap pemanasan dan ventilasi Keberhasilan suatu greenhouse tergantung kepada kemampuan operator untuk mengontrol kondisi lingkungan di dalamnya. Selama musim dingin, intensitas cahaya di dalam greenhouse seringkali cukup tinggi sehingga diperlukan ventilasi, bahkan ketika suhu udara di luar mendekati suhu beku. Jika udara dingin tersebut masuk ke dalam greenhouse dan langsung mengenai tanaman tanaman rusak. Hal yang sama, bila udara panas dari pemanas dibiarkan langsung mengenai tanaman anaman mengering da pertumbuhan menurun. Upaya : mencampur udara dari pemanas atau ventilasi dengan udara di dalam greenhouse di atas tanaman.

8 Tinggi ruangan Ruangan harus cukup tinggi untuk tanaman dan orang agar dapat bekerja dengan nyaman. Tinggi dinding sebaiknya tidak kurang dari 2m. Kemiringan atap Kemiringan atap mempengaruhi run-off air dari atap. Keimiringan 28 o pada umumnya di anggap minimal. Akses Pintu yang cukup lebar diperlukan sebagai jalan lalu lalang manusia atau kendaraan yang sedang memindahkan/mengeluarkan tanaman /sisa-sisa tanaman, tanah dll.

9 Tipe struktur greenhouse Quonset 1.gif 08bd5e.jpg

10 Gothic /gothic.jpg

11 Post Rafter houseplans.com/joinery-timber-frame.html

12 A-FramePost-Truss s/brigham_hill/images/brigham-post-and-beam- barn.jpg

13 Rigid-Frame


Download ppt "STRUKTUR GREENHOUSE"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google