Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM UNIT PTI smst1 2011. Ada 9 komponen sistem unit : 1.CPUCPU 2.MotherboardMotherboard 3.MemoriMemori 4.VGA CardVGA Card 5.Sound CardSound Card 6.HardiskHardisk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM UNIT PTI smst1 2011. Ada 9 komponen sistem unit : 1.CPUCPU 2.MotherboardMotherboard 3.MemoriMemori 4.VGA CardVGA Card 5.Sound CardSound Card 6.HardiskHardisk."— Transcript presentasi:

1 SISTEM UNIT PTI smst1 2011

2 Ada 9 komponen sistem unit : 1.CPUCPU 2.MotherboardMotherboard 3.MemoriMemori 4.VGA CardVGA Card 5.Sound CardSound Card 6.HardiskHardisk 7.PowersupplyPowersupply 8.Kartu Jaringan (NIC)Kartu Jaringan (NIC) 9.Kartu GrafisKartu Grafis KOMPONEN SISTEM UNIT

3 1.CPU Microprocessor atau CPU (Central ProcessingUnit), atau biasa disebut processor saja, selalu terdapat pada tiap PC sebagai komponen utama dalam melakukan proses pengolahan data komputer (sebagai otak komputer). CPU terbagi atas tiga bagian penting, yaitu : 1. Register 2. Control Unit 3. Aritmethic and Logical Unit (ALU)

4 Register Register merupakan store (penyimpanan) yang berukuran kecil. Register yang paling penting adalah Program Counter dan Instruction Register. *Program Counter berfungsi untuk menunjukkan instruksi selanjutnya. *Instruction Register berfungsi untuk mendaftarkan semua instruksi yang ada.

5 Control Unit Control Unit memiliki fungsi sebagai berikut : a.Mengawasi peralatan input dan output. b.Memasukkan dan memanggil data dari internal memory. c.Mengendalikan dan membimbing pengolahan data secara fisik oleh ALU. d. Gampangnya sebagai pusat kontrol apa yang dilakukan oleh sebuah PC.

6 Aritmethic and Logical Unit (ALU) ALU memiliki fungsi untuk memproses data dari informasi secara aritmatik dan melakukan keputusan secara logis(Logical Condition). Click to Home 

7 2. Motherboard Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, SoundCard, Internal Modem, dll.

8 FUNGSI Motherboard Sebagai pusat pengendali, yang mengatur kerja dari semua komponen yang terdapat pada motherboard. Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC. Lalu lintas data, semuanya diatur oleh motherboard. Peyimpanan (harddisk, CD-ROM), masukan data (keyboard, mouse, scanner), serta keluaran(printer, LCD proyektor,dll)

9 contoh mainboard Click to Home 

10 3. Memori Memory adalah perangkat yang berfungsi mengolah data atau intruksi. Semakin besar memori yang disediakan, semakin banyak data maupun intruksi yang dapat mengolahnya, namun kecepatan mengaksesnya semakin lambat.

11 Macam Memori *RAM adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan data, namun bersifat sementara atau data yang tersimpan dapat dihapus. Serta pada saat RAM tidak dialiri listrik, data akan terhapus. *ROM mempunyai fungsi yang sama dengan RAM tetapi ROM bersifat permanent atau data yang tersimpan tidak dapat dihapus. Bila tak ada listrik data akan tetap ada.

12 Contoh RAM

13 Contoh ROM Click to Home 

14 4. VGA card VGA card atau graphics card mempunyai fungsi untuk menampilkan gambar/video yang diproses atau dihasilkan komputer. Seiring perkembangan teknologi, fungsi graphics card berkembang hingga mencakup beberapa fungsi tambahan, seperti menampillkan gambar/animasi 3D dan melakukan sebagian/seluruh tugas video decoding saat anda menonton video. Semakin besar ukuran layar, semakin besar resolusi. Semakin besar resolusi, semakin banyak pixel yang harus digambar.

15 Contoh VGA onBoard Click to Home 

16 5. Sound Card Suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengatur suara dan merekam suara di alam PC.

17 Contoh sound card Click to Home 

18 6. HARDISK Harddisk merupakan media penyimpan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasiyang tidak memungkinkan berada dalam 1 disket dan juga membutuhkan media penyimpan berkas yang besar misalnya database suatu instansi.

19 FUNGSI HARDISK Fungsi utamanya sebagai media penyimpanan atau storage data secara permanen. Hard disk menyimpan bermacam-macam informasi, salah satunya informasi mengenai hardware yang ada di dalam PC tersebut, lalu OS itu sendiri. Hard disk merupakan salah satu komponen yang menentukan kinerja PC. Semakin cepat harddisk bekerja, semakin cepat pula transfer yang dihasilkan

20 Contoh hardisk Click to Home 

21 7. Powersupply Catu daya adalah penyediaan tenaga listrik. Sebuah perangkat atau sistem yang memasok listrik atau lainnya, jenis energi ke output beban atau kelompok beban disebut power supply unit atau PSU.

22 Contoh Powersupply Click to Home 

23 8. Kartu jaringan (NIC) Kartu Jaringan adalah papan sirkuit komputer atau kartu yang diinstal dalam sebuah komputer sehingga dapat dihubungkan ke jaringan. Home 

24 9. Kartu grafis Kartu grafis adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, dan menghubungkan menuju beberapa layar.

25 Contoh kartu grafis : Click to Home 

26


Download ppt "SISTEM UNIT PTI smst1 2011. Ada 9 komponen sistem unit : 1.CPUCPU 2.MotherboardMotherboard 3.MemoriMemori 4.VGA CardVGA Card 5.Sound CardSound Card 6.HardiskHardisk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google