Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PASCAL Pendahuluan. Pascal vs C PascalC 1.memiliki lebih banyak kosakata untuk perintah-perintahnya 2.Tidak case sensitive 3.Kerangka program namaprogram;

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PASCAL Pendahuluan. Pascal vs C PascalC 1.memiliki lebih banyak kosakata untuk perintah-perintahnya 2.Tidak case sensitive 3.Kerangka program namaprogram;"— Transcript presentasi:

1 PASCAL Pendahuluan

2 Pascal vs C PascalC 1.memiliki lebih banyak kosakata untuk perintah-perintahnya 2.Tidak case sensitive 3.Kerangka program namaprogram; begin writeln(‘Halo dunia !); end. 4. Variabel var namavar : integer; /* C */ int var21=3, var22=2, var23; /* 3 variabel bertipe integer, 2 diinisialisasi. 1 dibiarkan apa adanya*/ 1.banyak simbol-simbol seperti {, %, / 2.Case sensitive 3.Kerangka #include void main() { printf(“Halo dunia!”); } 4. Variabel int namavar; { Pascal } var var11, var12, var13 : integer; { 3 variabel bertipe integer } var21 : integer = 3; var22 : integer = 2; var23 : integer;

3 Apa itu Turbo Pascal ? • Dibuat pada tahun 1970 oleh Niklaus Wirth dan digunakan untuk pendidikan komputer • Kompiler pascal yang terkenal dan tercepat adalah Turbo PASCAL  Borland

4 Adakah versi Turbo Pascal untuk pemrograman Visual ? • Pada trend pemrograman Visual, perusahaan Borland mengeluarkan Borland Delphi yang menggunakan dasar dialek Pascal pada lingkungan pemrograman Visual.

5 Pascal adalah bahasa pemrogram terstruktur ? • Pascal adalah suatu bahasa pemrograman terstruktur. Hal tersebut berarti semua program yang anda buat harus terstruktur dan teratur, dalam hal ini ada pemakaian goto dan jump.

6 Struktur program pascal Struktur program pascal yang paling sederhana adalah : Program uses...; var...; begin.... {Your program is here} end.

7 Contoh Program lat1; uses crt; begin Clrscr; Writeln('Saya sedang belajar Pascal !'); Writeln('Di LAB B’); end.

8 Struktur program pascal yang kompleks program... ; { Program heading } uses... ; { Uses clause } label... ; { Labels } const... ; { Constants } type... ; { Types } var... ; { Variables } procedure... ; { Procedures } function... ; { Functions } begin statement; { Statements }... end.

9 Program heading • Judul program dalam Turbo Pascal bersifat optional dan tidak ada pengaruhnya dalam program. • Jika ditulis akan memberikan nama program dan suatu daftar parameter optional dimana program itu berkomunikasi. Daftar itu terdiri dari sederetan indentifier yang diakhiri dengan tanda kurung dan dipisahkan dengan tanda koma. • Contoh : Program Perhitungan(Input,Output);

10 Uses Clause • Bagian uses clause digunakan untuk menentukan library yang dibutuhkan saat proses program. LIBRARY merupakan file penyimpan subroutine yang secara berulang digunakan saat proses program. • Library ini diistilahkan sebagai unit dalam Turbo PASCAL yang terdiri dari SYSTEM, OVERLAY, GRAPH, DOS, WINCRT yang ditempatkan dalam file TURBO.TPL • Contoh : Uses Wincrt; (*menggunakan Unit Wincrt *)

11 Uses Clause NB 1. Unit system merupakan unit yang secara otomatis akan disertakan dalam setiap program, unit inilah mengatur semua perintah dasar input dan output pada Pascal. Unit ini merupakan sebuah runtime Turbo Pascal yang mendukung semua proses yang dibutuhkan pada waktu runtime (eksekusi program). Anda akan menemui pesan error seperti ini "RUNTIME ERROR" bila Anda salah dalam memanipulasi system yang diprogramkan

12 Uses Clause 2.UNIT CRT Unit ini digunakan untuk keperluan program dalam memanipulasi layar, dalam hal ini bisa berupa manipulasi TEKS, KURSOR, KODE EXTENDED KEYBOARD dll.

13 Uses Clause 3.UNIT Printer Digunakan dalam program yang berhubungan dengan printer, misalkan kita akan mencetak suatu program ke printer maka unit ini harus digunakan untuk mengaktifkan printer. Contoh program yang menggunakan unit printer : (* Program Pencetakan Printer*) Uses Printer; Begin WriteLn(Lst,'Saya sedang mencoba Printer.'); WriteLn(Lst,'Create By : Suryatekno©2008'); WriteLn(Lst,'============================'); End.

14 Uses Clause 4.UNIT DOS Unit ini digunakan bila anda akan mengaktifkan prosedur-prosedur yang ada dalam DOS seperti DosVersion, GetTime, SetTime, DiskSize, DiskFree, Call, Dir, Path, Copy dan sebagainya. Contoh program yang menggunakan unit DOS : (* Program melihat versi DOS dan sisa Disk*) Uses DOS,CRT; var ukuran : longint; Begin ukuran := DiskFree(0); ClrScr; WriteLn('Versi DOS yang Anda gunakan adalah : MS-DOS ',DosVersion); WriteLn('Sisa Kapasitas Harddisk Anda : ',ukuran,' Bytes'); WriteLn; WriteLn('Tekan tombol apa saja untuk keluar'); ReadLn; End.

15 Uses Clause 5.UNIT Graph Unit ini digunakan untuk menampilkan grafik seperti Tabel, Chart Statistik dan sebagainya. Biasanya Unit ini digunakan bila kita ingin menampilkan suatu grafik seperti pada MS-EXCEL. Bisa juga digunakan untuk membuat animasi, Game dan sebagainya. { Program menampilkan Grafik Bar, Uses Graph; var Driver,Model : integer; I : integer; Begin Driver := VGA; Model := VGAHi; InitGraph(Driver, Model, ' '); Line(20,25,20,155); Line(20,155,200,155); Randomize; for I := 0 to 4 do Bar3D(30+I*35, 154- Random(100),55+I*35,154,15,TopOn); WriteLn; WriteLn('Tekan Sembarang Tombol untuk Keluar'); ReadLn; End.

16 Declaration • Bagian ini meliputi deklarasi untuk label, const, type, var, procedure dan function. • Setiap deklarasi tersebut harus bersifat unik (tidak boleh serupa satu sama yang lain). • Penulisan nama dalam deklarasi tersebut harus memenuhi syarat- syarat sebagai berikut : - panjang nama maximum 63 character, diawali dengan alphabet - tidak ada special character kecuali tanda garis bawah ("_") - tidak boleh serupa dengan reserved word (kata tercadang) - tidak boleh serupa dengan indentifier lainnya.

17 Variabel Declaration Setiap variabel yang digunakan dalam program harus didefinisikan terlebih dahulu sebelum digunakan. Cara penulisan ini adalah : Var : ;

18 Statement Bagian ini merupakan inti dari program. Seluruh perintah dan urutannya serta proses Input/Output dalam program perlu disusun secara teratur oleh penyusun program. Segala yang ada pada bagian uses maupun deklarasi merupakan pendukung terhadap isi program.

19 Keterangan /Komentar Untuk membuat program anda menjadi mudah dibaca dan dimengerti, maka perlu diberi keterangan yang akan diabaikan oleh kompiler. Untuk membuat keterangan gunakan tanda kurawal { ini adalah keterangan }, atau (* ini adalah keterangan *).

20 Type data 1.Ordinal types - Integer TiprJangkauanukuran Shotint bit Integer bit Longint bit Byte bit Word bit

21 Type data - Char Type variabel yang berguna untuk pengolahan character ASCII, type character ini penulisannya ditandai dengan dua buah petik tunggal seperti : 'A', '3','*',#7 untuk menyatakan ' harus ditulis '''‘ - Boolean Type varibale yang berguna untuk pengolahan hal yang hanya mempunyai dua ketentuan yaitu benar(TRUE) dan salah(FALSE) saja.

22 Type data • 2.Real types Type variable yang beguna untuk pengolahan data yang tidak bulat, untuk type real ini juga terbagi atas beberapa :

23 Type data- Operator

24

25 Input-Output • Pascal menyediakan perintah Write dan Writeln yang dapat anda gunakan untuk menampilkan tulisan ke layar. {Deklarasi variabel} var UmurKu : Byte; Keterangan : String; (*Program anda*) begin UmurKu:=19; Keterangan:='Hi, saya sedang belajar Pascal di LAB B'; Writeln('Saya berumur ',UmurKu,' tahun'); Writeln(Keterangan); end.

26 Input-Output Perintah Readln dapat digunakan untuk membaca masukan dari pemakai dan menyimpannya ke suatu variabel. var UmurKu : Byte; Keterangan : String; begin Write('Berapa umur anda ? '); Readln(UmurKu); Write('Komentar anda: '); Readln(Keterangan); Writeln; Writeln('Saya berumur ',UmurKu,' tahun'); Writeln(Keterangan); end.

27 Batasan desimal untuk data Real type • menggunakan :x:y setelah variabel yang akan dibatasi pencetakan nilainya, dimana x adalah jumlah tempat sebelum desimal dan y adalah jumlah tempat setelah desimal var Pi : Real; Begin Pi := 22/7; Writeln('Bilangan Pi adalah ', Pi); Writeln('Bilangan Pi adalah ', Pi:2:3); end.

28 Pemrograman terstruktur • Salah satu sasaran dalam men-desain program terstruktur adalah mengurangi kebingungan yang dihasilkan dari penggunaan percabangan atau perintah go-to. • Dalam pemrograman terstruktur tidak digunakan lagi perintah go-to. Ada tiga bentuk yang digunakan yaitu : Sequence Structure, Loop Structure dan Selection Structure.

29 • Sequence Structure

30 • Loop Structure

31 • Selection Structure


Download ppt "PASCAL Pendahuluan. Pascal vs C PascalC 1.memiliki lebih banyak kosakata untuk perintah-perintahnya 2.Tidak case sensitive 3.Kerangka program namaprogram;"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google