Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mata Kuliah– Pengenalan Aplikasi Komputer Pertemuan I- Pengetahuan Dasar Komputer.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mata Kuliah– Pengenalan Aplikasi Komputer Pertemuan I- Pengetahuan Dasar Komputer."— Transcript presentasi:

1 Mata Kuliah– Pengenalan Aplikasi Komputer Pertemuan I- Pengetahuan Dasar Komputer

2 Rincian Materi Kuliah •Teori: –Pengenalan Komputer –Software Aplikasi •Praktikum: –Ms.Word –Ms.Excel –Ms.Powerpoint –Ms. Access

3 DEFINISI KOMPUTER •Alat elektronik •Dapat menerima masukan (input) data •Dapat mengolah data (process) •Dapat memberikan/menghasilkan informasi (output) •Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program) •Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan •Bekerja secara otomatis

4 DEFINISI KOMPUTER •Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. •Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, ada beberapa definisi komputer menurut para pakar dan peneliti. –Menurut Hamacher komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. –Menurut Blissmer komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: •menerima input •memproses input tadi sesuai dengan programnya •menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan •menyediakan output dalam bentuk informasi –Menurut Fuori komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

5 Klasifikasi Komputer (1) •Berdasarkan data/sinyal masukan: –Komputer Analog –Komputer Digital –Komputer Hybrid •Berdasarkan kapasitas & ukuran: –Komputer Mikro merupakan jenis komputer kecil untuk kegunaan individu. Contoh: PC, notebook, PDA, dll. –Komputer Mini berukuran lebih besar biasanya untuk keperluan organisasi/ perusahaan. Contoh: PDP, komputer Alfa –Mainframe Kerangka utama besar dan memerlukan sebuah bilik yang besar serta pantas. Contoh: AS/400 –Komputer Super kecepatan proses yang tinggi serta memiliki kemampuan menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan main-frame. Contoh: Cray-2

6 Klasifikasi Komputer (2) •Berdasarkan generasinya: •Komputer Generasi Pertama ( ) •Komputer Generasi Kedua ( ) •Komputer Generasi Ketiga ( ) •Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang) •Komputer Generasi Kelima •Berdasarkan penggunaannya: •Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer) •Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)

7 ELEMEN SISTEM KOMPUTER 1.Perangkat Keras (Hardware): Alat memasukkan data (Input Device), alat keluaran (Output Device), CPU, tempat penyimpanan data (Storage Device), alat komunikasi (Communication Device) 2.Perangkat Lunak (Software) 3.Manusia (Brainware): personil-personil yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti Sistem analis, programmer, operator, user, dll.

8 JENIS SOFTWARE •System Software: Perangkat lunak yang bertugas sebagai perantara (intermediary) antara perangkat keras komputer (computer hardware) dengan program aplikasi (application software). Contoh: Operating System (Windows, Linux), Anti Virus, Hardware Driver. •Application Software: Perangkat lunak yang mengarahkan komputer untuk melakukan proses/aktifitas tertentu dan memberikan fungsi/kegunaan kepada pengguna (user).

9 APPLICATION SOFTWARE •General-purpose application software: Tidak berhubungan dengan aktifitas bisnis tertentu, tetapi mendukung fungsi pemrosesan informasi secara umum. Contoh: Spreadsheet (Excel), Word processing, Graphics, Multimedia •Specific-purpose application software: Software yang digunakan untuk menjalankan fungsi tertentu. Contoh: aplikasi inventaris barang, aplikasi penggajian, aplikasi akuntansi.


Download ppt "Mata Kuliah– Pengenalan Aplikasi Komputer Pertemuan I- Pengetahuan Dasar Komputer."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google