Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI (A).   Dibayangkan sebagai kumpulan kotak-kotak yang masing dapat menyimpan suatu penggal informasi baik berupa data maupun.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI (A).   Dibayangkan sebagai kumpulan kotak-kotak yang masing dapat menyimpan suatu penggal informasi baik berupa data maupun."— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI (A)

2   Dibayangkan sebagai kumpulan kotak-kotak yang masing dapat menyimpan suatu penggal informasi baik berupa data maupun instruksi. Umumnya 1 byte memory terdiri dari 8 bit dan tiap bit diwakili oleh 1 atau 0. Kombinasi bit dalam1 byte tersebut membentuk suatu kode yang mewakili isi dari lokasi memory. MAIN MEMORY

3  RAM (Random Access Memory)  Merupakan memori yang dapat diisi dan diambil isinya oleh programmer. Struktur dari RAM, dibagi menjadi :  Input Storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan lewat alat input  Program Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi program yang akan diproses  Working Storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil dari pengolahan  Output Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output Main memory terdiri dari

4  ROM (Read Only Memory)  Memori ini hanya dapat dibaca saja. Isi ROM sudah diisi oleh pabrik, seperti program untuk mengatur penampilan karakter, pengisian tombol kunci dan bootstrap program.  ROM bersifat non volatile Main memory terdiri dari

5   PROM (Programmable Read Only Memory), yaitu ROM yang dapat diprogram sekali saja dan tidak dapat diubah kembali  EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory), yaitu ROM yang dapat dihapus dengan sinar ultra violet serta dapat diprogram kembali berulang-ulang  EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), yaitu ROM yang dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali Jenis – Jenis ROM

6  JENIS-JENIS MAIN MEMORY Vacuum Tubes  Komputer generasi pertama ENIAC tahun 1946 menggunakan komponen tabung hampa udara untuk main memory. Memori ini relatif berukuran besar dan tiap-tiap tabung hampa udara mewakili 1 bit Magnetic Core Storage  Digunakan sekitar tahun 1960 – Terdiri dari ribuan cincin magnetik kecil berukuran 18 mm dengan lubang berdiameter 10 mm. Tiap- tiap core dihubungkan dengan kabel kawat membentuk suatu bidang core ( core plane ) dan ditumpuk membentuk suatu core stack.

7  JENIS-JENIS MAIN MEMORY Planar Thin-Film Storage  Terbuat dari lempengan tipis keramik atau metal tembus pandang yang berisi kumpulan besi nikel berbentuk empat persegi panjang kecil dihubungkan dengan kabel-kabel.

8  JENIS-JENIS MAIN MEMORY Semiconductor Storage  Mulai banyak digunakan sejak tahun 1970-an hingga sekarang.Terbuat dari VLSI ( Very Large Scale Integration ) yaitu meletakkan sejumlah besar circuit ke dalam suatu chip. Teknologi yang digunakan adalah MOS ( Metal Oxide Semiconductor ) dan bersifat volatile.

9  JENIS-JENIS MAIN MEMORY Josephson Junction  Diciptakan oleh Brian Josephson dari Inggris. Merupakan memori yang dapat melakukan switch dari bit 1 ke bit 0 atau sebaliknya dengan kecepatan yang tinggi, yaitu kurang dari sepertriliun detik. Menggunakan suatu tempat tertutup yang berisi helium cair dengan suhu sekitar -200 derajat celcius.

10  JENIS-JENIS MAIN MEMORY Charged-Coupled Device (CCD)  Merupakan memori yang terdiri dari ribuan metal bujur sangkar berukuran kecil yang masing-masing dapat menyimpan informasi digit binari dalam bentuk beban elektronik ( electric charge )

11  BUS  Disebut juga pathway, merupakan suatu sirkuit yang merupakan jalur transportasi informasi antara dua atau lebih alat-alat dalam sistem komputer. Jenis-jenis bus :  Data bus, yaitu bus yang digunakan untuk jalur transportasi data dan instruksi  Address bus, yaitu bus yang digunakan untuk jalur transportasi untuk alamat di main memory untuk data atau instruksi yang akan diambil atau direkam  Control bus, yaitu bus yang digunakan untuk mengirimkan signal sebagai pemberitahuan akan dikirimkan suatu informasi atau telah diterimanya informasi yang dikirimkan dari satu alat ke alat yang lain HUBUNGAN ANTARA CPU DENGAN MAIN MEMORY DAN ALAT-ALAT I/O

12

13  Didalam internal bus, hubungan antara CPU dengan main memory melalui data bus yang dihubungkan dengan memory data register (MDR), address bus yang dihubungkan dengan memory address register (MAR) dan control bus yang dihubungkan dengan control unit.


Download ppt "PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI (A).   Dibayangkan sebagai kumpulan kotak-kotak yang masing dapat menyimpan suatu penggal informasi baik berupa data maupun."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google