Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Manusia disebut makhluk sosial (homo socius) karena dalam kehidupannya manusia membutuhkan satu sama lain. Ciri-ciri: a. Selalu membutuhkan pertolongan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Manusia disebut makhluk sosial (homo socius) karena dalam kehidupannya manusia membutuhkan satu sama lain. Ciri-ciri: a. Selalu membutuhkan pertolongan."— Transcript presentasi:

1

2 Manusia disebut makhluk sosial (homo socius) karena dalam kehidupannya manusia membutuhkan satu sama lain. Ciri-ciri: a. Selalu membutuhkan pertolongan orang lain b. Memiliki naluri untuk selalu hidup bersama (gregariousness) c. Selalu melakukan interaksi dalam kehidupannya d. Menginginkan kerjasama dan saling membantu

3  Sikap yang harus dilakukan manusia sebagai makhluk sosial yang bermoral: a. Bertoleransi dengan lingkungan sekitar b. Menjunjung tinggi nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat c. Tidak membeda-bedakan ras dan suku d. Mengutamakan kepentingan umum

4 Setiap manusia berusaha untuk meningkatkan kehidupannya, mencari kepuasan dan kesejahteraan dengan mempertimbangkan pengorbanan yang harus dilakukan maka disebut juga makhluk ekonomi (homo economicus).

5 Manusia sebagai makhluk ekonomi dalam bertindak ekonomi setidaknya memiliki empat aspek: 1. Rasionalitas (akal sehat) rasionalitas adalah kemampuan manusia untukberpikir dan mengambil keputusan dengan akal sehat. Dengan menggunakan akal sehat manusia dapat membandingkan jumlah pengeluaran dengan jumlah pemasukan.

6 2. Kepentingan pribadi manusia mempunyai kepentingan pribadi yang harus dipenuhi tetapi ada pula kepentingan lain yang bersifat sosial.

7 3. Moral Manusia harus berpegang teguh dengan norma dan hukum yang berlaku. Misal: penjual sembako harus bertindak jujur dalam melayani pembeli yaitu dengan menimbang barang sesuai permintaan tanpa dikurangi secara diam-diam.

8 4. Informasi Informasi yang lengkap dan akurat dibutuhan agar manusia dapat menentukan pilihan yang tepat dan bernilai guna besar.

9  Kemajuan IPTEK Dengan kemajuan IPTEK maka akan tercipta penemuan dan produk baru. Dengan produk baru itu akan mempengaruhi seseorang untuk memiliki.

10 . Faktor penghasilan Tingkat penghasilan seseorang dipengaruhi dengan besar kecilnya pendapatan. Semakin besar penghasilan seseorang maka akan semakin besar tingkat kebutuhannya.

11  Faktor status sosial Status mempengaruhi harga diri seseorang dengan cara memenuhi segala kebutuhan hidupnya.

12 . Faktor perbedaan selera Seseorang yang memiliki selera tinggi dengan barang-barang mewah akan berusaha mendapatkan dengan segala cara. Berbeda dengan seseorang yang memilih hidup sederhana.

13 1. Kebutuhan Manusia berdasarkan intensitasnya atau tingkat kepentingannya a) Kebutuhan primer  kebutuhan yang harus dipenuhi meliputi makanan, pakaian, perumahan, kesehatan dan pendidikan. b) Kebutuhan sekunder  kebutuhan yang dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi meliputi alat-alat rumah tangga, televisi, sepeda dan lain-lain.

14 c. Kebutuhan tersier  kebutuhan akan barang- barang mewah setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi meliputi mobil mewah, perhiasan mewah dan sebagainya.

15 2. Kebutuhan manusia menurut bentuk dan sifatnya a) Kebutuhan Jasmani  kebutuhan yang berhubungan dengan pemenuhan fisik manusia, meliputi makanan sehat, olahraga teratur, kosmetik dan lain-lain. b) Kebutuhan Rohani  adalah kebutuhan yang berkaitan dengan kejiwaan dalam diri seseorang, meliputi: ibadah, siraman rohani, rekreasi dan pengetahuan.

16 3. Kebutuhan menurut subyeknya a) Kebutuhan individu  kebutuhan yang diperlukan oleh masing-masing orang berdasar latar belakang masing- masing. b) Kebutuhan kelompok  kebutuhan yang diperlukan oleh sekelompok orang secara bersama-sama. Misalnya fasilitas umum, jalan, terminal, rumah sakit, rumah ibadah.

17 4. Kebutuhan menurut waktunya a) Kebutuhan sekarang  Kebutuhan yang harus dipenuhi saat ini, contoh: obat saat kita sakit, makan saat lapar. b) Kebutuhan masa depan  kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan pada masa yang akan datang. Contoh: menabung dan asuransi.

18 Ingat: Kalian sebagai seorang pelajar yang kebutuhan kalian masih dipenuhi oleh orang tua, kalian harus bisa menentukan kebutuhan mana yang menjadi prioritas agar orang tua kalian tidak terbebani.

19 SUMBER DAYA SUMBER DAYA ALAM SUMBER DAYA MODAL SUMBER DAYA MANUSIA Permasalahan ekonomi terjadi karena kebutuhan manusia tidak terbatas sedangkan sumber daya yang tersedia terbatas jumlahnya!

20 Sumber daya alam adalah kekayaan yang tersedia di alam dan dapat dimanfaatkan oleh manusia.

21 SUMBER DAYA MANUSIA = tenaga kerja Tenaga kerja terdidik dan terlatih (skilled labour) Contoh:? Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih (serabutan) Contoh:? Tenaga kerja terlatih (trained labour) Contoh:? Kalian dipersiapkan untuk menjadi tenaga kerja terdidik dan terlatih!

22 Modal merupakan sumber daya buatan manusia yang digunakan untuk membantu proses produksi. Semakin besar usaha semakin besar modalnya. SUMBER DAYA MODAL (capital) uang barang peralatan Mesin-mesin

23 Adam Smith dalam bukunya yang berjudul The Theory of Moral Sentiments menganggap manusia sebagai makhluk yang mengutamakan kepentingan pribadi, tetapi mampu menggunakan pertimbangan moral atas dasar berbagai hal selain kepentingan dirinya sendiri.

24 Terima kasih ^_^ With Love,-


Download ppt "Manusia disebut makhluk sosial (homo socius) karena dalam kehidupannya manusia membutuhkan satu sama lain. Ciri-ciri: a. Selalu membutuhkan pertolongan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google