Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LOGO Jaringan Komputer Yusrin A. Tosepu, S.Kom., M.I.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LOGO Jaringan Komputer Yusrin A. Tosepu, S.Kom., M.I.Kom."— Transcript presentasi:

1 LOGO Jaringan Komputer Yusrin A. Tosepu, S.Kom., M.I.Kom.

2 Sejarah Jaringan Komputer Sejarah jaringan komputer dunia dimulai pada tahun 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang cara menghubungkan sejumlah komputer agar membentuk jaringan organik. Program riset demikian dikenal dengan nama ARPANET. Tahun 1971, jaringan ARPANET mulai berkembang dari yang pada mulainya hanya bisa menghubungkan 4 host menjadi 23 host dan mempunyai 15 node. Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program yang ia ciptakan pada tahun 1971 untuk ARPANET. Program begitu mudah, sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, pun diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau “pada”

3 Jaringan Komputer Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer, yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn, mempresentasikan sebuah gagasan besar, yaitu “A Protocol for Packet Network Intercommunication”. Gagasan merupakan cikal-bakal lahirnya protokol Transmission Control Program (TCP). Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. Pada tahun 1982, terbentuklah Transmission Control Protocol atau TCP dan IP. Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finlandia menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC (Internet Relay Chat). Tahun 1990 adalah tahun paling bersejarah. Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah dari satu komputer ke komputer lainnya, yang membentuk jaringan. Program inilah yang disebut www atau World Wide Web.

4 Jaringan Komputer Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node. Merancang Jaringan berdasarkan aliran informasi, cara terbaiknya adalah dengan menganalisis aliran informasi yang sudah ada saat ini dan perkiraan besarnya aliran di masa mendatang. Untuk menganalisis, perhatikan hal-hal berikut : 1.Informasi apa yang dibagi-pakai dalam kantor anda. Ini mencakup bagi-pakai yang langsung terlihat, seperti surat, memo, laporan, yang diakses oleh semua karyawan; dan informasi yang tidak terlihat seperti diskusi antar karyawan (instant messaging).

5 Jaringan Komputer 2. Siapa yang berbagi-pakai informasi. Siapa saja yang saling bertukar informasi, dan mengapa mereka melakukannya. 3. Bagaimana aliran informasi antar individu. Kapan informasi mengalir antar individu, bagaimana arah pergerakan informasi. 4. Dimana informasi disimpan. Berapa lama informasi disimpan dan bagaimana cara pengambilan informasi tersebut. 5. Apa kekurangan sistem yang ada saat ini.

6 Jaringan Peer-to-peer VS Client/Server Peer-to-peerClient/Server Setiap orang bisa terhubung ke jaringan Hanya pengguna yang diijinkan yang bisa mengakses jaringan Tidak ada tempat penyimpanan file terpusat Penyimpanan file terpusat Sekuriti diset oleh setiap penggunaSekuriti diatur secara terpusat di server Setup dan pemeliharaan yang mudah Setup dan pemeliharaan lebih rumit Biaya lebih rendahBiaya cenderung lebih tinggi Tingkat keamanan rendahTingkat keamanan bisa diatur setinggi yang dimungkinkan

7 Jenis Jaringan/Network  Locak Area Netwok (LAN) / Jaringan Area Lokal. sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolahan, dan biasannya tidak jau dari sekitar 1 km persegi.  Metropolitan Area Network (MAN)/Jaringan area Metropolitan Sebuah MAN, biasannya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu : jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya.  Wide area Network (WAN)/Jaringan Area Skala Besar Wide Area Networks (WAN) adalah jaringan yang lingkupnya biasannya sudah menggunakan sarana satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan Bank BNI yang ada di indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain. Menggunakan sarana WAN, sebuah Bank yang ada di Hongkong, hanya dalam beberapa menit. Biasannya WAN agak rumit dan sangat kompleks, menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam Komunikasi Global seperti Internet.

8 Topologi Jaringan Topologi suatu jaringan didasarkan pada cara penghubung sejumlah node atau sentral dalam membentuk suatu sistem jaringan. Topologi jaringan yang umum dipakai adalah : Mess, Bintang (Star), Bus, Tree, dan Cincin (Ring).

9 LOGO Semoga Bermanfaat …….


Download ppt "LOGO Jaringan Komputer Yusrin A. Tosepu, S.Kom., M.I.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google