Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 PEMROGRAMAN PASCAL Sejarah Pascal Pascal merupakan pengembangan dari bahasa ALGOL 60, bahasa pemrograman untuk sains komputasi. Tahun 1960, beberapa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 PEMROGRAMAN PASCAL Sejarah Pascal Pascal merupakan pengembangan dari bahasa ALGOL 60, bahasa pemrograman untuk sains komputasi. Tahun 1960, beberapa."— Transcript presentasi:

1 1 PEMROGRAMAN PASCAL Sejarah Pascal Pascal merupakan pengembangan dari bahasa ALGOL 60, bahasa pemrograman untuk sains komputasi. Tahun 1960, beberapa ahli komputer bekerja untuk mengembangkan bahasa ALGOL, salah satunya adalah Dr. Niklaus Wirth dari Swiss Federal Institute of Technology (ETH-Zurich), yang merupakan anggota grup yang membuat ALGOL. Tahun 1971, dia menerbitkan suatu spesifikasi untuk highly- structured language (bahasa tinggi yang terstruktur) yang menyerupai ALGOL. Dia menamainya dengan PASCAL (dari nama Blaise Pascal, ahli matematika&philosophi terkenal abad 17 dari Perancis). Pascal bersifat data oriented, yaitu programmer diberi keleluasaan untuk mendefinisikan data sendiri. Pascal juga merupakan teaching language (banyak dipakai untuk pengajaran tentang konsep pemrograman). Kelebihan yang lain adalah penulisan kode Pascal yang luwes, tidak seperti misalnya FORTRAN, yang memerlukan programmer untuk menulis kode dengan format tertentu. Sejarah Pascal Pascal merupakan pengembangan dari bahasa ALGOL 60, bahasa pemrograman untuk sains komputasi. Tahun 1960, beberapa ahli komputer bekerja untuk mengembangkan bahasa ALGOL, salah satunya adalah Dr. Niklaus Wirth dari Swiss Federal Institute of Technology (ETH-Zurich), yang merupakan anggota grup yang membuat ALGOL. Tahun 1971, dia menerbitkan suatu spesifikasi untuk highly- structured language (bahasa tinggi yang terstruktur) yang menyerupai ALGOL. Dia menamainya dengan PASCAL (dari nama Blaise Pascal, ahli matematika&philosophi terkenal abad 17 dari Perancis). Pascal bersifat data oriented, yaitu programmer diberi keleluasaan untuk mendefinisikan data sendiri. Pascal juga merupakan teaching language (banyak dipakai untuk pengajaran tentang konsep pemrograman). Kelebihan yang lain adalah penulisan kode Pascal yang luwes, tidak seperti misalnya FORTRAN, yang memerlukan programmer untuk menulis kode dengan format tertentu.

2 2 PASCAL sebagai bahasa terstruktur Sebagai bahasa terstruktur, PASCAL mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: 1. Berurutan Susunan dari kode-kode dalam teks Pascal harus ditulis secara urut dari atas, pernyataan-pernyataan yang ditulis lebih awal akan dieksekusi lebih dahulu. Oleh karena itu, suatu pernyataan yang menyangkut suatu variabel di dalam program, maka variable itu harus terdefinisi dahulu sebelumnya. Hal ini terutama menyangkut pada pemanggilan sub-program oleh sub-program yang lain. Bisa dibaca lebih lanjut pada bagian sub-program. 2. Blok dengan batas-batas yang jelas. Pascal memberikan pembatas yang jelas pada tiap-tiap blok, seperti pada blok program utama, sub-program, struktur kontrol (pengulangan/ pemilihan), dll. Pemakaian kata kunci begin untuk mengawali operasi pada blok dan end untuk menutupnya memudahkan programmer menyusun programnya dengan mudah. Seperti contoh: If X>0 then begin Write ( ‘ bilangan positif’); Writeln ( ‘ program selesai’); end;

3 3 PASCAL sebagai bahasa terstruktur 3. Satu pintu masuk dan satu pintu keluar pada blok pemilihan dan pengulangan. Contoh di atas juga mengilustrasikan pintu masuk tunggal pada suatu blok pemilihan yaitu suatu test logika X>0, dengan pintu keluaran yang satu pula (satu disini maksudnya bukan dua baris perintah output tapi suatu paket perintah yang dirangkai dengan begin.. end.

4 4 Tiga Kriteria program yang baik 1. Benar, artinya bahwa setiap program harus mengandung kebenaran. 2. Jelas, artinya program yang baik akan jelas dan mudah dipelajari atau dipahami. 3. Efisien, artinya jika terdapat beberapa alternatif pemecahan masalah dalam program maka program yang paling efisienlah yang paling baik, yang dapat dilihat dari segi waktu eksekusi maupun memory penyimpanan.

5 5 Analisa Desain (Merancang) Coding Testing Dokumentasi

6 6 ANALISA Proses menentukan tujuan yang diiginkan atau yang akan dicapai dengan cara efisien dan efektif, yang meliputi : satu :Mendefinisikan masalah (seringkali masalah yang ada tidak dinyatakan dengan baik dan jelas sehingga memungkinkan tidak ditemukan solusinya, masukan dan keluaran harus juga dinyatakan dengan jelas.

7 7 Kedua : Memilih garis besar (outline) pemecahan. Cara pemecahan ini menggunakan Top Down Design (memecahkan masalah dengan mendekomposisi masalah menjadi submasalah-submasalah yang lebih sederhana, misalnya : garis besar pemecahan pertama yang ditemukan adalah yang paling baik maka tidak perlu melakukan usaha tambahan untuk mencari cara lain, Demikian juga sebaliknya. Contohnya mencari nama dalam buku telp. Kita perlu mempertimbangkan dari segi efisien dan efektif.

8 8 Ketiga : Desain atau merancang atau menterjemahkan garis besar tadi menjadi langkah-langkah yang lebih rinci ke dalam bentuk algorithma. Keempat : Menerjemahkan algorithma ke dalam bahasa pemrograman dalam hal ini (Pascal).Proses penerjemahan algorithma ke dalam bahasa pemrograman disebut dengan pengkodean(coding) sedangkan statement- statement yang dituliskan dalam bahasa pemrograman disebut dengan code atau program. Jadi jelas pengkodean tidak sama dengan Pemrograman; pengkodean hanya salah satu langkah dalam pemrograman.

9 9 Kelima : Setelah algorithma dikodekan atau program sudah ditulis maka program tersebut dapat diuji. Pengujian dilakukan untuk menemukan kesalahan yang mungkin terjadi, dengan cara : memeriksa kemungkinan kasus yang mungkin terjadi pada program tersebut. Proses ini yang disebut dengan Debugging yaitu menemukan kesalahan (bug) dan menghilangkannya (memperbaikinya).

10 10 Keenam :Dokumentasi, yaitu Menyimpan seluruh dokumen baik secara hardcopy maupun softcopy dengan maksud jika permasalahan tersebut akan dikembangkan maka dengan mudah kita melakukan revisi pada bagian yang akan dikembangkan. Keenam :Dokumentasi, yaitu Menyimpan seluruh dokumen baik secara hardcopy maupun softcopy dengan maksud jika permasalahan tersebut akan dikembangkan maka dengan mudah kita melakukan revisi pada bagian yang akan dikembangkan.

11 11 Tiga Kriteria program yang baik 1. Benar, artinya bahwa setiap program harus mengandung kebenaran. 2. Jelas, artinya program yang baik akan jelas dan mudah dipelajari atau dipahami. 3. Efisien, artinya jika terdapat beberapa alternatif pemecahan masalah dalam program maka program yang paling efisienlah yang paling baik, yang dapat dilihat dari segi waktu eksekusi maupun memory penyimpanan.

12 12 STRUKTUR PASCAL Kepala Deklarasi variabel, konstanta dan fungsi/prosedur Kepala Deklarasi variabel, konstanta dan fungsi/prosedur Pernyataan peubah (variable) var panjang : integer; Lebar : integer; luas, keliling : integer;Pernyataan peubah (variable) var panjang : integer; Lebar : integer; luas, keliling : integer; Pernyataan nilai tetap (constants) const KONSTANTA1 = 'abcd'; angkaku = 3.14;Pernyataan nilai tetap (constants) const KONSTANTA1 = 'abcd'; angkaku = 3.14; Badan Begin { KODE PROGRAM LAINNYA }... End. Badan Begin { KODE PROGRAM LAINNYA }... End.

13 13 Nama yang dipergunakan di dalam program Pascal disebut dengan pengenal atau Identifier. Identifier digunakan untuk nama: Program, Sub-program (procedure dan function), nama: Variable, Constant, Type, Label. Nama-nama ini digunakan untuk pemakaian dan pemanggilan dalam program. Ketentuan penulisan identifier Nama yang dipergunakan di dalam program Pascal disebut dengan pengenal atau Identifier. Identifier digunakan untuk nama: Program, Sub-program (procedure dan function), nama: Variable, Constant, Type, Label. Nama-nama ini digunakan untuk pemakaian dan pemanggilan dalam program. Ketentuan penulisan identifier a.Nama identifier harus dimulai dengan karakter huruf alfabet: a sampai z, A sampai Z atau karakter ‘_’ (underscore - garis bawah) b.Karakter berikutnya boleh karakter numerik (0.. 9) atau kombinasi alphanumerik (huruf-numerik). c.Panjang nama, pada berbagai versi Pascal umumnya antara d.Tidak boleh menggunakan karakter istimewa: + - * / | \ = [ ]., ; : ( ) { } $ # ~ ! % & ` ” ‘ dan ? Contoh penulisan:Penulisan yang benar: NamaMahasiswa, Gaji_Karyawan, PX4, dll. Penulisan yang salah: 3X, A & B, C Z dll

14 14 Variable adalah identifier yang berisi data yang dapat berubah- ubah nilainya di dalam program. Deklarasi Variable adalah : a. Memberikan nama variabel sebagai identitas pengenal b. Menentukan tipe data variabel Contoh deklarasi variabel: var X : integer; R : real; C : char; T : boolean; Konstanta adalah identifier yang berisi data yang nilainya tidak berubah di dalam program. Deklarasi Konstanta adalah: a. Memberikan nama konstanta sebagai identitas pengenal b. Menentukan nilai konstanta Contoh deklarasi konstanta: conts MaxSize = 100; {integer} ExitC = ‘Q’; {char} Variable adalah identifier yang berisi data yang dapat berubah- ubah nilainya di dalam program. Deklarasi Variable adalah : a. Memberikan nama variabel sebagai identitas pengenal b. Menentukan tipe data variabel Contoh deklarasi variabel: var X : integer; R : real; C : char; T : boolean; Konstanta adalah identifier yang berisi data yang nilainya tidak berubah di dalam program. Deklarasi Konstanta adalah: a. Memberikan nama konstanta sebagai identitas pengenal b. Menentukan nilai konstanta Contoh deklarasi konstanta: conts MaxSize = 100; {integer} ExitC = ‘Q’; {char} Reserved Words atau kata-kata cadangan pada Pascal adalah kata-kata yang sudah didefinisikan oleh Pascal yang mempunyai maksdu tertentu.Suatu Unit adalah kumpulan dari konstanta, tipe-tipe data, variabel, prosedur dan fungsi-fungsi. Unit standar pada Pascal yang bisa langsung digunakan adalah System, Crt, Printer Dos dan Graph. Untuk menggunakan suatu unit, maka kita harus meletakkan clausa atau anak kalimat Uses di awal blok program, diikuti oleh daftar nama unit yang digunakan. Pada materi ini yang akan dibahas adalah unit Crt. Unit ini digunakan untuk memanipulasi layar teks (windowing, peletakan cursor di layar, Color pada teks, kode extended keyboard dan lain sebagainya.

15 15 Operasi masukan dan keluaran Keluaran Ada beberapa fungsi untuk menampilkan keluaran di layar, diantaranya: - write - writeln Keluaran Ada beberapa fungsi untuk menampilkan keluaran di layar, diantaranya: - write - writeln Masukan Ada beberapa fungsi untuk mendapatkan masukan dari pengguna, diantaranya: - read - readln Masukan Ada beberapa fungsi untuk mendapatkan masukan dari pengguna, diantaranya: - read - readln

16 16 program Welcome; uses WinCrt; WinCrt;beginclrscr; Writeln('Welcome to Turbo Pascal for Windows'); Writeln('Welcome to Turbo Pascal for Windows');end.

17 17 Bagian USES USES adalah wajib dideklarasikan yang berguna untuk mendeklarasikan piranti yang akan digunakan oleh pascal. Unit-unit piranti yang dikenal oleh pascal adalah: CRT, String, DOS, Graph, Printer, dan System. Bentuk umum: USES ;. Contoh: uses crt, dos; Unit system sudah tidak perlu dideklarasikan lagi sedangkan CRT berguna untuk memanipulasi tampilan monitor/screen, unit DOS untuk fungsi- fungsi DOS seperti DiskFree, SetTime, dll. Unit String untuk memanipulasi tipe data string dan unit Graph untuk memanipulasi grafik dengan pascal

18 18 Contoh program TAMBAH_00; { Menjumlahkan dua bilangan yang nilainya diberikan dalam perintah} uses WinCrt; var X, Y, Z: integer; { Deklarasi variabel X,Y dan Z sebagai bilangan bulat } BEGIN { Program Utama Mulai } X := 50; { Perintah memberikan nilai 50 pada var. X } Y := 25; { Perintah memberikan nilai 25 pada var. Y } Z := X + Y; { Perintah menjumlahkan X dan Y serta menyimpan hasilnya ke Z} WRITELN(z); END. { Akhir Program Utama }

19 19 Contoh 2 uses wincrt; function hitung(var a,b:integer):integer; begin hitung:=a+b; end; var x,y:integer; begin write(’Nilai X ? ‘);readln(x); write(’Nilai Y ? ‘);readln(y); writeln; writeln(x,’+',Y,’=',Hitung(x,y)); readln; end. uses wincrt; function hitung(var a,b:integer):integer; begin hitung:=a+b; end; var x,y:integer; begin write(’Nilai X ? ‘);readln(x); write(’Nilai Y ? ‘);readln(y); writeln; writeln(x,’+',Y,’=',Hitung(x,y)); readln; end. Maka Akan tampil : Maka Akan tampil : Nilai X ? 5 Nilai Y ? 6 Nilai X ? 5 Nilai Y ? = = 11


Download ppt "1 PEMROGRAMAN PASCAL Sejarah Pascal Pascal merupakan pengembangan dari bahasa ALGOL 60, bahasa pemrograman untuk sains komputasi. Tahun 1960, beberapa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google