Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Interaksi Manusia & Komputer SUPPORTED COOPERATIVE WORK XIII / 1 XIII I. II. Tujuan Instruksional khusus Mahasiswa dapat mengerti dan memahami system pendukung.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Interaksi Manusia & Komputer SUPPORTED COOPERATIVE WORK XIII / 1 XIII I. II. Tujuan Instruksional khusus Mahasiswa dapat mengerti dan memahami system pendukung."— Transcript presentasi:

1 Interaksi Manusia & Komputer SUPPORTED COOPERATIVE WORK XIII / 1 XIII I. II. Tujuan Instruksional khusus Mahasiswa dapat mengerti dan memahami system pendukung pada cooperative work Daftar Materi Pembahasan Tujuan Kerja Sama Asinkron Tersebar: Tempat dan Waktu Berbeda Sinkron Tersebar: Tempat Berbeda, Waktu Sama Tatap Muka: Tempat dan Waktu Sama Penerapan CSCW pada Pendidikan Teknik Informatika http://www.mercubuana.ac.id http://www.mercubuana.ac.id FTI UMB

2 Waktu samaWaktu berbeda Tempat sama Tatap muka (ruang kelas, ruang rapat) Interaksi asinkron (penjadualan proyek, alat bantu koordinasi) Tempat berbedaSinkron tersebar (Shared editors, video windows) Asinkron tersebar (e-mail, bulletin boards, konferensi) Interaksi Manusia & KomputerXIII / 3 konsensus melalui konferensi, debat, dan pemungutan suara online. Matriks waktu ruang untuk mengelompokkan system kerja sama (Ellis et al. 1991) AT&T teaching theater, Office of information Technology at The University of Maryland Asinkron Tersebar: Tempat dan Waktu Berbeda ·Email (electronic mail) ···· Sifat; strukturterialu bebas, terlalu membuat kewalahan, dan transien. Tools: - Teknik Informatika Filtering (Message rules pada Microsoft Outlook Express). http://www.mercubuana.ac.id FTI UMB

3 Interaksi Manusia & Komputer http://www.mercubuana.ac.id http://www.mercubuana.ac.id XIII / 5 bersama, membuat dokumen bersama, rnendukung kerja sama tim yang fleksibel. Contoh; TeamRooms, SEPIA. ······ Shared screen: Melihat layar dan mengoperasikan sistem yang sama. Contoh: Timbuktu, PC Anywhere, Windows XP, Remote Assistance. Interactive game networks: Bermain game yang sama melalui jaringan. Contoh: StarCraft, WarCraft, Counter Strike. Chat: Diskusi melalui antarmuka teks. Contoh: IRC, ICQ. ·Videoconferencing&teleconferencing:Konferensireal-timedengan kemampuan audio dan video. Contoh: NetMeeting, CU- SeeMe, Polycom DTVC products (dulu PictureTel). Teknik InformatikaFTI UMB


Download ppt "Interaksi Manusia & Komputer SUPPORTED COOPERATIVE WORK XIII / 1 XIII I. II. Tujuan Instruksional khusus Mahasiswa dapat mengerti dan memahami system pendukung."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google