Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dalam sistem operasi Dalam sistem operasi, komputer dapat menyimpan informasi ke beberapa media penyimpanan yang berbeda, seperti magnetic disks, magnetic.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dalam sistem operasi Dalam sistem operasi, komputer dapat menyimpan informasi ke beberapa media penyimpanan yang berbeda, seperti magnetic disks, magnetic."— Transcript presentasi:

1

2

3 Dalam sistem operasi Dalam sistem operasi, komputer dapat menyimpan informasi ke beberapa media penyimpanan yang berbeda, seperti magnetic disks, magnetic tapes, dan optical disks Sistem operasi menyediakan sistem penyimpanan dengan sistematika yang seragam

4

5  Metode Akses Sekuensial (SequentialAccsess )  Metode Akses Langsung (Direct Accsess Method)  Metode Akses Berindeks (Indeks Accsess Method)

6 Berkas merepresentasikan program (baik source maupun bentuk objek) dan data. Data dari berkas dapat bersifat numerik, alfabetik, alfanumerik, ataupun biner. Format berkas juga bisa bebas, misalnya berkas teks, atau dapat juga diformat pasti. Secara umum, berkas adalah urutan bit, byte, baris, atau catatan yang didefinisikan oleh pembuat berkas dan pengguna.

7 Contohnya:  Text file ; yaitu urutan karakter yang disusun ke dalam baris-baris.  Source file ; yaitu urutan subroutine dan fungsi, yang nantinya akan dideklarasikan.  Object file ; merupakan urutan byte yang diatur ke dalam blok-blok yang dikenali oleh linker dari sistem.  Executable file ; adalah rangkaian code section yang dapat dibawa loader ke dalam memori dan dieksekusi.

8 Berkas disimpan pada media penyimpanan sekunder. Diantaranya:  Cakram magnetik seperti floppydisk atau hardisk  Cakramoptis seperti  CDROM/CDRW,DVDROM/DVD RW

9 Berkas diberi nama, untuk kenyamanan bagi pengguna, dan untuk acuan bagi data yang terkandung di dalamnya. Nama berkas biasanya berupa string atau karakter. Beberapa sistem membedakan penggunaan huruf besar dan kecil dalam penamaan sebuah berkas, sementara sistem yang lain menganggap kedua hal di atas sama. Ketika berkas diberi nama, maka berkas tersebut akan menjadi mandiri terhadap proses, pengguna, bahkan sistem yang membuatnya

10 Nama ; merupakan satu-satunya informasi yang tetap dalam bentuk yang bisa dibaca oleh manusia (human- readable form) Type ; dibutuhkan untuk sistem yang mendukung beberapa type berbeda Lokasi ; merupakan pointer ke device dan ke lokasi berkas pada device tersebut Ukuran(size) ; yaitu ukuran berkas pada saat itu, baik dalam byte, huruf, ataupun block

11 Proteksi ; adalah informasi mengenai kontrol akses, misalnya siapa saja yang boleh membaca, menulis, dan mengeksekusi berkas Waktu, tanggal dan identifikasi pengguna ; informasi ini biasanya disimpan untuk:  pembuatan berkas  modifikasi terakhir yang dilakukan pada berkas, dan  penggunaan terakhir berkas Data-data tersebut dapat berguna untuk proteksi, keamanan, dan monitoring penggunaan dari berkas

12

13

14

15

16 Ada dua cara dalam membuat berkas.  Pertama, tempat baru di dalam sistem berkas harus di alokasikan untuk berkas yang akan dibuat.  Kedua, sebuah direktori harus mempersiapkan tempat untuk berkas baru, kemudian direktori tersebut akan mencatat nama berkas dan lokasinya pada sistem berkas. Menghapus sebuah berkas : Untuk menghapus berkas kita perlu mencari berkas tersebut di dalam direktori. Setelah ditemukan kita membebaskan tempat yang dipakai berkas tersebut (sehingga dapat digunakkan oleh berkas lain ) dan menghapus tempatnya lagi di direktori

17

18

19 Lokasi berkas pada disk : Kebanyakan operasi pada berkas memerlukan sistem untuk mengubah data yang ada pada berkas. Informasi mengenai lokasi berkas pada disk disimpan di memori agar menghindari banyak pembacaan pada disk untuk setiap operasi Beberapa sistem operasi menyediakan fasilitas untuk memetakan berkas ke dalam memori pada virtual-memory systems. Hal tersebut mengijinkan bagian dari berkas ditempatkan pada suatu alamat di virtual memory.

20 Untuk sistem kecil pengguna tunggal, kita dapat memindahkan floppy disk dan menyimpannya di tempat yang aman. Tapi, dalam sistem multiuser, dibutuhkan mekanisme yang lain yaitu dengan peng bakc-up melalui sistem tools pada komputer. Atau dengan membuat partisi tambahan untuk backup data.

21 1.Struktur Organisasi Berkas bagi Pengguna 2.Struktur Organisasi Berkas di Media Penyimpanan 3.Tinjauan Direktori - Efisiensi - Pengelompokkan - Penamaan - Implementasi Direktori

22  Pengelolaan Alokasi Berkas  Pengelolaan Ruang Kosong  Proteksi dan Bagi Pakai Berkas  Backup dan Recovery

23 Teknik BIT-Vektor Menggunakan satu bt untuk menyatakan kosong tidaknya setiap alamat blok media penyimpanan. Teknik Link-list Menggunakan blok-blok kosong di media penyimpanan untuk menyimpan pointer atau alamat blok kosong berikutnya. Teknik Grouping Mengumpulkan informasi alamat kosong tersebut ke blok kosong pertama. Teknik Counting memperhitungkan rangkaian blok-blok kosong yang kontinue sebagai satu segmen.

24 Alokasi Berurut Semua bagian dari suatu berkas harus diletkakkan secara berurut pada ruangan yang tersedia. Alokasi Berantai Data berkas dapat dialokasi ke blok-blok kosong di media penyimpanan secara tersebar. Alokasi Berindeks Pemakaian suatu blok khusus untuk mencatat blok-blok yang ditempati berkas.

25 Proteksi Berkas dengan Password Dilakukan dengan memberikan suatu password untuk setiap berkas yang disimpan. Protesi dengan daftar kontrol akses (acces control list) Dilakukan dengan membuatkan suatu daftar kontrol akses atau ACL (Acces Control List) untuk setiap berkas dan disimpan pada rekaman di direktori.

26 Pemeriksaan konsistensi data Memeriksa konsistensi atribut berkas yang tersimpan pada rekaman di direktori dengan kondisi berkas yang sesungguhnya. Backup dan Pemulihan Berkas Penyalinan berkas ke media penyimpanan lain sebagai cadangan dan digunakan untuk memulihkan berkas jika terjadi kerusakan pada berkas asli.

27


Download ppt "Dalam sistem operasi Dalam sistem operasi, komputer dapat menyimpan informasi ke beberapa media penyimpanan yang berbeda, seperti magnetic disks, magnetic."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google