Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: ""— Transcript presentasi:

1

2 Sebelum Anda mulai membuat dokumen di Word, Anda mungkin ingin mengatur lingkungan Word Anda dan menjadi akrab dengan beberapa tugas utama seperti bagaimana meminimalkan dan memaksimalkan Ribbon, meng konfigurasi toolbar Quick Access, tampilan penggaris, d an menggunakan Word Count dan Zoom alat.

3  Untuk Minimalkan dan Maksimalkan Ribbon: Klik kanan di mana saja di menu utama. Pilih Minimalkan Ribbon di menu yang muncul. Ini akan beralih Ribbon on dan off. Tanda centang di samping Minimalkan Ribbon menunjukkan fitur yang aktif. Sistem, Ribbon tab baru menggantikan menu tradisional di Word Hal ini dirancang untuk menjadi responsif terhadap tugas Anda saat ini dan mudah digunakan, namun Anda dapat memilih untuk meminimalkan Ribbon jika Anda lebih memilih untuk menggunakan menu yang berbeda atau cara pintas keyboard.

4 Untuk Tambahkan Perintah ke Quick Access Toolbar:  Klik panah di sebelah kanan Quick Access toolbar.  Pilih perintah yang anda ingin tambahkan dari daftar drop-down. Ini akan muncul dalamtoolbar Quick Access Simpan, Undo, Redo dan perintah muncul secara standar dalam toolbar Quick Access.Anda mungkin ingin menambahkan perintah lain untuk membuat menggunakan fitur Word yang spesifik lebih nyaman untuk Anda.

5 Untuk Tampilan atau Sembunyikan Penggaris:  Klik ikon Lihat Penggaris di atas scrollbar. Ikon Penggaris diperlihatkan bekerja sebagai tombol toggle untuk menghidupkan dan mematikan penggaris.

6  Buka Word 2007 di komputer Anda. Sebuah dokumen kosong yang baru akan muncul di layar.  Pastikan Ribbon dimaksimalkan.  Tunjukkan Penggaris layar.  Tambahkan beberapa perintah yang Anda inginkan pada toolbar Quick Access.  Tutup Word tanpa menyimpan dokumen.

7  Hal ini penting untuk mengetahui bagaimana melakukan tugas-tugas dasar dengan teksketika bekerja dalam aplikasi pengolah kata. Dalam pelajaran ini Anda akan mempelajari dasar-dasar bekerja dengan teks termasuk cara untuk menyisipkan,menghapus, pilih, copy, p aste, drag dan drop teks.

8 Untuk Memasukkan Text:  Gerakkan mouse Anda ke lokasi Anda ingin teks yang muncul dalam dokumen.  Klik kiri mouse. Titik penyisipan muncul.  Ketik teks yang ingin Anda muncul. Untuk Hapus Teks:  Tempatkan kursor Anda di sebelah teks yang ingin Anda hapus.  Tekan tombol Backspace pada keyboard Anda untuk menghapus teks ke kiri kursor.  Tekan tombol Delete pada keyboard Anda untuk menghapus teks ke kanan kursor. Untuk Pilih Teks:  Tempatkan titik penyisipan di samping teks yang ingin Anda pilih.  Klik kiri mouse Anda dan sementara menekannya, tarik mouse ke teks untuk memilihnya.  Lepaskan tombol mouse. Anda telah memilih teks. Sebuah kotak disorot akan muncul di atas teks yang dipilih. Bila Anda memilih teks atau gambar di Word, sebuah toolbar hover dengan pilihan pemformatan muncul. Hal ini membuat perintah pemformatan mudah diakses, yang dapat menghemat waktu Anda.

9 Untuk Copy dan Paste Teks:  Pilih teks yang ingin Anda salin.  Klik perintah Copy pada tab Home.  Tempatkan titik penyisipan di mana Anda ingin teks yang muncul.  Klik perintah Paste pada tab Home. Teks akan muncul.

10 Untuk Drag dan Drop Teks:  Pilih teks yang ingin Anda salin.  Klik kiri mouse Anda dan drag teks ke lokasi yang Anda ingin untuk muncul. Kursor akanmemiliki kotak teks di bawahnya untuk menunjukkan bahwa Anda sedang bergerak teks  Lepaskan tombol mouse dan teks akan muncul. Jika teks tidak muncul di lokasi yang tepat yang Anda ingin, Anda dapat mengklik tombol Enter pada keyboard untuk memindahkan teks ke baris baru.

11 Gunakan dokumen Word lain yang Anda pilih  Buka dokumen Word yang ada.  Pilih kalimat.  Salin dan sisipkan kalimat dari satu lokasi dalam dokumen yang lain.  Pilih kalimat lain.  Drag dan drop ke lokasi lain dalam dokumen.  Pilih seluruh dokumen.  Ubah gaya font, ukuran, dan warna.

12  Hal ini penting untuk mengetahui bagaimana Anda menyimpan dokumen. Ada banyak cara Anda untuk berbagi dan menerima dokumen, yang akanmempengaruhi bagaimana Anda perlu untuk menyimpan file.  Apakah Anda mendownload dokumen?  Menyimpannya untuk pertama kalinya?  Menyimpannya sebagai nama lain?  Berbagi dengan seseorang yang tidak memiliki Word 2007? Semua hal ini akan mempengaruhi bagaimana Anda menyimpan dokumen Word Anda. Dalam pelajaran ini anda akan belajar bagaimana menggunakan save sebagai perintah menyimpan, bagaimana cara menyimpan sebagai dokumen yang kompatibel dengan , dan bagaimana menyimpan sebagai file PDF.

13 Untuk Gunakan Perintah Save As:  Klik Tombol Microsoft Office.  Pilih Save As - Word Document. Para kotak dialog Save As muncul.

14  Pilih lokasi Anda ingin menyimpan dokumen dengan menggunakan menu drop- down.  Masukkan nama untuk dokumen.  Klik tombol Save Menggunakan Perintah Save: • Klik Tombol Microsoft Office. • Pilih Save dari menu. Menyimpan dokumen menggunakan perintah Save dengan nama file yang sama. Jika Anda menyimpat untuk pertama kalinya dan pilih Save, Save Ask akan muncul pada kotak dialog.

15 Untuk Simpan Sebagai Word Dokumen:  Klik Tombol Microsoft Office.  Pilih Save As Word Document.  Pilih lokasi Anda ingin menyimpan dokumen dengan menggunakan menu drop-down.  Masukkan nama untuk dokumen.  Klik tombol Save.

16 Untuk Download Ekstensi PDF:  Klik Tombol Microsoft Office.  Pilih Save As - Find add-in For Other File Formats. Ini akan membuka web browser Anda ke situs Microsoft.  Ikuti petunjuk pada situs Microsoft untuk men- download.

17 Untuk Simpan Sebagai File PDF:  Klik Tombol Microsoft Office.  Pilih Save As PDF. Para kotak dialog Save As akan muncul.  Pilih lokasi Anda ingin menyimpan dokumen dengan menggunakan menu drop- down.  Masukkan nama untuk dokumen.  Klik tombol Publish.

18 Gunakan dokumen Word lain  Buka dokumen Word yang ada.  Simpan dokumen dengan nama file Coba_1.  Simpan dokumen yang sama sebagai file PDF. (jika telah tersedia)  Tutup dokumen.  Buka dokumen Word lainnya yang sudah ada.  Simpan dokumen sehingga kompatibel dengan Word  Tutup dokumen.

19  Hyperlink adalah sepotong teks atau gambar dalam sebuah dokumen elektronik yang dapat menghubungkan pembaca ke bagian lain dari dokumen atau halaman web yang berbeda. Selain itu, hyperlink dapat digunakan untuk menghubungkan dan membuka jendela client.  Pernah melihat link aktif pada halaman web yang memungkinkan Anda untuk melompat dari satu halaman ke halaman lainnya? Anda hanya menggunakan satu untuk membukapelajaran ini. Ini adalah hyperlink. Anda dapat menggunakan ini dalam versi elektronik dari dokumen Word Anda seperti yang Anda lakukan di halaman web. Dalam pelajaranini Anda akan mempelajari dasar-dasar bekerja dengan hyperlink, termasuk bagaimanauntuk menyisipkan dan menghapus mereka dalam dokumen Word Anda.

20 Untuk memasukkan hyperlink:  Pilih teks atau gambar Anda ingin membuat hyperlink.  Pilih Insert Tab.  Klik Hyperlink pada kelompok Link. Pada Insert Hyperlink muncul kotak dialog. Jika Anda memilih teks, kata-kata akan muncul Text To Display: Pada bagian atas.  Ketik alamat yang ingin Anda link ke dalam Address:.  Klik OK. Teks atau gambar yang Anda pilih sekarang akan menjadi hyperlink.

21 Untuk Membuat Hyperlink suatu Alamat  Ketik alamat .  Sorot teks dan pilih tab Sisipkan.  Klik Hyperlink pada kelompok Link dan muncul kotak Insert Hyperlink.  Pada bagian kiri dari kotak di mana dikatakan Link to: klik Address. Kotak Insert Hyperlink akan berubah dengan yang ditunjukkan disamping.  Ketik alamat yang Anda ingin terhubung ke dalam kotak Address dan tekan OK.  Anda juga dapat menyisipkan hyperlink yang link ke bagian lain dari dokumen yang sama.

22  Word Mengenali Alamat dan alamat web saat Anda mengetik dan akan memformat mereka sebagai hyperlink secara otomatis setelah Anda menekan tombol Enter atau spasi.  Untuk Hapus suatu Hyperlink: Klik Kanan hyperlink yang Anda ingin menonaktifkan.  Klik Remove Hyperlink.

23 Gunakan dokumen Word lain.  Buka dokumen Word yang ada.  Ketik kalimat berikut: Untuk pelatihan komputer, kunjungi fice.microsoft.comhttp://www.of fice.microsoft.com  Hapus hyperlink.

24  Setelah Anda menyelesaikan dokumen Anda, Anda mungkin ingin mencetak untuk berbagai alasan. Pelajaran ini mencakup tiga fitur dasar pencetakan di Word termasuk Print Preview, Quick Print, dan traditional Print..

25 Untuk Preview Dokumen Sebelum Pe rcetakan:  Klik Tombol Microsoft Office.  Pilih Print Print Preview.  Dokumen terbuka dalam format Print Preview.  Klik Print untuk mencetak dokumen atau Close Print Preview untuk keluar dari format preview dan membuat perubahan pada dokumen.

26 Dalam format Print Preview, Anda dapat melakukan banyak hal, termasuk:  Memodifikasi margin  Ubah orientasi halaman  Mengubah ukuran halaman  Perbesar dan perkecil untuk melihat berbagai bagian dari dokumen  Lihat beberapa halaman  Akses Word Options untuk mengubah pengaturan Lainnya.

27 Untuk Mencetak:  Klik Tombol Microsoft Office.  Pilih Print - Print. Kotak dialog Print muncul. Pilih halaman yang ingin Anda cetak - baik semua halaman atau serangkaian halaman.  Pilih number of copies.  Centang kotak Collate jika Anda mencetak banyak salinan dari dokumen multi-halaman.  Pilih printer dari daftar drop-down.  Klick OK.

28  Mencetak melalui Quick Print:  Klik Microsoft Office Button.  Pilih Print - Quick Print.  Document secara otomatis mencetak pada printer default.

29 Gunakan dokumen Word yang Anda.  Buka dokumen yang ada.  Lihat dokumen di Print Preview.  Tutup format Print Preview tanpa cetak.  Mencetak dua salinan dokumen.

30  Selain bekerja dengan dokumen yang ada, Anda dapat membuat dokumen baru. Setiap kali Anda membuka Word, dokumen, baru yang kosong akan tampil, namun, Anda juga akan perlu mengetahui bagaimana membuat dokumen baru sementara dokumen yang ada terbuka.  Dalam pelajaran ini anda akan belajar bagaimana membuat dokumen baru termasuk template dan dokumen kosong melalui Tombol Microsoft Office.

31 Untuk Membuat DokumenBaru:  Klik Tombol Microsoft Office.  Pilih New. Kotak dialog Dokumen Baru muncul.  Pilih Blank Document di bawah bagian Blank and recent akan disorot secara default  Klik Create. Sebuah dokumen baru, kosong muncul di jendela Word Anda dapat mengakses template yang diinstal pada komputer Anda atau di Office Online. Klik Tombol Microsoft Office dan pilih New. Anda dapat membuat dokumen kosong dan template akses dari kotak dialog yang muncul.

32 Buka Word  Sebuah dokumen kosong akan tampil di jendela.  Ketik kalimat, “Belajar komputer menyenangkan”  Klik Tombol Microsoft Office dan membuat dokumen baru.  Tutup kedua dokumen Word tanpa menyimpan.

33  Untuk membuat dan mendesain dokumen yang efektif, Anda perlu tahu bagaimana memformat teks. Selain membuat dokumen Anda lebih menarik, teks yang diformat dapat menarik perhatian pembaca ke bagian tertentu dari dokumen dan membantu mengkomunikasikan pesan Anda.  Dalam pelajaran ini anda akan belajar untuk memformat ukuran font, gaya, dan warna, dan penggunaan, Italic Bold, Underline, dan Perubahan tulisan (Case).

34 Untuk Format Ukuran Font:  Pilih teks yang ingin Anda modifikasi.  Kiri-klik panah drop-down di samping kotak ukuran font pada tab Home. Ukuran font menu drop-down muncul.  Pindahkan kursor Anda di atas berbagai ukuran font. Sebuah live preview dari ukuran font akan muncul dalam dokumen.  Klik kiri ukuran font yang ingin Anda gunakan. Ukuran font akan berubah dalam dokumen.

35 Untuk Format Font Style:  Pilih teks yang ingin Anda modifikasi.  Waktu-klik panah drop-down di sebelah kotak gaya font pada tab Home. Drop- downmenu muncul gaya font.  Pindahkan kursor Anda di atas berbagai gaya font. Sebuah live preview dari font akan muncul dalam dokumen.  Klik kiri gaya font yang ingin Anda gunakan. Gaya font akan berubah dalam dokumen.

36 Untuk Format Warna Font:  Pilih teks yang ingin Anda modifikasi.  Klik kiri panah drop-down di sebelah kotak warna font pada tab Home. Menu warna font muncul.  Pindahkan kursor Anda di atas berbagai warna font. Sebuah live preview warna akan muncul dalam dokumen.  Klik kiri warna font yang ingin Anda gunakan. Warna font akan berubah dalam dokumen. Klik kiri warna font - Anda ingin pilihan warna Anda tidak terbatas pada menu drop-down yang muncul. Pilih More Colors pada bagian bawah daftar untuk mengakses kotakdialog Colors. Pilih warna yang Anda inginkan dan klik OK. untuk digunakan. Warna font akan berubah dalam dokumen.

37 Untuk Gunakan Perintah, Italic, Bold, dan Garis bawah:  Pilih teks yang ingin Anda modifikasi.  Klik perintah, Bold, Italic, atau Garis bawah pada kelompok Font pada tab Home.

38 Untuk Ubah bentuk Teks:  Pilih teks yang ingin Anda modifikasi.  Klik perintah Change Case pada kelompok Font pada tab Home.  Pilih salah satu opsi dari daftar Case. Anda juga dapat menggunakan kombinasa tombol Shift + F3 melalui papan ketik

39 Alignment Teks:  Pilih teks yang ingin Anda modifikasi.  Pilih salah satu dari empat pilihan keselarasan dari grup Paragraf pada tab Home.  Align Teks Left: meluruskan semua teks yang dipilih ke margin kiri.  Center: Meratakan teks ditengah jarak yang sama dari margin kiri dan kanan.  Align Teks Right: meluruskan semua teks yang dipilih ke margin kanan.  Justify: teks sama diluruskan pada kedua sisi dan garis sampai sama untukmargin kanan dan kiri.  Banyak Buku, newsletter, dan surat kabar menggunakan jenis ini.

40 Membuat Word dokumen.  Menyisipkan teks ke dalam dokumen.  Mengubah ukuran font beberapa teks.  Mengubah gaya font beberapa teks.  Mengubah warna font teks.  Cobalah berbagai jenis Case menggunakan perintah Change Case.  Coba 4 perintah keselarasan.  Simpan dokumen.

41  Anda mungkin ingin memasukkan kotak teks ke dalam dokumen Anda untuk menarik perhatian pada teks tertentu atau Anda ingin dengan mudah memindahkan teks di sekitar dokumen.  Dalam pelajaran ini anda akan belajar bagaimana menyisipkan kotak teks dan bagaimana format itu dalam berbagai cara, termasuk ukuran dan pindah, dan mengubah bentuk kotak teks, warna, dan garis.

42  Untuk Masukkan kotak teks: Pilih tab Insert di Ribbon. Klik perintah Text Box dalam kelompok Teks. Pilih kotak teks Built-in atau Draw Text Box dari menu. Jika Anda memilih Built-in kotak teks, klik kiri kotak teks yang ingin Anda gunakan dan akan muncul dalam dokumen. ATAU  Jika Anda memilih Menggambar Text Box, kursor crosshair akan muncul. Klik kiri mouse Anda dan sementara menekannya, tarik mouse Anda sampai ukuran kotak teks yang diinginkan.  Lepaskan tombol mouse.

43  Untuk Ubah Gaya Text Box: Pilih kotak teks. Sebuah Format tab baru akan muncul dengan Tools Text Box.  Pilih tab Format. Klik panah More drop-down dalam kelompok Text Box Styles untuk menampilkan pilihan gaya yang lebih banyak.  Gerakkan kursor anda dan Live Preview akan ditampilkan dalam dokumen Anda.  Klik kiri Style untuk memilihnya.

44 Perubahan Bentuk Isi:  Pilih kotak teks. Sebuah Format tab baru akan muncul dengan Tools Text Box.  Klik Shape Fill perintah untuk menampilkan daftar drop-down.  Pilih warna dari daftar, pilih Isi Tidak, atau memilih salah satu pilihan lain.

45 Untuk Mengubah bentukgaris tepi:  Pilih kotak teks. Sebuah Format tab baru akan muncul dengan Tools Text Box. Klik perintah Shape Outline untuk menampilkan daftar drop-down.  Pilih warna dari daftar, pilih No Outline, atau memilih salah satu dari pilihan lain

46 Untuk Mengubah Bentuk Text Box:  Pilih kotak teks. Sebuah Format tab baru akan muncul dengan Tools Text Box.  Klik perintah Change Shape untuk menampilkan daftar drop- down.  Pilih bentuk dari daftar yang ada.

47 Untuk Memindahkan Text Box:  Kiri-klik kotak teks. Kursor Anda menjadi silang dengan panah pada setiap akhir.  Sambil menahan tombol mouse, tarik kotak teks ke lokasi yang diinginkan pada halaman.  Lepaskan tombol mouse. Untuk Mengubah ukuran Text Box:  Pilih kotak teks.  Kiri-klik salah satu ukuran biru menangani.  Sambil menekan tombol mouse, tarik sizing handle sampai kotak teks adalah ukuran yang diinginkan.  Jika Anda tarik ukuran pegangan biru pada salah satu dari 4 sudut, kotak teks akan mengubah ukuran dalam proporsi yang sama. Ukuran pegangan di bagian atas atau bawah kotak teks akan memungkinkan Anda untuk mengubah ukuran vertikal, sementara pegangan di samping kiri dan kanan akan mengubah ukuran kotak tekshorizontal.

48 Buka dokumen yang ada.  Menyisipkan kotak teks.  Mengubah garis tepi dari kotak teks ke warna yang berbeda.  Mengubah warna isi kotak teks.  Pindahkan kotak teks ke lokasi yang diinginkan.  Masukkan teks yang Anda inginkan ke dalam kotak teks.

49  Anda mungkin ingin memasukkan berbagai jenis ilustrasi ke dalam dokumen Anda untuk membuat lebih menarik secara visual. Ilustrasi termasuk ClipArt, Gambar,SmartArt, Charts, dan banyak lagi.  Dalam pelajaran ini anda akan belajar bagaimana mencari dan menemukan clip art, dan masukkan ke dalam dokumen Anda.

50 Untuk Cari Clip Art:  Pilih tab Insert.  Klik perintah Clip Art dalam kelompok Ilustrasi.

51  Pilihan Clip Art muncul di task pane di sebelah kanan.  Masukkan kata kunci di Search for: bidang yang terkait dengan gambar yang Anda ingin untuk dimasukkan.  Klik panah drop-down di sebelah Search in:.. diisi.  Pilih Everywhere untuk memastikan kata yang mencari komputer Anda dan sumber daya online untuk gambar yang memenuhi kriteria Anda.  Klik panah drop-down di reults should be:...pilih.  Hapus centang pada jenis gambar tidak Anda inginkan.  Klik Go

52 Untuk Insert Clip Art:  Ulangi langkah dari pencarian clip art.  Tempatkan titik penyisipan Anda dalam dokumen di mana Anda ingin memasukkan clip art.  Klik kiri gambar di task pane. Ini akan muncul dalam dokumen. ATAU  klik kiri tanda panah di sebelah gambar di task pane. Pilih  Insert, Copy, atau pilihan lain di daftar.

53  Buka dokumen Word yang ada. Sisipkan gambar klip Art dari Office Organizer atau Office Online.

54  Anda dapat menambahkan berbagai bentuk box pada dokumen Anda termasuk panah, callouts, kotak, bintang, simbol flowchart dan banyak lagi.  Ingin off-set nama dan alamat Anda dari akhir resume?  Perlu untuk menunjukkan kemajuan dokumen melalui kantor Anda?  Gunakan diagram alir. Meskipun Anda mungkin tidak perlu bentuk dalam setiap dokumen yang Anda buat, bagian ini dapat menambah daya tarik visual dan kejelasan untuk banyak dokumen.  Dalam pelajaran ini anda akan belajar bagaimana menyisipkan bentuk dan format itu dengan mengubah warna isi, warna garis, gaya bentuk, dan efek bayangan. Selain itu, Anda akan belajar untuk menerapkan efek 3- D untuk bentuk-bentuk yang memiliki opsi ini.

55 Untuk memasukkan suatu Bentuk:  Pilih tab Insert.  Klik perintah Shape.  Klik kiri bentuk dari menu. Kursor anda sekarang menjadi bentuk salib.  Klik kiri mouse Anda dan sementara menekannya, tarik mouse Anda sampai bentuknya pada ukuran yang diinginkan.  Lepaskan tombol mouse. Untuk Ubah Gaya Bentuk:  Pilih bentuk. Sebuah Format tab baru akan muncul dengan Tools Menggambar.

56  Klik panah More drop- down dalam kelompok Shapes Styles untuk menampilkan pilihan gaya yang lain.  Gerakkan kursor anda ke atas Style dan Live Preview akan diunjukan di dalam dokumen Anda.  Klik kiri style untuk memilihnya.

57 Untuk Ubah Warna Isi Bentuk:  Pilih Shape. Sebuah Format tab baru akan muncul dengan Tools Menggambar.  Klik perintah Shape Fill untuk menampilkan daftar drop-down  Pilih warna dari daftar, pilih No Fill, atau memilih salah satu pilihan lain. Untuk Mengubah bentuk Garis:  Pilih bentuk. Sebuah Format tab baru akan muncul dengan Tools Menggambar.  Klik perintah Shape Outline untuk menampilkan daftar drop-down.  Pilih warna dari daftar, pilih No Outline, atau memilih salah satu pilihan lain.

58 Untuk Ubah ke Bentuk Berbeda: Pilih Shape. Sebuah Format tab baru akan muncul dengan Tools Menggambar.  Klik perintah Change Shape untuk menampilkan daftar drop -down.  Pilih bentuk dari daftar.

59 Untuk Ubah Efek Bayangan:  Pilih tab Format.  Kiri-klik perintah Shadow Efek.  Gerakkan mouse Anda ke pilihan menu. Live Preview menampilkan baga imana hal itu akan muncul dalam dokumen Anda.  Klik pilihan untuk memilih efek bayangan. Pilih Shadow Color dari menu dan memilih warna dari palet untuk mengubah warna bayangan pada bentuk Anda.

60 Untuk Ubah Efek 3D: Anda tidak dapat menambahkan efek 3D untuk semua bentuk.  Pilih tab Format.  Kiri-klik perintah 3-D Efek.  Gerakkan mouse Anda ke pilihan menu. Live Preview menampilkan bagaimana hal itu akan muncul dalam dokumen Anda.  Klik pilihan untuk memilih efek 3-D. Setelah Anda memilih efek 3D, Anda juga dapat mengubah beberapa elemen lain daribentuk Anda termasuk warna, kedalaman, arah, pencahayaan, dan permukaan efek 3Dpada bentuk Anda. Hal ini dapat mengubah cara bentuk terlihat dramatis. Anda dapat mengakses opsi tersebut dengan mengklik perintah Efek 3D.

61  Buka dokumen Word yang ada.  Masukkan Shape.  Ubah Shape ke bentuk yang berbeda.  Ubah warna isi.  Ubah warna garis.  Cobalah berbagai efek bayangan.  Cobalah berbagai efek 3D.

62  Bullet dan daftar nomor dapat digunakan dalam dokumen Anda untuk mengatur dan memformat teks untuk menarik penekanan.  Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana memodifikasi Bullets yang ada, dan memasukkan daftar bullet dan bernomor baru, lalu pilih simbol sebagai bullet.

63 Untuk Sisipkan Daftar Baru:  Pilih teks yang ingin Anda format sebagai daftar.  Klik perintah Bullets atau Numbering pada tab Home.  Kiri klik Bullet atau gaya penomoran yang ingin Anda gunakan. Ini akan muncul dalam dokumen.  Posisi kursor anda di akhir daftar item dan tekan tombol Enter untuk menambahkan item ke daftar.  Untuk menghapus nomor atau bullet dari daftar, pilih daftar dan perintah klik Bullets atau numbering.

64 Mengunakan Symbol sebagai Bullet:  Pilih daftar yang ada.  Klick Perintah Bullets.  Pilih Define New Bullet dari daftar. kotak dialog Define New Bullet diperlihatkan.  Klick tombol Symbol. Kotak dialog Symbol diperlihatkan.

65  Klik Font: drop-down box dan pilih kategori font.  Kiri klik simbol untuk memilihnya.  Klik OK. Simbol sekarang akan muncul di bagian Preview dari kotak dialog New BulletTentukan.  Klik OK untuk menerapkan simbol ke daftar dalam dokumen.  Anda dapat menggunakan suatu gambar sebagai Bullet. Klik tombol Picture pada kotakdialog New Tentukan Bullet, dan kemudian cari file gambar di komputer Anda.

66 Untuk Ubah Warna Bullet:  Pilih daftar yang ada.  Klik perintah Bullets.  Pilih Define New Bullet dari daftar. The Bullet Tentukan kotak dialog baru muncul.  Klik tombol Font. Kotak dialog Font muncul.  Klik Font color: kotak drop-down.  Klik kiri warna untuk memilihnya.  Klik OK. Warna bullet sekarang akan muncul di bagian Preview dari kotak dialog Define New Bullet.  Klik OK untuk menerapkan warna bullet ke daftar dalam dokumen.  Anda juga dapat mengubah font dan format peluru di kotak dialog Font.

67  Mengubah bullet dari daftar yang ada untuk bullet yang berbeda.  Masukkan new numbered list ke dalam dokumen.  Memodifikasi warna bullet.

68  Suatu bagian penting dari membuat dokumen yang efektif terletak pada desaindokumen. Sebagai bagian dari merancang dokumen dan membuat keputusan format,Anda akan perlu mengetahui bagaimana memodifikasi jarak. Dalam pelajaran ini, Andaakan belajar bagaimana memodifikasi garis dan spasi paragraf dalam berbagai cara

69 Untuk Format Line Spacing:  Pilih teks yang ingin Anda format.  Klik perintah Line spacing dalam kelompok ayat pada tab Home.  Pilih opsi spasi.

70  Pilih Line Spacing Options. Kotak dialog Paragraph muncul.  Gunakan Line spacing menu drop- down untuk memilih opsi spasi.  Memodifikasi before and after titik untuk mengatur spasi baris, sesuai kebutuhan.  Klik OK.

71 Spasi Paragraph Sama seperti Anda dapat memformat spasi antar baris dalam dokumen Anda, Anda juga dapat memilih pilihan jarak antara setiap paragraf. Biasanya, ruang ekstra yang ditambahkan antara paragraf, judul, atau subjudul. Spasi tambahan antara paragraf menambahkan penekanan dan membuat dokumen lebih mudah dibaca.

72 Untuk Format Spasi Paragraph  Klik perintah Line spacing pada tab Home.  Pilih Add Space Before Paragraph atau Remove Space After Paragraph dari menu. Jika Anda tidak melihat opsi yang Anda inginkan, klik pada Line Spacing Options secara manual mengatur jarak.

73  Mengubah spasi.  Mengubah jarak baris dari sebuah paragraf teks.  Mengubah spasi paragraf antara teks.

74  Anda mungkin menemukan bahwa pengaturan default tata letak halaman di Word tidak cukup untuk dokumen Anda, dalam hal ini Anda akan ingin memodifikasipengaturan tersebut. Selain itu, Anda mungkin ingin mengubah format halaman tergantung pada dokumen yang Anda buat.  Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana mengubah ori entasi halaman, ukuran kertas, dan margin halaman.

75 Untuk Ubah Orientasi Halaman:  Pilih tab Page Layout.  Klik perintah Orientation dalam grup Page Setup.  Kiri-klik salah Portrait atau Landscape untuk mengubah orientasi halaman.  Format lansekap berarti bahwa segala sesuatu di halaman berorientasi horiz ontal dan format Protrait berorientasi vertikal.

76 Untuk Mengubah Ukuran Kertas:  Pilih tab Page Layout.  Kiri-klik perintah Size dan drop-down menu akan muncul. Ukuran kertas saat ini disorot  Klik kiri pilihan ukuran untuk memilihnya. Ukuran halaman perubahan dokumen

77 Untuk Format Margin Halaman:  Pilih tab Page Layout.  Klik perintah Margins. Sebuah menu pilihan muncul. Normal dipilih secara default.  Kiri-klik ukuran margin standar yang Anda inginkan.

78  Pilih Custom Margins dari menu.  Page Setup kotak dialog muncul.  Masukkan ukuran margin yang diinginkan dalam bidang yang sesuai.

79  Ubah orientasi halaman.  Mengubah ukuran kertas.  Modifikasi setidaknya satu marjin.

80  Gambar dapat ditambahkan ke dokumen Word dan kemudian diformat dalam berbagai cara. Tools gambar di Word 2007 membuatnya mudah untuk memasukkan gambar ke dalam dokumen Anda dan memodifikasi gambar tersebut dengan cara yang inovatif.  Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana untuk menyisipkan gambar dari komputer Anda, mengubah gaya gambar dan bentuk, menambahkan gambar,dan lainnya.

81 Untuk menyisipkan Picture:  Tempatkan titik penyisipan di mana Anda ingin gambar muncul.  Pilih tab Insert  Klik perintah Picture pada kelompok Ilustrations. Inse rt Picture Insert dialog muncul.

82  Pilih file gambar di komputer Anda.  Klik Insert dan akan muncul dalam dokumen Anda.  Klik kiri ukuran sudut, dan sambil menekan tombol mouse, mengubah ukuran gambar untuk mempertahankan proporsinya.

83 Untuk Batas Sekitar Teks suatu Gambar:  Pilih gambar.  Pilih tab Picture Tools Format.  Klik perintah Text Wrapping pada kelompok Atur.  Klik kiri pilihan menu untuk memilihnya. Dalam contoh ini, kami memilih Tight.  Pindahkan gambar di sekitar untuk melihat bagaimana teks wrap untuk pengaturanmasing-masing.  Tombol Posisi memiliki pengaturan teks pra- ditetapkan wrap Tombol Posisi di sebelah kiri tombol Wrapping Teks. Klik tombol Posisi dan daftar drop- down pilihan Wrap teks akan muncul.

84 Untuk Crop Gambar suat u:  Pilih gambar.  Pilih tab Format.  Klik perintah crop  Penanganan cropping warna hitam muncul

85 Untuk Compress Gambar:  Pilih gambar.  Pilih tab Format.  Klik perintah Compress Pictures pada kelompok Adjust. Sebuah kotak dialog akan muncul.  Klik tombol Options untuk mengakses kotak dialog Compression Settings.  Pilih target output.  Mengubah salah satu pengaturan default gambar yang Anda inginkan.  Klik OK di kotak dialog Compression Settings

86 tool Picture Lainnya Ada banyak hal lain dapat Anda lakukan untuk memodifikasi gambar. Dari tab Format,beberapa perintah yang berguna lainnya termasuk:  Change Picture command : Pilih gambar baru dari komputer Anda.  Reset Picture command : Kembalikan ke gambar asli.  Brightness command : Mengatur kecerahan gambar. Color command : Mengatur kontras gambar dari terang ke gelap.  Recolor command : Memodifikasi warna dalam berbagai cara termasuk Hitam dan putih, sepia, pink, ungu, dan banyak lagi.

87  Menyisipkan gambar ke dalam dokumen.  Memotong gambar secara proporsional.  Terapkan gaya gambar.  Kompres gambar.

88  Dua fitur yang berguna dalam format Word yaitu perintah kolom dan ordering Kolom yang digunakan dalam berbagai jenis dokumen, tetapi yang paling umum digunakan di koran,majalah, jurnal akademik, dan newsletter. Ordering adalah proses layering dua atau bentuk yang lebih sehingga mereka muncul dalam cara tertentu. Sebagai contoh, jika Anda memiliki dua bentuk yang tumpang tindih dan ingin satu bentuk muncul di atas,Anda akan memiliki untuk memesan bentuk.  Dalam pelajaran ini anda akan belajar bagaimana untuk menyisipkan kolom ke dalam dokumen dan ketertiban gambar dan bentuk.

89 Untuk Tambah Kolom untuk Dokumen:  Pilih teks yang ingin Anda format.  Pilih tab Page Layout.  Kiri-klik perintah Columns.  Pilih jumlah kolom yang Anda ingin memasukkan.

90  Pilih teks yang ingin Anda format ke kolom.  Format teks yang dipilih ke dalam dua kolom.  Menyisipkan gambar.

91  Anda dapat membuat dokumen Anda tampak profesional dan dipoles dengan memanfaatkan header dan footer. Header adalah bagian dari dokumen yang muncul dalam margin atas, sedangkan footer adalah bagian dari dokumen yang muncul di margin bawah. Header dan footer umumnya mengandung informasi seperti nomor halaman, tanggal, nama dokumen, dll  Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana memasukkan header dan footer built-in atau kosong.

92 Untuk Masukkan Header atau Footer:  Pilih tab Insert  Klik perintah Header atau Footer. Sebuah menu akan muncul dengan daftar built-in pilihan yang dapat Anda gunakan.  Kiri-klik salah satu built-in pilihan dan akan muncul dalam dokumen. ATAU  Klik kiri Blank untuk memilihnya.

93 Tab Desain dengan Tools Header dan Footer aktif. Pilihan Header dan Footer Ada banyak header lain dan pilihan footer yang dapat Anda gunakan untuk desain sebagai bagian dari dokumen Anda. Dari Header dan Footer tab Tools Desain, Anda dapat melihat semua pilihan desain Anda.

94  Tambahkan nama Anda di header dari sebuah dokumen. Pada Align Kanan teks dalam header.  Pilih footer built-in dengan nomor halaman.

95  Sebuah tabel adalah grid sel diatur dalam baris dan kolom. Tabel dapat disesuaikan dan berguna untuk berbagai tugas seperti menyajikan informasi teks dan data numerik.  Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana membuat tabel.

96 Untuk Menyisipkan Tabel:  Tempatkan titik penyisipan Anda dalam dokumen mana Anda ingin tabel untuk muncul.  Pilih tab Insert  Klik perintah Tabel.  Tarik mouse anda ke atas kotak diagram untuk memilih jumlah kolom dan baris dalam tabel.  Klik kiri mouse Anda dan tabel muncul dalam dokumen. Masukkan teks ke dalam tabel.

97  Memodifikasi Tabel Menggunakan Tab Tata Letak Ketika Anda memilih tabel dalam Word 2007, Desain dan Layout tab muncul di bawahtool Tabel pada Ribbon. Menggunakan perintah pada tab Layout Anda dapat membuatberbagai modifikasi tabel seperti: Menambah dan menghapus kolom, Menambah dan menghapus baris, Mengubah ukuran sel, Menyelaraskan teks sel, Mengubah arah teks, Penggabungan dan sel-sel memisahkan, Dan Lainnya.

98  Menyisipkan tabel kosong dengan lima baris dan empat kolom.  Menghapus baris dari tabel.  Menyisipkan baris.

99  SmartArt memungkinkan Anda untuk berkomunikasi secara visual informasi daripadahanya menggunakan teks. Ilustrations be nar-benar dapat membuat dampak dalam dokumen Anda dan SmartArt membuat menggunakan grafis sangat mudah.  Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana untuk menyisipkan grafik SmartArt,meng ubah warna dan efek dari ilustrasi, dan memodifikasi dalam berbagai cara.

100 Untuk Menyisipkan SmartArt Ilustrasi:  Tempatkan titik penyisipan dalam dokumen mana Anda ingin grafis untuk muncul.  Pilih tab Insert  Pilih perintah SmartArt pada kelompok Ilustrations. Sebuah kotak dialog akan muncul.  Pilih Category di sebelah kiri dari kotak dialog dan meninjau grafis SmartArt yang munculdi tengah.  Kiri-klik grafis untuk memilihnya.

101  Klik OK

102 Untuk Menambahkan Teks ke SmartArt Grafis:  Pilih grafis. Kotak teks pertama adalah dipilih. Jika task pane di sebelah kiri grafisterlihat, titik penyisipan muncul di dalamnya. Jika task pane tidak terlihat, klik panah untukmembuka task pane.  Masukkan teks ke dalam bidang tugas panel. Informasi akan muncul dalam grafik.

103 Untuk Pindah Bentuk Menggunakan Perintah Promote atau Demote:  Pilih grafis. Para SmartArt tool Desain dan  Format tab muncul di Ribbon.  Pilih tab Design.  Pilih bentuk yang Anda ingin bergerak.  Klik perintah Promote atau Demote dalam kelompok Buat Grafis.

104  Masukkan ilustrasi ke dalam dokumen SmartArt.  Masukkan teks ke grafik.  Memodifikasi grafis, sesuai kebutuhan.

105  Sebuah cara yang bagus untuk menarik perhatian pada teks tertentu adalah untuk indentitu. Ada beberapa cara di Word bahwa Anda dapat indent teks, namun penting untukmenggunakan alat-alat tepat dan indent dengan benar setiap kali. Hal ini dapatmenghemat waktu dan membuat proses editing berjalan lancar.  Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana menggunakan pemilih tab dan penggaris horizontal untuk mengatur tab dan indentasi, dan bagaimana menggunakan penambahan dan pengurangan dengan Indent commands..

106 Untuk Indent Menggunakan Tombol Tab:  Cara yang paling umum untuk indent adalah dengan menggunakan tombol Tab. Metode ini adalah yang terbaik untuk indentasi satu baris teks, bukan beberapa baris.  Tempatkan titik penyisipan di sebelah kiri teks yang ingin Anda indent. Tekan tombol Tab. Ini indentasi baris 1 / 2 inci secara default.

107 Untuk Gunakan Perintah Indent: Menggunakan tombol Tab untuk indent beberapa baris dapat membuat format menjadi sulit jika Anda menambahkan atau menghapus teks kemudian. Indentasi beberapa baris yang terbaik adalah dilakukan dengan menggunakan perintah Indent.  Pilih teks yang ingin Anda indent. Klik perintah Increase Indent untuk meningkatkan indent. Default adalah 1/2 inci.Anda dapat menekan perintah beberapa kali.  Klik perintah Decrease Indent untuk menurunkan indent.

108  Selector Tab Pemilih tab di atas penguasa vertikal di sebelah kiri. Melayanglah di atas pemilih tab untuk melihat nama jenis tab yang aktif. Pilihan tab adalah:  First Line Indent: Menyisipkan penanda indent pada Penggaris dan indentasi baris pertama teks dalam paragraf.  Hanging Indent: Menyisipkan menggantung indent penanda dan indentasi semua barislain selain baris pertama.  Tab Left: Memindahkan teks ke kanan saat Anda mengetik.  Center Tab: Pusat teks sesuai dengan tab.  Tab right Memindahkan teks ke kiri saat Anda mengetik.

109  Praktek menggunakan tombol Tab untuk indent baris pertama dari paragraf.  Pilih beberapa teks dan menggunakan Increase dan Decrease Indentasi perintah untuk melihat bagaimana mereka mengubah teks.  Jelajahi pemilih tab dan semua tab berhenti.


Download ppt ""

Presentasi serupa


Iklan oleh Google