Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DATABASE (BASIS DATA) By : Randy Permana, S.Kom. Pengenalan Basis Data Apa yang dimaksud dengan data ?? - Informasi - Berkas-berkas Data adalah : Merupakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DATABASE (BASIS DATA) By : Randy Permana, S.Kom. Pengenalan Basis Data Apa yang dimaksud dengan data ?? - Informasi - Berkas-berkas Data adalah : Merupakan."— Transcript presentasi:

1 DATABASE (BASIS DATA) By : Randy Permana, S.Kom

2 Pengenalan Basis Data Apa yang dimaksud dengan data ?? - Informasi - Berkas-berkas Data adalah : Merupakan suatu nilai, variabel, ataupun kalimat yang diperoleh berdasarkan fakta yang ada dan belum diproses atau diolah.

3 Pernahkan anda memiliki dengan data ?? Contoh – contoh data : - Informasi KTP - Infomasi Keanggotaan - Nomor handphone - Harga suatu produk - File – file di dalam PC / Komputer - Dll.

4 Data dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan informasi dari pihak yang membutuhkan informasi. Kapankah data- data tersebut dibutuhkan ? Seberapa banyak-kah jumlah dari data- data tersebut? Kita tidak dapat memastikan kapan akan membutuhkan data, dan seberapa banyak data yang akan kita butuhkan… Berdasarkan hal tersebut maka dibutuhkanlah Basis Data.

5  Ada beberapa pendapat para ahli : Stephens dan Plew (2000) : Basis data adalah mekanisme yang dugunakan untuk menyimpan informasi atau data. Mc Leod, dkk.(2001) : basis data adalah kumpulan seluruh sumber daya berbasis komputer milik organisasi. Dapat disimpulkan basis data dalah himpunan kelompok data ( arsip) yang saling berhubungan yang diorganisasi sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah.

6 Pegawai Persamaan BASIS DATA dan lemari arsip : pembelian ProduksiPenjualan Prinsip utama basis data adalah pengaturan data / arsip, dimana tujuannya adalah kecepatan dan kemudahan di dalam pengambilan kembali data/ arsip.

7 a. Hardware ( Perangkat Keras) meliputi : - komputer ( stand alone atau lebih ) - Memori sekunder yang online(harddisk ) - Memory sekunder yang off-line (tape atau removable media ) untuk keperluan backup - Media komunikasi / jairngan komputer b. Sistem operasi komputer stand alone ( MS-DOS, MS- Windows, Linux) Komputer client ( Netware, MS-windows Server, Unix, linux) c. Basis Data sistem basis data dapat memiliki beberapa basis data yang terdiri atas objek seperti tabel, indeks,dll) dan definisi struktur database.

8 d. Sistem Pengelola Basis Data ( Database Management System) Pengelolaan basis data ditangani oleh perangkat lunak /software yang akan menentukan bagaimana data diorganisir, disimpan, diubah dan diambil kembali. Contoh software : MS-Sql Server, oracle Database, MySql, IBM, Sybase. e. Pemakai ( user) Ada 4 jenis / type user : 1. Programmer aplikasi 2. User Mahir 3. User Umum 4. User Khusus f. 3 rd software ( perangkat lunak pihak ke tiga) digunakan oleh pengguna akhir untuk mengelola kontent ( isi ) dari suatu database.

9 Perbankan: informasi pelanggan, rekening, peminjaman, dan transaksi perbankan. Penerbangan : informasi, calon penumpang pemesanan dan jadwal. Universitas : informasi mahasiswa, pendaftaran kuliah, dan nilai Transaksi kartu kredit : pembelian dan tagihan bulanan Bagaimana dengan Telekomunikasi, keuangan, dept store, rumah sakit dan perusahaan ???

10 A. Sistem File Personalia Penjualan Akunting pelanggan Penjualaninventaris rekening pegawai

11  Sistem Basis Data DBMS BASIS DATA Pegawai Pelanggan Penjualan Inventaris Rekening

12 Merupakan perangkat lunak yang di desain untuk memelihara dan memanajemen database. Jika database diibaratkan sebagi file kabinet penyimpanan data, maka DBMS dapat diibaratkan sebagai manusia yang mengatur dan mengelola file kabinet tersebut.

13 1. Menghindari terjadinya pengulangan data 2. Mencapai indenpendensi data 3. Mengintegrasikan data beberapa file 4. Mengambil data dan informasi dengan cepat. 5. Meningkatkan keamanan.

14 1. Memperoleh perangkat lunak yang mahal 2. Memperoleh perangkat keras yang besar 3. Mempekerjakan dan mempertahankan seorang DBA ( database Administrator ).

15

16 Di dalam mengakses database dibutuhkan suatu bahasa yang disebut dengan SQL ( Structured Query Langguage ). SQL atau query di perkenalkan oleh ISO ( International Standards Organitation) SQL Hasil Request Client Database

17 DML ( Data Manipulation Langguage ) Merupakan bahasa yang memungkinkan user ( pengguna ) di dalam mengakses atau memanipulasi data didalam database. manipulasi data : 1. Pengambilan data di dalam basis data 2. Penempatan informasi baru di dalam basis data 3. Penghapusan data / informasi di dalam basis data. 4. Modifikasi informasi yang disimpan di dalam basis data.

18 Contoh : SELECT nama, nip,alamat FROM info_prib; Hasil :

19 DDL ( Data definition Langguage ) Skema basis data ditentukan oleh sekumpulan definisi yang dinyatakan dengan bahasa DDL ( Data Definition Langguage ) Contoh : CREATE Database Toko;

20  Seperti definisi yang telah dijelaskan di atas, DDL adalah kumpulan perintah SQL yang digunakan untuk membuat (create), mengubah (alter) dan menghapus (drop) struktur dan definisi tipe data dari objek-objek database.  Objek-objek database pada yang dimaksud adalah sebagai berikut :  Database  Table  View  Index  Procedure (Stored Procedure)  Function  Trigger

21 1. Model Database File Perusahaan menyimpan data di komputer dalam bentuk file. Database file tersusun atas satu atau lebih file dan disimpan dalam format teks. Informasi dalam file-file teks disimpan sebagai field. Field merupakan data terkecil yang memiliki makna.

22 Terdapat 2 metode sistem database file : a. File dengan panjang field tetap 1234 Wahana Komputer Administrasi Sistem Linux 5678 Doni Ariyus Kamus Hacker 4321 Wahana Komputer Tip dan trik Meningkatkan PC 8765 Agfianto Eko Putra Penafis Aktif Elektronika b. File dengan panjang field yang berubah 1234:Wahana Komputer :Administrasi Sistem Linux 5678:Doni Ariyus :Kamus Hacker 4321:Wahana Komputer :Tip dan trik Meningkatkan PC 8765:Agfianto Eko Putra :Penafis Aktif Elektronika

23 Kekurangan Database File : - File tidak menyediakan struktur dimana data mudah dihubungkan. - Mengatur data secara efektif dan memastikan akurasi merupakan hal yang sulit. - Pengguna perlu menyimpan data secara berulang sehingga menyebabkan lebih banyak pekerjaan untuk merawat data secara akurat. - Lokasi fisik field data pada file harus diketahui. - Program harus dibuat untuk mengatur data.

24 2. Database Hierarki Setingkat di atas database file karena mampu membuat dan merawat hubungan antar kelompok. Penerbit Pengarang Toko Buku JudulDaftar Buku Pesanan Tabel akar / tabel orang tua Tabel anak Tabel anak level sebelumnya

25 Keuntungan database hierarki : - Data dapat diambil secara cepat - Integritas data lebih mudah diatur Kekurangan : - Pengguna harus memahami struktur basis datanya. - Terjadi perulangan data.

26 3. Database Jaringan Merupakan peningkatan dari database hierarki. Keuntungan dari database ini adalah kemampuan tabel orang tua untuk berbagi hubungan ( relasi ) dengan tabel anak. Penerbit Pengarang Toko Buku JudulDaftar Buku Pesanan Berbagi tabel anak

27 Kelebihan database jaringan : - Data dapat diakses dengan cepat - Pengguna dapat mengakses data dari sembarang database. - Pengguna lebih mudah membuat model database yang lebih komplek. - Pengguna lebih mudah membuat query yang lebih komplek untuk mengambil data. Kekurangan model database jaringan adalah : - Struktur database tidak mudah - Perubahan struktur database mempengaruhi program aplikasi yang mengakses database. - Pengguna harus memahami struktur database.

28 4. Database Relasional Merupakan basis data yang paling umum digunakan. Database ini menyederhanakan manajemen data dan pengambilan data. Database relasional tersusun atas sejumlah tabel yang memiliki hubungan ( relationship ). Penerbit Pengarang Toko Buku Judul Daftar Buku Pesanan Supply Menulis Stok kontak Pesanan

29 Dalam terminologi database relasional dikenal istilah tabel, field dan record. Field = merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record. Record =Kumpulan dari field membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. File =merupakan kumpulan record-record yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis. Misalnya file mata pelajaran

30 Contoh Record, Field dan Tabel

31 ID_ Pegawai ProyekWaktu_Pengerjaan p1proyek jembatan30 minggu p2Proyek KPR45 minggu p3Proyek perbaikan6 minggu ID_ Pegawai NamaTanggal_lahir p1Roni p2Alan p3Bayu Tabel_ Pegawai Tabel_ Pekerjaan Dapat dilihat bahwa tabel pekerjaan memilki hubungan dengan tabel Pegawai melalui attribut ID_Pegawai yang bertindak sebagai primary Key

32  Data dapat diakses secara cepat  Struktur basis data mudah diubah  Data disajikan secara logis sehingga pengguna tidak perlu mengetahui bagaimana data tersebut disimpan.  Pengguna mudah membuat query yang kompleks untuk mengambil data  Pengguna mudah menerapkan integritas data.  Data lebih akurat  Pengguna mudah membuat dan memodifikasi program aplikasi


Download ppt "DATABASE (BASIS DATA) By : Randy Permana, S.Kom. Pengenalan Basis Data Apa yang dimaksud dengan data ?? - Informasi - Berkas-berkas Data adalah : Merupakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google