Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SK/KD Standar Kompetensi : 1. Melakukan Operasi Dasar Komputer Kompetensi Dasar : 1.1 Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi Indikator.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SK/KD Standar Kompetensi : 1. Melakukan Operasi Dasar Komputer Kompetensi Dasar : 1.1 Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi Indikator."— Transcript presentasi:

1 SK/KD Standar Kompetensi : 1. Melakukan Operasi Dasar Komputer Kompetensi Dasar : 1.1 Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi Indikator : Mendeskripsikan fungsi perangkat keras yang digunakan untuk akses internet 1.1.2Mendeskripsikan peran internet service provider (ISP) Mendeskripsikan user ID dan Pasword KKM = 75

2 SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET DISUSUN OLEH ARIANTO, S.KOM

3 A PA ITU INTERNET ? Internet adalah sebuah teknologi yang membuat jutaan komputer di seluruh dunia terhubung bersama-sama dan saling mengirim berbagai informasi dalam 24 jam sehari. Komputer yang terhubung ini bisa berada di rumah, sekolah, universitas/kampus, kantor pemerintah atau perusahaan-perusahaan bisnis baik besar atau kecil.

4 ASAL MULA INTERNET TAHUN 1969 Pada awal diciptakannya, merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET ( Advanced Research Project Agency Network ). Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

5 ASAL MULA INTERNET TAHUN 1977 Pada tahun 1977, lebih dari seratus komputer mini dan mainframe terkoneksi ke ARPANET, yang sebagian besar berada di universitas. Komputer University College di London (Inggris) dan Royal Establishment di Norwegia (NORSAR) menjadi komputer pertama di luar jaringan amerika yang menjadi anggota jaringan ARPANET.

6 ASAL MULA INTERNET TAHUN 1979 Tahun 1979, berdirilah sebuah newsgroups pertama, Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis.

7 ASAL MULA INTERNET TAHUN 1980 ARPANET dibagi menjadi dua jaringan yaitu ARPANET dan MILNET (Military Network). ARPANET lebih difokuskan ke arah pengembangan riset, sementara MILNET untuk melayani tujuan militer. Dan gabungan kedua jaringan tersebut, akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

8 ASAL MULA INTERNET TAHUN 1982 DCA (Defense Communication Agency) dan DARPA berhasil menciptakan TCP dan Internet Protocol (IP) sebagai protokol utama pada jaringan ARPANET. Protokol ini kemudian dikenal dengan TCP/IP ( Transmission Control Protocol / Internet Protocol ). Istilah “internet” mulai dikenal. Istilah ini digunakan untuk sebutan jaringan komputer yang menggunakan TCP/IP.

9 ASAL MULA INTERNET TAHUN 1984 Domain Name System (DNS) diperkenalkan sebagai cara untuk mengindentifikasi badan atau institusi yang mengelola suatu host. enam domain utama dikeluarkan, yaitu edu (education) go (government) mil (military) com (commercial) org (organization) net (network resources)

10 ASAL MULA INTERNET TAHUN 1986 NSFNET (National Science Foundation Network) yang perlahan menggantikan ARPANET dibangun sebagai backbone internet utama dengan bandwidth 56kbps yang menjadi tulang punggung jaringan komputer Amerika Serikat. Pada Maret 1990, ARPANET dibubarkan. Pada masa NSFNET, jaringan internasional didirikan dan lebih dari host internet saling terhubung. Sejak 1988, internet tumbuh secara cepat dan berlipat ganda setiap tahun.

11 SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET DI INDONESIA Tugas Kelompok (Maksimal 3 orang) Cari informasi tentang sejarah perkembangan internet di Indonesia. Buat laporannya, diketik dengan MS. Word dengan ukuran kertas A4.

12 SUMBER INFORMASI INTERNET Internet merupakan sarana efektif dan efisien untuk melakukan komunikasi atara orang per orang, orang dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Informasi yang diperoleh pun tidak terbatas dan up-to-date.

13 B ERIKUT BEBERAPA LAYANAN INTERNET YANG DAPAT DIPEROLEH ; o , fasilitas mengirim teks, suara, video dll o Network news disebut BBS ( Bulletin Board Service ), fasilitas diskusi tentang suatu topik o FTP ( File Transfer Protocol ), fasilitas mentransfer file o Remote login ( Telnet ), mengakses komputer dari jarak jauh o Information Browsing ( Gopher ), fasilitas menemukan informasi dalam bentuk teks

14 L ANJUTAN LAYANAN INTERNET …. o Advanced browsing (WWW), fasilitas menemukan informasi dalam bentuk teks, gambar, video dll o Automatic title search yaitu Archie dan Veronica, fasilitas pencarian dengan menggetik judul topik o Automatic content search yaitu WAIS ( Wide Area Information System ), fasilitas pencarian informasi otomatis dengan meneliti isi dokumen o Teleconference, fasilitas komunikasi audio visual secara perorangan dan kelompok


Download ppt "SK/KD Standar Kompetensi : 1. Melakukan Operasi Dasar Komputer Kompetensi Dasar : 1.1 Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi Indikator."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google