Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 NAMA KELOMPOK  Iie Kurniasih (021110044 )  Siti Nuraini ( 021110002 )  Yulanda (021110042)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " NAMA KELOMPOK  Iie Kurniasih (021110044 )  Siti Nuraini ( 021110002 )  Yulanda (021110042)"— Transcript presentasi:

1

2  NAMA KELOMPOK  Iie Kurniasih ( )  Siti Nuraini ( )  Yulanda ( )

3  Tujuan belajar  Memahami Kelebihan Dan Kelemahan Penyusunan Halaman Web Menggunakan Editor Text Notepad.  Mampu Membuat Halaman Web Dasar  Mengetahui Bagaimana Mengontrol Format Kata-kata Dan Halaman Web.  Mengetahui Bagaimana Cara Membuat Gambar,table, Pada Sebuah Halaman Web

4 PENDAHULUAN  Proyek ini akan menunjukan bagaimana cara menggunakan editor notepad untuk membuat suatu halaman web. Dan juga dapat membuat halaman web yang sama, tujuannya untuk membandingkan dua pendekatan yang berbeda. Dan proyek ini dapat memahami perbedaan antara menggunakan font page dengan notepad untuk membuat halaman web. Dan memberikan tekhnik serta konsep yang dibutuhkan untuk membuat halaman web di notepad.

5 Mengenal HTML (hyper text mark up language) Mengenal HTML (hyper text mark up language)  HTML merupakan singkatan dari hyper text mark up language yang berfungsi untuk menampilkan informasi yang akan kita tampilkan ke dalam website atau halaman web kita. HTML dapat menampilkan informasi dalam bentuk hyper text.

6 Sejarah dan Dasar-dasar HTML (Hypertext Markup Language) Sejarah dan Dasar-dasar HTML (Hypertext Markup Language) menurut kevin claudio  HTML (Hypertext Markup Language) merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat website. Menggunakan tag untuk mendeklarasikan sesuatu dan tag tersebut tidak ditampilkan tetapi tag tersebut memberi tahu browser bagaimana cara menampilkan dokumen website. Serta dapat saling berhubungan dengan dokumen HTML lain yang dikenal dengan istilah link, dan diantaranya yaitu :

7  Contoh halaman web disini adalah penjelasan tentang produk untuk sebuah restoran pizza sehingga seseorang yang melihat internet dapat melihat apa yang ditawarkan oleh restoran tersebut. Contoh ini berisikan standar fitur web yang tampil pada hampir semua halaman web,yaitu daftar,gambar,link, dan tabel. Contohnya dengan nama perusahaan “University Pizza” yang ditampilkan secara jelas di bagian tengah atas halaman web dengan huruf merah besar.yang diikuti penandaan sebelum masing-masing lokasi.

8 Bagian-Bagian Dari Dokumen HTML  Dokumen Html terdiri atas 2 bagian. Bagian “kepala” memberikan informasi mengenal peranti lunak browser (penjelajah)web.  Bagian “tubuh” memberitahukan apa yang akan dilihat oleh pengguna di layar. Informasi pada bagian kepala mencangkup judul halaman web. Judul ini ditampilkan paling atas pada baris biru di browser web. Kata kunci yang akan berguna dalam pencarian web.

9  Dan bagian “tubuh” berisikan bagian yang sebagian besar orang kira merupakan halaman web, gambar,tabel,daftar,dan link. Pada bagian tubuh tertulis perintah-perintah Html. (yang diwakili kata-kata dalam kurung). Serta teks dan gambar yang akan ditampilkan dalam web. Dan tersedia Html yang berguna.2k Comunications memberikan serangkaian tutorial dan intruksi Html.(www.2kweb.net/html tutorial), w3Schools(www.w3SCHOOLS.COM/HTML)www.2kweb.net/htmlwww.w3SCHOOLS.COM/HTML

10 Membuat Dokumen Notepad  Mulailah mem dan buka notepad dan membuat dokumen notepad.  Klik perintah “start” dan pilihlah sub perintah “Programs”, maka program notepad akan muncul dalam daftar.  Atau mengklik subperintah “Accessories” sebelum pilihan notepad muncul.

11  Dalam membuat tabel di Html memang sederhana, tapi membutuhkan banyak ketelitian. Bukan saja menentukan awal dan akhir pada tabel, tetapi juga masing-masing baris dan masing” data data. Jika perintah bertuliskan “ ” akan menghasilkan garis tebal di sekeliling masing- masing sel.

12 Dokumen notepad untuk membuat contoh halaman web

13 Hyperlink yang kedua adalah situs web fiktif.Frase”Link To My School” yang ditampilkan kepada pengguna. Link yang terakhir adalah referensi hyperlink ke suatu tempat halaman web.

14 Langkah –Langkah Cara Menyimpan Doc.HTML  a. Klik Start-Program-Accessoris-Notepad  b. Setelah berada pada editor notepad lengkapi struktur umum HTML yang ada di jawaban soal no 3  c. simpan file tersebut dengan cara, klik menu File-Save as (pada kolom file name beri nama file, sedangkan pada kolom save as type cari dan klik all file)-save  d. untuk membukanya, aktifkan internet explorer lalu tekan tombol F5 pada keyboard

15 Melihat halaman web  Setelah halaman web disimpan, anda dapat melihatnya untuk memeriksa apakah halaman tersebut bekerja dengan baik. Dan tidak perlu menutup program notepad. Bukalah browser web dan pilihlah subperintah “file” diikuti subperintah “open”ketikan nama “file” untuk menemukan klik OK.maka halaman web anda akan muncul pada browser lain.

16 Figur 3.4 jenis dan pengkodean “save as”

17 Kelebihan dan kelemahan pengguna notepad  Kelemahan membuat halaman web dengan editor teks seperti notepad adalah keharusan untuk mempelajari perintah-perintah HTML dan proses pembuatan kode HTML. Meskipun sederhana pengkodean di notepad memakan banyak waktu. Tetapi ada dua keuntungan membuat kode notepad yaitu kode yang dibuat efesien, dan manajer dapat lebih memahami bagaimana halaman web bekerja.

18 Jenis kelebihan dan kelemahan notepad

19 Langkah-Langkah pembuatannya adalah sebagai berikut : 1. Dalam pembuatan file HTML, kita harus mengawalinya dengan tag dan diakhiri dengan tag.

20  2. Setelah diawali dengan tag, lalu kita tuliskan tag yang mana tag ini menandakan bahwa teks beserta tag-tag pengaturannya yang berada didalam tag ini akan menjadi bagian “kepala” dari file HTML yang akan kita buat. Dan jangan lupa tag ini diakhiri dengan tag.

21  3. Dalam pemecahan masalah yang saya buat disini, didalam tag letakkan tag yang berguna menampilkan nama homepage atau apapun teks yang kita letakkan didalam tag ini sehingga akan terlihat di bagian Titlebar browser sebagai berikut :  Dan jangan lupa mengakhiri tag ini dengan tag.

22 4. Berikutnya adalah membuat bagian “tubuh” file HTML yang akan kita buat. Dalam membuat bagian ini menggunakan tag sebagai tag pembukanya dan diakhiri dengan tag sebagai penutupnya.

23  5. Dalam pemecahan masalah yang saya buat disini, didalam tag saya gunakan tag yang berguna untuk pembuatan paragraph. Dalam container tag ini saya letakkan komentar untuk pengaturan perataan paragraph yaitu tag ALIGN dan diikuti dengan “CENTER” sebagai pengaturannya untuk perataan tengah.

24  6. Kemudian di dalam tag juga menambahkan tag untuk pengaturan font dan saya menambahkan komentar yang berupa tag FACE untuk mengatur bentuk font yang diinginkan dan diikuti dengan “TAHOMA” sebagai bentuk huruf yang sesuai dengan masalah. Lalu ketik teks yang akan kita tampilkan dalam homepage kita setelah tag dan diakhiri dengan tag dan saya tambah tag sebelum dan sesudah teks tadi saya tambah tag agar teks tersebut tertampil dengan berhuruf tebal (bold). Tag yang saya tulis diawal tadi harus juga diakhiri dengan tag.

25  Hasil dari langkah 5 dan 6 akan terlihat sebagai berikut :

26  Catatan Penting :  Dalam mengetikan nama file HTML anda, harus menggunakan huruf kecil dan jangan menggunakan spasi.  Jika ada kata terpisah dalam memberi nama file, sebaiknya menggunakan tanda strip,atau strip bawah  Setiap membuat halaman Web pertama kali, simpanlah file tersebut dengan nama “index.html” selanjutnya bisa memakai nama lain sesuai keinginan anda seperti “about-me.html” atau “contact_us.html”.  Sebaiknya gunakan Notpad, karena akan memudahkan anda meng Edit lebih cepat tag-tag HTML daripada Notepad biasa.

27 Elemen HTML  Dokumen HTML disusun oleh elemen-elemen atau komponen dasar HTML. Untuk menandai berbagai elemen dalam suatu dokumen HTML, digunakan tag. Tag adalah kode yang digunakan untuk me-mark-up (memoles) teks ASCII. Setiap tag memiliki fungsi sendiri dan selalu diawali dengan tanda ' '. Pada umumnya sebuah tag mempunyai pasangan penutup, gunanya agar teks ASCII yang dipoles dapat diketahui batas-batasnya. Tag penutup selalu diawali dengan tanda ''. Format penulisannya adalah sebagai berikut :

28  HTML dan hal-hal yang berkaitan dengan website distandarisasi oleh sebuah badan yang disebut World Wide Web Consortium (W3C). Standard terbaru, konsep dan proposal mengenai starndarisasi web dapat dilihat di Standar untuk HTML terbaru adalah HTML 4.0 yang telah didukung oleh bermacam-macam browser seperti Microsoft Internet Explorer, NetsHTML dibuat oleh Tim Berners-Lee ketika masih bekerja untuk CERN dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic.

29 Mendesain HTML dapat dilakukan dengan dua cara:  1. Menggunakan HTML Editor, seperti Microsoft FrontPage, Adobe Dreamweaver, dan lain-lain. Kalian juga dapat menggunakan Editor NotePad yang telah tersedia di windows komputer kalian.  2. Dengan cara menuliskan sendiri secara manual satu persatu tag-tag HTML ke dalam dokumen HTML.

30 Daftar Pustaka McLeod,Jr,Raymond ; Schell George P sistem informasi manajemen edisi sepuluh.jakarta:salemba empat

31 Sekian presentasi dari proyek 3 Terima kasih


Download ppt " NAMA KELOMPOK  Iie Kurniasih (021110044 )  Siti Nuraini ( 021110002 )  Yulanda (021110042)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google