Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sejarah Komputer dan Perkemba- ngannya. Definisi Komputer Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang terdiri dari peralatan input, alat yang mengolah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sejarah Komputer dan Perkemba- ngannya. Definisi Komputer Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang terdiri dari peralatan input, alat yang mengolah."— Transcript presentasi:

1 Sejarah Komputer dan Perkemba- ngannya

2 Definisi Komputer Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang terdiri dari peralatan input, alat yang mengolah input, dan peralatan output yang memberikan informasi serta bekerja secara otomatis. Secara umum

3 Definisi Komputer ( Blissmer ) Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah- perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Menurut para ahli

4 Definisi Komputer ( Fuori ) Komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia. Menurut para ahli

5 Definisi Komputer ( Hamacher ) Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. Menurut para ahli

6 A. Komputer Mikro (Personal Computer) Pada awalnya, komputer jenis ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan per-orangan (personal). Kebutuhan per-orangan dalam hal menyimpan ataupun memproses data, tentunya tidak sebanyak kebutuhan sebuah perusahaan. Dikarenakan hal tersebut, kemampuan dan teknologi yang dimiliki oleh Personal Komputer pada awalnya memang sangat terbatas.

7 B. Komputer Mini Komputer mini mempunyai kemampuan berapa kali lebih besar jika dibanding dengan personal komputer. Hal ini disebabkan karena micro- pocessor yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika dibanding dengan micropocessor yang digunakan pada personal komputer. Ukuran pisiknya dapat sebesar almari kecil. Komputer mini pada umumnya dapat digunakan untuk melayani lebih dari satu pemakai (multi user). Dalam sistem multi user ini, pada akhirnya personal komputer banyak digunakan sebagai terminal yang berfungsi untuk memasukkan data. Contoh Komputer mini: IBM AS-400

8 C. Komputer Mainframe Ciri utama yang membedakan pengertian antara mini komputer dengan mainframe adalah, mainframe memiliki processor lebih dari satu. Dengan demikian, dari segi kecepatan proses mainframe jauh lebih cepat jika dibanding dengan mini komputer.

9 D. Super Komputer Sesuai dengan namanya, super komputer memiliki ciri khas, yaitu kecepatan proses yang tinggi serta memiliki kemampuan menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan main-frame. Harga super komputer sangatlah besar dan mahal. Salah satau contoh super komputer adalah Cray-2. Pengguna super komputer biasanya negara- negara yang sudah maju ataupun perusahaan-perusahaan yang sangat besar, seperti misalnya industri pesawat terbang Nurtanio.

10 Penggolongan Komputer Berdasarkan Data yang Diolah 1. Komputer Analog Digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontinu dan parallel, biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. Contohnya komputer yang digunakan dirumah sakit untuk mengukur suhu, kecepatan suara, voltase listrik dll.

11 Penggolongan Komputer Berdasarkan Data yang Diolah 2. Komputer Digital Digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi huruf & angka, karakter-karakter khusus) biasanya memerlukan bahasa perantara. Contohnya komputer PC dll.

12 Penggolongan Komputer Berdasarkan Data yang Diolah 3. Komputer Hybrid Merupakan kombinasi antara komputer analog dengan digital. Contohnya Facsimile, komputer di rumah sakit.

13 Penggolongan Komputer Berdasarkan Penggunaannya 1. Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer) Digunakan secara umum, misalnya untuk pengolahan grafis, pengolahan multimedia, pengolahan data base dan pengolahan program lainnya. 2. Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer) Digunakan secara khusus dan mempunyai satu fungsi kerja saja, misalnya sebagai server, PC router.

14 Penggolongan Komputer Berdasarkan Generasinya Komputer terbagi menjadi beberapa generasi sebagai berikut : 1. Komputer Generasi Pertama ( ) 2. Komputer Generasi Kedua ( ) 3. Komputer Generasi Ketiga ( ) 4. Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang) 5. Komputer Generasi Kelima

15 Penggolongan Komputer Berdasarkan Generasinya Di karakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language).Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data. Komputer Generasi 1

16 Penggolongan Komputer Berdasarkan Generasinya Komputer Generasi 2 Komputer pada saat generasi ini: printer,penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi dan program. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri.Pada tahun 1965,hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan.Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata,kalimat,dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia.

17 Penggolongan Komputer Berdasarkan Generasinya Komputer Generasi 3 Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

18 Penggolongan Komputer Berdasarkan Generasinya Komputer Generasi 4 CPU: IBM PC/486,Pentium,Pentium II,Pentium III,Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6,Athlon,dsb.Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat

19 Penggolongan Komputer Berdasarkan Generasinya Komputer Generasi 5 Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey.HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima.Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence),HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia,menggunakan masukan visual,dan belajar dari pengalamannya sendiri.

20 Penggolongan Komputer Berdasarkan Generasinya Komputer Generasi 6 Komputer generasi ke-6 menghasilkan teknologi komputer yang yang canggih dan mempunyai kemampuan untuk mengarsiteki biochip. Biochip ini terbuat dari bahan protein sintetis yang kelak akan menjadi manusia tiruan. Selain itu para ilmuwan sekarang sedang merintis suatu komputer tanpa program (programless komputer). Komputer masa depan ini tidak memerlukan penulisan atau pembuatan program. Dasar dari programless komputer ini adalah riset tentang mikrooptik dan input-output radio.


Download ppt "Sejarah Komputer dan Perkemba- ngannya. Definisi Komputer Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang terdiri dari peralatan input, alat yang mengolah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google