Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RUANG LINGKUP ASURANSI Minggu ke-3. Definisi Asuransi Berdasarkan aspek finansial dan aspek legal. “Asuransi”, adalah pengaturan finansial yang meredistribusikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RUANG LINGKUP ASURANSI Minggu ke-3. Definisi Asuransi Berdasarkan aspek finansial dan aspek legal. “Asuransi”, adalah pengaturan finansial yang meredistribusikan."— Transcript presentasi:

1 RUANG LINGKUP ASURANSI Minggu ke-3

2 Definisi Asuransi Berdasarkan aspek finansial dan aspek legal. “Asuransi”, adalah pengaturan finansial yang meredistribusikan biaya dari kerugian yang tidak diharapkan. “Asuransi”, adalah pengaturan kontraktual pada satu pihak bersedia untuk mengganti kerugian pihak lainnya.

3 Unsur-Unsur Asuransi 1.Tertanggung, adalah pihak yang berhak atas penggantian kerugian. 2.Penanggung, adalah pihak yang berkewajiban mengganti kerugian. 3.Premi, adalah pembayaran yang diterima pihak penanggung. 4.Polis, adalah kontrak asuransi. 5.Eksposur kerugian, adalah kerugian yang ditanggung.

4 Konsep Dasar 1.Kerugian, adalah penurunan nilai ekonomis yang tidak diinginkan dan tidak direncanakan. 2.Kemungkinan kerugian, adalah probabilitas kerugian yaitu jumlah kerugian aktual atau diperkirakan terjadi dibagi dengan jumlah eksposur kerugian. 3.Bahaya dan ancaman, asuransi memberikan perlindungan finansial terhadap kerugian disebabkan oleh bahaya (peril), kecuali dalam asuransi jiwa. 4.Sebab terdekat (proximate cause), adalah sebab (peril) pertama dalam serangkaian peristiwa yang mengakibatkan kerugian.

5 Risiko Risiko adalah berbagai macam kemungkinan hasil dari suatu peristiwa yang dilandasi atas kemungkinan. Definisi lain menyebutkan’ Risiko adalah ketidakpastian mengenai kemungkinan kerugian.

6 Aspek-Aspek Risiko 1.Risiko Subyektif, menyangkut persepsi individu. 2.Risiko Obyektif, diukur dengan kemungkinan kerugian yang aktual. 3.Risiko Murni, menyangkut situasi yang dapat mengakibatkan kerugian atau tidak terjadi kerugian. 4.Risiko Spekulatif, menghasilkan tiga kemungkinan, yaitu rugi, impas dan untung.

7 Dasar Matematika Asuransi Penurunan risiko didasarkan atas prinsip matematis yang disebut hukum bilangan besar (the law of the large number). Mekanisme Asuransi, hukum bilangan besar menunjukkan bahwa semakin besar jumlah eksposur di pool, semakin besar kemungkinan perkiraan kerugian akan terjadi.

8 Contoh: pemilik rumah dengan harga rata-rata Rp. 80 juta membentuk pool asuransi untuk melindungi diri terhadap kerugian dari kebakaran. Menurut statistik, kebakaran menyebabkan kerugian setiap tahun sebesar 1% dari nilai rumah. Maka perkiraan kerugian bagi pool adalah sebesar 0,001 X Rp. 80 juta X = Rp. 800 juta setahun. Disebut Uang Pertanggungan (UP) Sedangkan biaya bagi masing-masing anggota pool adalah Rp. 800 juta : = Rp setahun. Disebut biaya asuransi (Premi)

9 Penghitungan Premi Premi Asuransi Unsur-unsur yang menentukan tingkat premi: 1.Perkiraan biaya kerugian. 2.Biaya operasi dan administrasi. 3.Cadangan untuk kerugian. 4.Penghasilan investasi dari premi bayar dimuka Biaya Pembayaran Kerugian Biaya Operasi Administrasi Cadangan Kerugian Tak Terduga Penghasilan Investasi = ++-

10 Beban dan Manfaat Sistem Asuransi Beban yang ditanggung masyarakat atas perlindungan dengan sejumlah pembayaran berupa premi. Manfaat asuransi bagi: 1.Keluarga 2.Perusahaan 3.Kreditur 4.Ekonomis 5.Investor


Download ppt "RUANG LINGKUP ASURANSI Minggu ke-3. Definisi Asuransi Berdasarkan aspek finansial dan aspek legal. “Asuransi”, adalah pengaturan finansial yang meredistribusikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google