Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI Pertemuan 2 STTI I-Tech Susana Dwi Yulianti, SKom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI Pertemuan 2 STTI I-Tech Susana Dwi Yulianti, SKom."— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI Pertemuan 2 STTI I-Tech Susana Dwi Yulianti, SKom

2 STRUKTUR DASAR KOMPUTER  Perlengkapan Elektrik yang diperlukan untuk sebuah Sistem Komputer adl: · keyboard · monitor · unit dasar (base unit) · peralatan pendukung · printer · mouse

3 STRUKTUR DASAR KOMPUTER  Unit Dasar / Base Unit  Unit dasar dari system komputer adalah motherboard, yaitu alokasi penempatan dari penyimpanan memory komputer (dikenal sebagai RAM) dan CPU (Central Processing Unit)  RAM menangani program dan data  RAM diukur dalam satuan Megabytes (satu MB = 1 juta karakter).  CPU adalah peralatan yang digunakan untuk menjalankan semua program dan mengolah data. Seperti halnya mesin motor pada mobil, yang mengerjakan semuanya, dan membuat motor dapat berjalan.

4 STRUKTUR DASAR KOMPUTER  Keyboard  Keyboards memungkinkan seorang user untuk memasukkan perintah dan data ke dalam system komputer.  Mouse  Mouse adalah peralatan input yang mempunyai sejumlah tombol.  Perpindahan dengan tangan sepanjang permukaan mouse, akan merubah posisi tampilan pada layar yang merefleksikan perpindahan tersebut.  Tombol pada mouse digunakan untuk memilih item, dan membuat pilihan pada layar.  Printer  Printer digunakan untuk mencetak pada kertas apa yang ditampilkan pada screen atau untuk mencetak data yang dioleh oleh komputer.  Printer ada yang berwarna (color) dan ada yang hitam putih (black and white)

5 STRUKTUR DASAR KOMPUTER  Monitor  Monitor adalah peralatan yang memungkinkan komputer untuk menampilkan informasi balik ke pemakai/user, dalam bentuk teks maupun grafik.  Monitors mempunyai ukuran yang bervariasi, 14", 15", 17" dan lainnya.  Monitor memiliki beberapa variasi bentuk, resolusi screen yang berbeda yang merujuk pada jumlah titik yang bisa ditampung dalam koordinat X dan Y (640 x 480, atau 800 x 600), dan refresh rate, yang menunjukkan berapa kali per detik suatu gambar dapat ditampilkan pada screen (60Hz berarti 60 kali per detik).

6 JENIS-JENIS KOMPUTER  Super Computer  Super Computer didesain secara khusus, dan merupakan suatu mesin yang sangat mahal.  Pertama kali dikembangkan di bidang militer dan pemerintahan.  Mesin ini dapat menganalisa dan memvisualisasikan suatu proses atau fenomena yang tidak terlihat.  Pada bidang bisnis, komputer jenis ini dapat membaca dan mengartikan suatu pola dalam sejumlah data yang besar.

7 JENIS-JENIS KOMPUTER  Mainframe Computer  Komputer yang pertama kali digunakan dalam suatu perusahaan besar disebut mainframe.  Merupakan suatu jenis komputer yang sangat besar dan mahal, dan secara luas digunakan untuk banyak pekerjaan yang ada dalam perusahaan.  Mini Computer  dikembangkan sejak tahun 60-an. Komputer jenis ini digunakan lebih luas daripada mainframe, karena alasan untuk mendapatkan yang tidak lebih mahal dari mainframe, tapi lebih mudah dalam pengoperasian dan pemeliharaan.  Sekarang ini istilah minicomputer disamakan dengan server, karena peran utamanya adalah mengkoordinasi suatu jaringan komputer.

8 JENIS-JENIS KOMPUTER  Personal Computer dan Dumb terminal  dumb terminal adalah komputer-komputer saling terhubung dalam ratusan hingga ribuan terminal dimana seseorang pada terminal tersebut dapat memasukkan dan menampilkan data. Terminal-terminal ini mempunyai keyboard dan layar monitor seperti halnya PC, tapi tidak memiliki kelengkapan komponen seperti halnya PC. Semua data dikirim ke komputer yang terhubung untuk tujuan pengolahan.  Dumb terminalcontohnya digunakan pada Airport untuk mengecek jadwal penerbangan dan memesan tiket.

9 JENIS-JENIS KOMPUTER  Portable Computer  Portable computer adalah ukuran komputer yang lebih kecil sehingga mudah dibawa dengan kemampuan yang sama atau lebih powerful.  Yang termasuk dalam jenis portable computer adalah Notebook, Laptop, dan handheld computer.  Network Computer  Dengan semakin populernya komputasi jaringan, pada saat sekarang nilai biaya dari komputasi dapat direduksi dengan merubah peralatan yang digunakan oleh user.  Perbedaan komputer yang terhubung server dengan dumb terminal adalah bahwa komputer jaringan dapat menjalankan program dan memproses data yang disediakan oleh server.

10 PERALATAN INPUT  Peralatan input memungkinkan pemakai untuk memasukkan informasi (data) ke dalam komputer untuk tujuan ana lisis maupun penyimpanan  Contoh input devices adalah keyboards, scanners, mice, bar-wands, dan layar sentuh (touch screens).  Keyboard  Keyboard berisi sejumlah tombol yang membentuk bermacam fungsi  Pengenal Karakter Optik (Optical Character Recognition)  OCR memungkinkan anda untuk mengkonversi dokumen tercetak ke dalam bentuk teks yang dapat diedit di komputer.  Software OCR mengkonversi teks tercetak ke dalam teks yang dapat diedit dengan membandingkan tiap karakter dengan pustaka dari template karakter.

11 PERALATAN INPUT  Bar Code  Bar code direpresentasikan sebagai data numerik yang dibentuk oleh serangkaian bar (garis).  Garis- garis tersebut memiliki panjang dan ketebalan yang bervariasi.  Contoh : Aplikasi Bar-Code super-markets stock inventory Sistem perpustakaan untuk katalog buku

12 PERALATAN INPUT  Pengenal Suara (Voice Recognition)  Pada sistem pengenalan suara, dapat digunakan mikropon untuk mendiktekan suatu perintah dan teks.  Contoh, untuk mendikte pesan ke dalam spreadsheet dan membacanya kembali untuk tujuan analisis dan menampilkan suatu grafik.

13 PERALATAN INPUT GRAFIS  Hand Scanners  Hand scanner adalah tipe scanner yang paling nyaman digunakan. Hanya dengan menyentuhkan ke image yang akan discan.  Flatbed & Keyboard Scanners  Flatbed scanner adalah salah satu tipe scanner yang paling umum digunakan. Dokumen yang akan di-scan bisa diletakkan pada tempat lembaran berkaca dan kemudian bagian atasnya ditutup. Kemudian scanner akan melakukan scan sepanjang dokumen dan menyimpannya ke dalam memori komputer.  Tipe scanner yang lain adalah keyboard dengan scanner yang dibuat di dalamnya. Dokumen bisa dimasukkan ke dalam slot, kemudian secara otomatis akan di-scan ke dalam komputer.

14 PERALATAN INPUT GRAFIS  Drum Scanners  Drum scanner digunakan pada saat kebut uhan akan resolusi image yang tinggi dan biaya tidak menjadi pertimbangan utama.  Peralatan ini umum digunakan untuk tujuan bisnis dengan hasil image yang berkualitas tinggi yang digunakan secara umum untuk terbitan majalah atau buku.

15 PERALATAN INPUT GRAFIS  Digital Camera  Digital camera adalah kamera yang mengkonversi foto yang ditangkap secara langsung ke dalam digital image dan menyimpannya secara lokal dalam kamera untuk kemudian dapat di-download ke komputer.  Film Scanner  Berfungsi untuk mengkonversi negatif film menjadi format digital.  Dengan menyisipkan slide atau negatif film ke dalam film scanner, Pada saat men-scan negatif film, scanner secara otomatis mengkonversinya ke dalam sebuat gambar yang dapat dicetak.

16 PERALATAN INPUT GRAFIS  Video Camera  Digital video camera belum digunakan secara luas dikarenakan file video umumnya berukuran sangat besar dan hanya beberapa menit gambar video yang bisa disimpan.  Peralatan ini dinamakan frame grabber karena dapat menangkap image dari peraltan video seperti VCR atau kamera.

17 POINTING DEVICES  Mouse  Mouse adalah pointing device yang paling banyak digunakan  Mouse memiliki bola yang berputar pada landasannya.  Trackball  Trackball adalah peralatan semacam mouse, kecuali pada trackball bola berputar yang terletak pada landasan seperti halnya mouse, pada trackball ini diletakkan pada bagian atas sehingga bisa digeser secara langsung dengan jari.  Beberapa model dari trackball didesain untuk diletakkan pada keyboard dari komputer notebook.

18 POINTING DEVICES  Joystick & Track Stick  Joystick digunakan untuk keperluan game/permainan selama bertahun-tahun.  Saat ini ukurannya semakin kecil, semacam pensil yang terletak diantara tombol keyboard.  Pointing device seperti joystick ini biasa didapatkan pada komputer portable, karena komputer jenis ini seringkali digunakan pada tempat seperti pesawat terbang dimana tidak ada permukaan yang cukup untuk meletakkan suatu pointing device lain seperti mouse.

19 POINTING DEVICES  Touch Screen  Touch Screen atau layar sentuh memungkinkan anda untuk menyentuhkan jari tangan pada pilihan tombol, grafik atau label.  Tempat yang disentuh merupakan lokasi dimana suatu pilihan atau perintah akan dieksekusi  Touch screen digunakan secara luas pada kios informasi yang banyak ditemukan di lapangan parkir, airport, dan departement store.

20 PIKSEL DAN RESOLUSI  Monitor, printer dan scanner adalah peralatan berorientasi dot.  Pengaturan dot-dot dinamakan piksel dapat membentuk suatu pola atau karakter.  Dengan membuat dot-dot ini makin kecil dan semakin dekat, maka resolusi dari karakter yang dibentuk semakin tinggi.

21 JENIS – JENIS PRINTER  Dot Matrix Printers  Dot Matrix Printers bekerja dengan cara hentakan. Jenis printer ini sebenarnya menghentakkan tinta diatas karbon untuk membentuk karakter dikertas.  Cara kerjanya yaitu : Didalam kepala printer (printhead) berisi beberapa pin yang bergerak dari kiri ke kanan kertas dalam satu baris untuk waktu tertentu. Semakin banyak pin yang terdapat pada kepala printer maka hasil cetakan semakin bagus yang diberinama Near Letter Quality (NLQ). Adapun jumlah pin yang terdapat pada dot matrix, yaitu : 9-pin, 24-pin, 48-pin. Kecepatan untuk dot matrix printer dalam pencetakan disebut characters per second (cps).

22 JENIS – JENIS PRINTER  Inkjet Printers  Jenis printer ini sering digunakan untuk pencetakan dalam jumlah yang sedikit dan tidak mengutamakan kecepatan, seperti mencetak surat di perkantoran dan di rumah.  Cara kerjanya yaitu : Printer jenis ini bekerja dengan cara menyemprotkan cairan tinta ke kertas. Printhead printer inkjet diberi nama piezoelectric printheads. Kualitas hasil printer diukur dengan dots per inch (dpi) dan kecepatan mencetaknya diukur dengan pages per minute (ppm)

23 JENIS – JENIS PRINTER  Laser Printers  jenis printer yang menghasilkan cetakan yang baik dengan kecepatan tinggi.  Printer ini didesain untuk memberikan hasil yang bagus dalam pencetakan grafik dan photo.

24 JENIS-JENIS MONITOR  Monitor dapat di bagi menjadi 3 kelas, diantaranya :  Monochrome Monitor Monokrom biasanya menampilkan dua warna,warna background dan satu lagi adalah warna foreground. Warna tersebut adalah warna hitam dan putih, hijau dan hitam dan Kuning dan hitam.  Gray-scale Gray Scale monitor adalah jenis special dari monitor monochrome yang dapat menampilkan bayangan ungu yang berbeda.  Color Monitor Color adalah monitor berwarna yang memiliki 16 hingga 1 juta warna yang berbeda. Monitor berwarna ini terkadang disebut monitor RGB karena monitor tersebut dapat menerima 3 sinyal yang berbeda, Merah (Red), Hijau (Green) dan Biru(Blue).

25 JENIS-JENIS MONITOR  Monitor CRT (Cathode Ray Tube)  Pada monitor jenis CRT, layar penampil menggunakan tabung katoda.  Cara kerja: untuk memunculkan tampilan pada monitor adalah dengan cara memancarkan sinar elektron ke suatu titik di layar. Sinar tersebut akan diperkuat untuk menampilkan sisi terang dan diperlemah untuk sisi gelap.  kekurangan dari teknologi CRT adalah diperlukanya teknologi listrik yang cukup besar dan memiliki radiasi elektromagnetik yang cukup kuat.

26 JENIS-JENIS MONITOR  Monitor LCD (Liquid Crystal Display)  Sebuah monitor LCD menggunakan teknologi sejenis kristal liquid yang dapat berpencar  Teknologi yang dihasilkan berupa monitor yang dikenal dengan nama Flat Panel  Display dengan layar berbentuk pipih dan kemampuan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan CRT.  Karena mampunyai bentukyang pipih, monitor jenis flat tersebut menggunakan energi yang kecil dan banyak digunakan pada komputer –Komputer portable  Kelebihan lain dari monitor LCD adalah terdapatnya Brightness ratio yang telah menyentuh angka 350 : 1

27 JENIS-JENIS MONITOR  Monitor Plasma Gas  Monitor berjenis plasma merupakan inovasi baru dari teknologi yang digunakan oleh monitor  Dengan menggabungkan teknologi CRT dan LCD dapat menghasilkan teknologi yang membuat layar dengan ketipisan menyerupai LCD dan sudut pandang yang dapat selebar teknologi CRT  Teknologi plasma gas menggunakan fosfor seperti pada teknologi CRT, tetapi layar pada plasma gas dapat berpencar tanpa adanya bantuan cahaya di belakang layar sehingga energi yang diserap tidak sebesar monitor CRT.  Kontras warna yang dihasilkan pun lebih baik dari monitor CRT

28 JENIS-JENIS MONITOR  Monocrome Display Adapter (MDA)  MDA merupakan suatu adapter video untuk jenis 1 warna (biasanya hijau)  mempunyai resolusi 80 kolom x 25 baris saja,dan hanya dapat mengolah data teks tidak dapat mengolah grafik.  Color Graphics Adapter(CGA)  CGA dikembangkan sejak tahun  CGA mendukung modus grafik dan dapat menampilkan warna,baik pada modus teks ataupun modus grafik.  Resolusi tertinggi 640x200 baris.

29 JENIS-JENIS MONITOR  Hercules Graphics Card (HGC)  HGC merupakan adapter video untuk jenis monitor monochrome.  Adapter ini merupakan penyempurnaan MDA,karena dapat menampilkan grafik.  HGC dirancang oleh Van Suwannukul dari Hercules Computer Technology.  Resolusi tertinggi adalah 720x348 pixel  Enhanced Graphic Adapter (EGA)  EGA merupakan pengembangan dari CGA dengan resolusi dari tata warna yang lebih baik.  Awalnya card EGA IBM memiliki memori 64 Kb,kemudian diperluas menjadi 128 Kb.  Resolusi tertinggi yang dapat ditampilkan adalah 640xx350 pixel,

30 JENIS-JENIS MONITOR  Profesional Graphics Adapter (PGA)  Pada saat yang sama dikeluarkan EGA,IBM memperkenalkan PGA.  PGA memiliki kemampuan untuk menampilkan grafik 3 dimensi.  Resolusi maksimumnya adalah 640x480 pixel.  PGA merupakan adapter khusus untuk aplikasi CAD/CAM.Selanjutnya PGA tidak diproduksi karena harganya mahal dan tergolong lambat.  Multi Color Graphics Array (MCGA)  MCGA merupakan adapter video untuk computer PS/2 model 25 dan 30.  Pada resolusi 320x200 pixel,warna yang dapat ditampilkan adalah 256 warna dari palet warna yang tersedia.  Video Graphics Array (VGA)  VGA dikenalkan tahun 1987,dan sekarang menjadi standar monitor.  Resolusi maksimumnya adalah 720x400 pixel dalam 2 warna sedangkan pada resolusi 640x480 pixel dapat ditampilkan 256 warna.

31 JENIS-JENIS MONITOR  Display Adapter  Adapter ini dibuat untuk PS/2 dan mempunyai resolusi yang lebih tinggi dari VGA  dapat menampilkan 256 warna pada resolusi maksimum 1024x768 pixel pada modus grafik,sedangkan pada modus teks dapat ditampilkan 146 kolom x 51 baris.  Super Video Graphic Array (SVGA)  SVGA pada dasarnya sama dengan 8514,tetapi SVGA biasa disebut pada adapter non IBM.  SVGA dapat digunakan pada PC/XT/AT,bukan untuk PS/2.  Resolusi maksimum SVGA yang umum adalah 1024x768 pixel dengan 256 warna.

32 JENIS-JENIS MONITOR  Extended Graphics Adapter (XGA)  XGA merupakan adapter keluaran terakhir yang memiliki resolusi yang paling tinggi (lebih dari 1024x768 pixel).

33 SELESAI


Download ppt "PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI Pertemuan 2 STTI I-Tech Susana Dwi Yulianti, SKom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google