Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

APLIKASI KOMPUTER ALIFIA DYAH RATU ANISA. PENDAHULUAN Microsoft Word 2007 Adalah Program Aplikasi Pengolah Kata Produk Microsoft Yang Merupakan Kelanj.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "APLIKASI KOMPUTER ALIFIA DYAH RATU ANISA. PENDAHULUAN Microsoft Word 2007 Adalah Program Aplikasi Pengolah Kata Produk Microsoft Yang Merupakan Kelanj."— Transcript presentasi:

1 APLIKASI KOMPUTER ALIFIA DYAH RATU ANISA

2 PENDAHULUAN Microsoft Word 2007 Adalah Program Aplikasi Pengolah Kata Produk Microsoft Yang Merupakan Kelanj Utan Dari Versi Sebelumnya. Terdapat Beberapa Fitur Terbaru Dalam Versi Ini Diantaranya Adalah Fasilitas Digital Signature, Publikasi Dokumen Ke Dalam Format PDF Dan Beberapa Keunggulan Lainya. Bagi Yang Sudah Pernah Menggunakan Versi Sebelumnya, Mungkin Agak Merasa Asing Karena Terdapat Perubahan Tampilan/Interface Windows Yang Ada, Tetapi Dengan Sedikit Penyesuaian Maka Selanjut Nya Anda Akan Merasakan Kelebi Han Dari Tampilan Microsoft Word 2007 Ini. Microsoft Word 2007 Adalah Program Aplikasi Pengolah Kata Produk Microsoft Yang Merupakan Kelanj Utan Dari Versi Sebelumnya. Terdapat Beberapa Fitur Terbaru Dalam Versi Ini Diantaranya Adalah Fasilitas Digital Signature, Publikasi Dokumen Ke Dalam Format PDF Dan Beberapa Keunggulan Lainya. Bagi Yang Sudah Pernah Menggunakan Versi Sebelumnya, Mungkin Agak Merasa Asing Karena Terdapat Perubahan Tampilan/Interface Windows Yang Ada, Tetapi Dengan Sedikit Penyesuaian Maka Selanjut Nya Anda Akan Merasakan Kelebi Han Dari Tampilan Microsoft Word 2007 Ini.

3 Anda Sebagai User Atau Pengguna Dalam Microsoft Word 2007 Ini, Dan Anda Diminta Untuk Mengenali Menu-menu Dan Fitur Yang Ada Serta Anda Diminta Untuk Dapat Menjalankannya Dan Dapat Mengaktifkan Menu – Menu Yang Terdapat Di Dalamnya. Setelah Anda Dapat Menjalankan Microsoft Word 2007, Anda Diminta Untuk Dapat Membuat Dokumen Kerja, Menyimpan Dokumen Yang Telah Dibuat Serta Memodifikasi, Mengedit Serta Menyisipkan Objek Dalam Dokumen. Kemudian Anda Juga Diminta Untuk Dapat Mengatur Layout Dokumen Yang Akan Dicetak/Diprint. Anda Sebagai User Atau Pengguna Dalam Microsoft Word 2007 Ini, Dan Anda Diminta Untuk Mengenali Menu-menu Dan Fitur Yang Ada Serta Anda Diminta Untuk Dapat Menjalankannya Dan Dapat Mengaktifkan Menu – Menu Yang Terdapat Di Dalamnya. Setelah Anda Dapat Menjalankan Microsoft Word 2007, Anda Diminta Untuk Dapat Membuat Dokumen Kerja, Menyimpan Dokumen Yang Telah Dibuat Serta Memodifikasi, Mengedit Serta Menyisipkan Objek Dalam Dokumen. Kemudian Anda Juga Diminta Untuk Dapat Mengatur Layout Dokumen Yang Akan Dicetak/Diprint.

4 Selanjutnya Anda Akan Dilatih Untuk Dapat Mengkombinasikan Tabel Ke Dalam Dokumen Kerja Kita, Kemudian Anda Juga Dapat Mengatur Format Dan Style Table, Serta Dapat Memanfaatkan Shape Dan Image, Dan Grafik Serta Diagram Untuk Memaksimalkan Dan Mempercantik Tampilan Dokumen Anda. Pada Modul Terakhir Pelajaran Kita Ini, Akan Membahas Cara Menggunakan Mail Merge. Fitur Mail Merge Ini Digunakan Untuk Membuat Dokumen Yang Berulang Dengan Isi Yang Berbeda, Contohnya Surat, Formulir, Kwitansi Dan Lain Sebagai Nya. Selanjutnya Anda Akan Dilatih Untuk Dapat Mengkombinasikan Tabel Ke Dalam Dokumen Kerja Kita, Kemudian Anda Juga Dapat Mengatur Format Dan Style Table, Serta Dapat Memanfaatkan Shape Dan Image, Dan Grafik Serta Diagram Untuk Memaksimalkan Dan Mempercantik Tampilan Dokumen Anda. Pada Modul Terakhir Pelajaran Kita Ini, Akan Membahas Cara Menggunakan Mail Merge. Fitur Mail Merge Ini Digunakan Untuk Membuat Dokumen Yang Berulang Dengan Isi Yang Berbeda, Contohnya Surat, Formulir, Kwitansi Dan Lain Sebagai Nya.

5 MENJALANKAN MICROSOFT WORD 2007 CARA 1 : KLIK TOMBOL START > ALL PROGRAM > MICROSOFT OFFICE >MICROSOFT OFFICE WORD 2007.

6 MENJALANKAN MICROSOFT WORD 2007 CARA 2 : KLIK TOMBOL START > RUN > KETIKKAN “WINWORD” > ENTER CARA 2 : KLIK TOMBOL START > RUN > KETIKKAN “WINWORD” > ENTER

7 PENGENALAN INTERFACE/TAMPILAN MICROSOFT WORD Pada Wi Ndows Microsoft Word 2007 Yang Muncul, Terdapat Beberapa Tampilan Sebagai Berikut (Tunjukkan Dengan Mouse Anda Masing–masing Komponen Berikut) : - Office Button - Office Button - Quick Access Toolbar - Quick Access Toolbar - Title Bar - Title Bar - Tabmenu Ribbon - Tabmenu Ribbon - Ribbon - Ribbon - Status Bar - Status Bar - Horizontal Scroll Bar - Horizontal Scroll Bar - Vertical Scroll Bar - Vertical Scroll Bar - Document Area - Document Area

8 PENGENALAN INTERFACE/TAMPILAN MICROSOFT WORD 2007

9 MENGAKTIFKAN MENU-MENU PADA MICROSOFT WORD Untuk Mengaktifkan Menu Home, Coba Anda Klik Tab Menu Home Pada Tab Menu Atau Tekan Alt+h, Perhatikan Ribbon Menu Yang Tampil. 1. Untuk Mengaktifkan Menu Home, Coba Anda Klik Tab Menu Home Pada Tab Menu Atau Tekan Alt+h, Perhatikan Ribbon Menu Yang Tampil.

10 MENGAKTIFKAN MENU-MENU PADA MICROSOFT WORD Untuk Mengaktifkan Menu Insert, Coba Anda Klik Menu Insert Pada Tab Menu Atau Tekan Alt+n, Perhatikan Ribbon Menu Yang Tampil.

11 MENGAKTIFKAN MENU-MENU PADA MICROSOFT WORD Untuk Mengaktifkan Menu Page Layout, Coba Anda Klik Tab Menu Page Layout Pada Tab Menu Atau Tekan Alt+p, Perhatikan Ribbon Menu Yang Tampil.

12 MENGAKTIFKAN MENU-MENU PADA MICROSOFT WORD Untuk Mengaktifkan Menu References, Coba Anda Klik Tab Menu References Pada Tab Menu Atau Tekan Alt+s, Perhatikan Ribbon Menu Yang Tampil.

13 MENGAKTIFKAN MENU-MENU PADA MICROSOFT WORD 2007.

14

15 7.Untuk Mengaktifkan Menu View, Coba Anda Klik Tab Menu View Pada Tab Menu Atau Tekan Alt+w, Perhatikan Ribbon Menu Yang Tampil.

16 MENGAKTIFKAN MENU-MENU PADA MICROSOFT WORD Untuk Mengaktifkan Menu Design, Coba Anda Klik Tab Menu Design Pada Tab Menu Atau Tekan Alt+J Kemudian Tekan T, Perhatikan Ribbon Menu Yang Tampil. 8. Untuk Mengaktifkan Menu Design, Coba Anda Klik Tab Menu Design Pada Tab Menu Atau Tekan Alt+J Kemudian Tekan T, Perhatikan Ribbon Menu Yang Tampil.

17 MENGAKTIFKAN MENU-MENU PADA MICROSOFT WORD Untuk Mengaktifkan Menu Layout, Coba Anda Klik Tab Menu Layout Pada Tab Menu Atau Tekan Alt+j Kemudian Tekan L, Perhatikan Ribbon Menu Yang Tampil.

18 MENGAKTIFKAN MENU-MENU PADA MICROSOFT WORD Tips : Jika Mouse Anda Terdapat Tombol Scrollnya, Maka Anda Dapat Berpindah Dari Satu Menu Ke Menu Lainnya Dengan Menggeser Tombol Scroll Yang Ada Pada Mouse Anda Tips : Jika Mouse Anda Terdapat Tombol Scrollnya, Maka Anda Dapat Berpindah Dari Satu Menu Ke Menu Lainnya Dengan Menggeser Tombol Scroll Yang Ada Pada Mouse Anda

19 MEMBUAT DOKUMEN BARU DALAM MICROSOFT WORD Klik Office Buttom > New. 2.Pada Kotak Dialog Yang Muncul Pilih > Blank Document > Klik Tombol Create.

20 Kemudian Ketikkanlah Teks Di Bawah Ini (Ketikan Teksnya Saja. Untuk Fomat Dokumennya Akan Dibahas Pada Latihan Berikutnya). Kemudian Ketikkanlah Teks Di Bawah Ini (Ketikan Teksnya Saja. Untuk Fomat Dokumennya Akan Dibahas Pada Latihan Berikutnya).

21 MENYIMPAN DOKUMEN KERJA. 1.Setelah Teks Selesai Anda Ketik, Klik Office Button. 2.Pilih Save Atau Save As (Untuk Menyi Mpan Dengan Nama Yang Beda Dengan Nama Sebelumnya). 3.Pilih Word Document.

22 4.Pada Windows Yang Muncul, Pilih Folder Document, Ketikkan Nama Filenya Pada File Name “Tips Nama Cantik”. Pilih Word Document Pada Save As Type. 5.Klik tombol Save.

23 MENUTUP DOKUMEN KERJA. 1. KLIK OFFICE BUTTON > CLOSE (CTRL + W). 1. KLIK OFFICE BUTTON > CLOSE (CTRL + W).

24 MEMBUKA DOKUMEN YANG TELAH DISIMPAN. 1.Klik Office Button > Open 2. Pada Kotak Dialog Yang Muncul, Pilih Folder Yang Akan Dibuka Filenya Yaitu Fol Der “Documents”. 3. Pilih Nama Filenya “Tips Nama Cantik”. 4. Klik Tombol Open.

25 MEMILIH TEKS YANG AKAN DIFORMAT/EDIT. 1.Setelah File Terbuka, Coba Klik Drag Pada Teks Untuk Memilih Bebas.

26 2. SEKARANG DOUBLE KLIK UNT UK MEMILIH SATU KATA. 2. SEKARANG DOUBLE KLIK UNT UK MEMILIH SATU KATA.

27 3. COBA KLIK TIGA KALI PADA PARAGRAF UNTUK MEMILIH SATU PARAGRAF. 3. COBA KLIK TIGA KALI PADA PARAGRAF UNTUK MEMILIH SATU PARAGRAF.

28 4. SEKARANG COBA CTRL+KLIK DI AWAL KALIMAT UNT UK MEMILH SATU KALIMAT. 4. SEKARANG COBA CTRL+KLIK DI AWAL KALIMAT UNT UK MEMILH SATU KALIMAT.

29 5. KEMUDIAN TEKAN CTRL+A PADA KEYOBARD UNTUK MEMILIH SEMUA TEKS DALAM DOKUMEN. 5. KEMUDIAN TEKAN CTRL+A PADA KEYOBARD UNTUK MEMILIH SEMUA TEKS DALAM DOKUMEN.

30 MEMINDAHKAN DAN MENDUPLIKASI TEKS. 1. PILIH/SELEKSI PARAGRAF 1, KLIK ICON CUT (CTRL+X) PADA TAB RIBBON CLIPBOARD. 1. PILIH/SELEKSI PARAGRAF 1, KLIK ICON CUT (CTRL+X) PADA TAB RIBBON CLIPBOARD. 2. LETAKKAN KURSOR DIAKHIR DOKUMEN. KEMUDIAN KLIK ICON PASTE (CTRL + V). 2. LETAKKAN KURSOR DIAKHIR DOKUMEN. KEMUDIAN KLIK ICON PASTE (CTRL + V). 3. UNTUK MENDUPLIKASI TEKS/ MENGKOPI, PILIH PARAGRAF TERAKHIR, KLIK ICON COPY (CTRL +C). 3. UNTUK MENDUPLIKASI TEKS/ MENGKOPI, PILIH PARAGRAF TERAKHIR, KLIK ICON COPY (CTRL +C).

31 MEMFORMAT HURUF/FONT. 1. PILIH JUDUL DOKUMEN, KLIK PADA BAGIAN TAB RIBBON FONT, PILIH JENIS HURUF (FONT) CENTURY, UKURAN HURUF (SIZE) 14, KLIK ICON STYLE HURUF (CTRL+B,CTRL+I, CTRL+U 1. PILIH JUDUL DOKUMEN, KLIK PADA BAGIAN TAB RIBBON FONT, PILIH JENIS HURUF (FONT) CENTURY, UKURAN HURUF (SIZE) 14, KLIK ICON STYLE HURUF (CTRL+B,CTRL+I, CTRL+U 2. KLIK ICON MENU CHANGE CASE, GANTI BENT UK HURUF MENJADI UPPERCASE 2. KLIK ICON MENU CHANGE CASE, GANTI BENT UK HURUF MENJADI UPPERCASE 3. UNTUK MEMBUAT EFEK HURUF, KLIK ICON MENU FONT 3. UNTUK MEMBUAT EFEK HURUF, KLIK ICON MENU FONT 4. PADA KOTAK DIALOG YANG MUNCUL, CENTANG SHADOW PADA BAGIAN EFFECT, KLIK TOMBOL OK. 4. PADA KOTAK DIALOG YANG MUNCUL, CENTANG SHADOW PADA BAGIAN EFFECT, KLIK TOMBOL OK.

32

33 MENGATUR PERATAAN PARAGRAF. 1.TEKS JUDUL MASIH DALAM KEADAAN TERPIL IH, PADA BAGIAN PARAGRAPH, KLIK ICON RATA TENGAH (CTRL+E). COBA LAKUKAN UNTUK PARAGRAF YANG LAIN SESUAI DENGAN CONTOH DOKUMEN KITA, RAT A SEIMBANG (CTRL +J), RATA KIRI(CTRL+L), RATA KANAN (CTRL+R).

34 MEMBUAT NUMBERING. 1. PILIH TEKS BARIS KE DUA DOKUMEN. 1. PILIH TEKS BARIS KE DUA DOKUMEN. 2. KLIK ICON PADA RIBBON PARAGRAPH, KEMUDIAN PILIH JENIS NUMBER 2. KLIK ICON PADA RIBBON PARAGRAPH, KEMUDIAN PILIH JENIS NUMBER

35 MEMBUAT NUMBERING. 4. TEKAN TOMBL CTRL + B. 4. TEKAN TOMBL CTRL + B. 5. LAKUKAN UNT UK TEKS YANG MEMPUNYAI F OMAT NUMBERING YANG SAMA. 5. LAKUKAN UNT UK TEKS YANG MEMPUNYAI F OMAT NUMBERING YANG SAMA.

36 MEMBUAT BULLET. 1. PILIH TEKS “JANGAN TERLALU PANJANG” KEMUDIAN TEKAN CTRL PILI H TEKS “JANGAN MEMILIH NAMA …… “. 1. PILIH TEKS “JANGAN TERLALU PANJANG” KEMUDIAN TEKAN CTRL PILI H TEKS “JANGAN MEMILIH NAMA …… “.

37 2. KLIK ICON MENU BULLET PADA RIBBON PARAGRAPH > DEFI NE NEW BULLET 2. KLIK ICON MENU BULLET PADA RIBBON PARAGRAPH > DEFI NE NEW BULLET

38 3. PADA KOTAK DIALOG YANG MUNCUL KLIK SYMBOL. 3. PADA KOTAK DIALOG YANG MUNCUL KLIK SYMBOL.

39 4. GANTI FONT MENJADI WINGDINGS, KEMUDIAN PILIH JENI S SIMBOLNYA, KLIK OK, KEMUDIAN KLIK TOMBOL OK KEMBALI. 4. GANTI FONT MENJADI WINGDINGS, KEMUDIAN PILIH JENI S SIMBOLNYA, KLIK OK, KEMUDIAN KLIK TOMBOL OK KEMBALI.

40 MENGATUR JARAK BARIS/SPASI BARIS 1. PILIH/SELEKSI SEMUA TEKS (CTRL+A), KLIK TAB HOME MENU. KLIK TOMBOL PARAGRAPH DIALOG BOX PADA RIBBON. 1. PILIH/SELEKSI SEMUA TEKS (CTRL+A), KLIK TAB HOME MENU. KLIK TOMBOL PARAGRAPH DIALOG BOX PADA RIBBON.

41 2. PADA KOTAK DIALOG YANG MUNCUL, KLIK TAB INDENTS AND SPACING, KEMUDIAN TENT UKAN LEBAR SPASI 1,5 LINES PADA LINE SPACING. KLIK TOMBOL OK. PERHATIKAN HASILNYA. 2. PADA KOTAK DIALOG YANG MUNCUL, KLIK TAB INDENTS AND SPACING, KEMUDIAN TENT UKAN LEBAR SPASI 1,5 LINES PADA LINE SPACING. KLIK TOMBOL OK. PERHATIKAN HASILNYA.

42 MENGATUR JARAK ANTAR PARAGRAF. 1. PILIH SEMUA TEKS KEMBALI, KLIK TAB HOME MENU, KLIK TOMBOL PARAGRAPH DIALOG BOX PADA RIBBON. 1. PILIH SEMUA TEKS KEMBALI, KLIK TAB HOME MENU, KLIK TOMBOL PARAGRAPH DIALOG BOX PADA RIBBON.

43 2.PADA KOTAK DIALOG YANG MUNCUL, KLIK TAB INDENTS AND SPACING, PADA BAGIAN SPACING ISIKAN BEFORE 5, AFTER 5. KL IK TOMBOL OK.


Download ppt "APLIKASI KOMPUTER ALIFIA DYAH RATU ANISA. PENDAHULUAN Microsoft Word 2007 Adalah Program Aplikasi Pengolah Kata Produk Microsoft Yang Merupakan Kelanj."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google