Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nama: Agung Fitra Yudha NIM: 20110110071. 1.Suatu aliran air yang melalui pipa outflow dibawah struktur bangunan seperti tampak pada Gambar mempunyai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nama: Agung Fitra Yudha NIM: 20110110071. 1.Suatu aliran air yang melalui pipa outflow dibawah struktur bangunan seperti tampak pada Gambar mempunyai."— Transcript presentasi:

1 Nama: Agung Fitra Yudha NIM:

2 1.Suatu aliran air yang melalui pipa outflow dibawah struktur bangunan seperti tampak pada Gambar mempunyai pembagian kecepatan seragam dimana garis-garis arusnya lurus dan sejajar. Dengan dimensi seperti yang tercantum pada Gambar, hitung besar dan arah garis komponen gaya horizontal yang dikerjakan oleh aliran pada struktur ”outflow”. Gambar Suatu struktur outflow

3 Jawaban : Lebar penampang 1 = 0,60 m (tegak lurus bidang gambar) A1 = 0,942 x 0,6 = 0,565 m2 A2 = ¼ π x 0,452 = 0,160 m2 Penerapan persamaan Bernoulli antara penampang 1 dan penampang 2 (tidak terdapat kehilangan energi) di dapat persamaan :

4 Dengan menggunakan persamaan kontinuitas didapat : jadi

5 Persamaan momentum di arah x menghasilkan Dari hasil perhitungan tersebut dapat dilihat bahwa gaya yang bekerja pada cairan sebesar Fx adalah ke arah hilir, sedang gaya yang bekerja pada struktur mengarah ke hulu (Å).

6 2. Di dalam suatu aliran melalui suatu pintu air bukaan bawah (under sluice) seperti tampak pada Gambar kehilangan energi diabaikan. Apabila kedalaman air tepat pada vena kontrakta adalah hc=45 cm dan kedalam air dihilir adalah h2=200 cm, tentukan kedalaman air tepat di hulu pintu (h1). Pada penerapan hukum energi besarnya dianggap sama dengan nol untuk memindahkan / menyederhanakan perhitungan. Beri alasan pengambilan asumsi atau anggapan tersebut. Gambar Aliran melalui pintu air bukaan bawah

7 Jawaban : Penerapan persamaan energi dari penampang 1 ke penampang c. Karena kecil sekali dibanding maka biasanya harga dianggap sama dengan nol atau diabaikan sehingga persamaan tersebut dapat disederhanakan menjadi :

8 Dari jawaban soal yaitu penurunan persamaan dari penggabungan persamaan momentum dan persamaan kontinuitas diketahui bahwa : Dengan demikian maka :

9 Dengan menggunakan persamaan kontinuitas diketahui bahwa : dimana B adalah lebar saluran, dan dengan demikian : Harga tersebut jauh lebih kecil daripada h1 sehingga dapat diabaikan.


Download ppt "Nama: Agung Fitra Yudha NIM: 20110110071. 1.Suatu aliran air yang melalui pipa outflow dibawah struktur bangunan seperti tampak pada Gambar mempunyai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google