Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam."— Transcript presentasi:

1

2 Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain.

3

4

5 1.Processor Processor sering disebut sebagai otak dan pengendali komputer yang didukung oleh pengendali lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sitem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitunga dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh mainboard.

6

7 2. RAM (Random Access Memory) RAM itu adalah tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga computer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC dalam beroprasi. Di mainboard RAM dipasang di RAM soket.

8

9 3. VGA (Video Graphics Adapter)  VGA adalah sebuah benda untuk mengolah data graphis dan ditampilkan di layar monitor.  VGA juga memiliki processor yang dinamakan GPU (Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.

10

11 VGA terdapat ada dua jenis yaitu AGP dan PCI perbedaannya terletak di kaki VGAnya.  AGP  PCI

12 4. Northbridge Northbridge itu adalah benda yang mengatur jalannya CPU dan RAM istilahnya northbridge ini controlnya CPU dan RAM.

13

14 5. Southbridge Southbridge adalah tempat pengaturnya input output device. Jadi semua yang berhubungan dengan input output diatur oleh southbridge.

15

16 6. Baterai CMOS  CMOS : Complementary Metal Oxide Semiconductor  Biasa disebut dengan CMOS RAM  Baterai CMOS : sebuah baterai yang digunakan oleh BIOS untuk tetap aktif meski tanpa aliran listrik.  Ciri-ciri : berbentuk bulat pipih (sama seperti yang digunakan pada jam tangan)

17

18 7. Chip Bios Kegunaan Chip Bios ini untuk menampilkan bios di layar computer

19 8. Hard Disk Hard Disk adalah hardware yang berfungsi sebagai penyimpan data, bila tidak ada hard disk ini komputer kita tidak bisa menyimpan data-data yang telah kita masukan ke computer.

20

21 Hard Disk ini ada dua tipe yaitu: Type ATA Perbedaannya terletak dari kecepatan menginput atau output data dari hard disk, yang S-ATA lebih cepat dari ATA.

22 9. DVD-RW DVD-RW adalah tempat memutar, membaca, dan membackup data ke disc. Gambar dari DVD-RW seperti di bawah ini..

23 10. Port  Port : merupakan colokan yang biasanya terpasang di bagian belakang case komputer yang berfungsi sebagai penghubung antara komponen dalam yaitu sistem dengan komponen luar.

24 Jenis-jenis Port Port USB Port SCSI Port Serial Port Parallel Port Infra merah

25  Fungsi: untuk menghubungkan berbagai piranti keras seperti scanner, camera digital, printer, zip drive, dan sebagainya.  Memiliki kecepatan tinggi dibandingkan dengan port serial atau port paralel.

26  Jenis port yang memungkinkan koneksi antar piranti dalam bentuk sambung menyambung.  Kecepatan transfer : 32 bit per waktu  Fungsi: untuk menghubungkan scanner, printer, hard drive, tape drive.  Konektor yang digunakan : DB-25 dan 50 pin Centronics SCSI

27

28  Fungsi: untuk melakukan transmisi data yang beroreintasi pada pengiriman sebuah bit per waktu karena sifatnya demikian pengiriman data berjalan agak lambat.  Digunakan untuk mengoneksi piranti : › Mouse › Printer › Card reader › Modem › PLC (Programmable Logic Controller) › Pembaca kartu magnetik dan barcode

29  Sering dinyatakan dengan nama COM  Konektor yang digunakan : RS-232C dengan 9 pin atau 25 pin

30  Port ini sering disebut sebagai port LPT (Line Print Terminal).  Bekerja 8 bit per waktu.  Digunakan untuk printer parallel dan zip drive.  Konektor yang digunakan : DB-25 yang terdiri dari 25 pin.

31

32  Digunakan untuk mendukung hubungan tanpa kabel  Contoh : untuk menghubungkan mouse yang menggunakan infra merah sebagai media transmisi, mengirim data dari ponsel, dan sebagainya.

33

34 THANK YOU FOR YOUR ATTENTION! 


Download ppt "Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google