Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENULIS BERITA POLITIK. Bagaimana menulis berita politik? Katakan kepada pembaca atau pendengar bagaimana keputusan politik mempengaruhi kehidupan mereka.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENULIS BERITA POLITIK. Bagaimana menulis berita politik? Katakan kepada pembaca atau pendengar bagaimana keputusan politik mempengaruhi kehidupan mereka."— Transcript presentasi:

1 MENULIS BERITA POLITIK

2 Bagaimana menulis berita politik? Katakan kepada pembaca atau pendengar bagaimana keputusan politik mempengaruhi kehidupan mereka. Tugas jurnalis melaporkan pendapat yang berbeda, bukan untuk menghakimi (harus objektif). Menumbuhkan berbagai macam kontak Menulis berita yang mencerahkan. Bersikap adil terhadap semua pihak yang terlibat.

3 Prinsip reportase politik

4 Menjelaskan peristiwa dan isu Salah satu pekerjaan utama jurnalis adalah menjelaskan peristiwa dan isu dengan cara yang dimengerti pembaca/pendengar. Jika jurnalis hanya melaporkan apa yang terjadi atau apa yang dikatakan, Anda akan memberikan pembaca atau pendengar gambaran yang terfragmentasi. Mereka juga perlu tahu bagaimana dan mengapa sesuatu terjadi. Anda selalu harus menempatkan peristiwa cerita dan isu-isu dalam konteks, menunjukkan bagaimana mereka mempengaruhi orang-orang.

5 Penjelasan bukan saran Ada perbedaan penting antara menjelaskan kejadian dan memberikan saran tentang cara untuk mengubah situasi. Penjelasan jelas peran wartawan. Biarkan aktivis politik atau ahli di bidang ini untuk memberikan saran. Tugas Anda sebagai seorang jurnalis untuk melaporkan pendapat yang berbeda, bukan untuk menghakimi mereka.

6 Kenali Audiens Anda Anda perlu menyesuaikan gaya penulisan berita dengan audiens: berpendidikan, kurang berpendidikan, bahkan tidak berpendidikan. Jika pembaca atau pendengar tidak tertarik dalam politik, Anda tidak harus memaksa mereka. Namun, kurangnya minat dalam politik tidak harus menjauhkan mereka dari berita politik mempengaruhi kehidupan mereka. Sebagai contoh, pembaca atau pendengar mungkin memiliki sedikit minat dalam perdebatan di parlemen mengenai kebijakan transportasi. Namun, jika perdebatan berakhir dengan keputusan untuk meningkatkan tarif transportasi 20 persen, Anda harus memberitahu mereka.

7 Curiga Selalu ingin tahu tentang apa yang dikatakan orang (politikus), terutama ketika mereka membuat janji atau membanggakan prestasi mereka. Ketika politisi atau aktivis politik berbicara hanya tentang kebaikannya, Anda harus melihatnya sebagai publisitas/ iklan. Ketika mereka berbicara tentang persoalan saat ini, Anda harus menanyakan, apakah komentar mereka menambah pemahaman publik tentang masalah tersebut. Jika mereka melakukannya, itu adalah berita. Jika tidak, itu hanya sebuah iklan pribadi.

8 Mengolah sumber dan kontak Meskipun Anda mungkin curiga terhadap motif politisi, Anda masih harus mencoba untuk melakukan kontak di antara mereka. Anda harus menilai politisi yang tidak Anda sukai dengan cara yang sama seperti yang Anda kagumi. Setiap kali mereka berbicara tentang masalah, Anda harus bertanya: Apakah mereka memiliki kekuatan untuk melakukan apa yang mereka katakan? Dapatkah mereka mengubah kata- kata menjadi perbuatan? Apakah mereka memiliki pengaruh dalam membentuk opini? Apakah komentar mereka meningkatkan pemahaman audiens Anda tentang masalah tersebut? Jika Jawabannya YA maka layak dijadikan berita

9 Melindungi kerahasiaan Karena wartawan politik harus berurusan dengan kedua belah pihak dalam suatu argumen, Anda memiliki kewajiban untuk menghormati kerahasiaan dari sumber. Anda harus menjaga setiap janji yang Anda berikan untuk menyimpan informasi tertentu untuk diri sendiri. Jika orang merasa bahwa mereka dapat mempercayai Anda ketika menyampaikan informasi penting, mereka akan sering memberi banyak bahan, baik on the record dan off the record.

10 Ketahui Subjek Anda Mengetahui subjek yang Anda tulis dan menyiapkannya dengan benar penting dalam semua bidang jurnalisme. Sebelum Anda melakukan wawancara apapun, Anda perlu tahu tentang perkembangan masalah, baru-baru ini dan sejarah; latar belakang wawancara dan politik, dan sistem politik yang berlaku untuk masalah ini. Mempersiapkan pertanyaan untuk pencarian informasi lanjutan karena beberapa berita memerlukan pendekatan yang sangat kritis. Anda harus selalu mengejar sampai mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang akan memuaskan pembaca atau pendengar. Penting bagi Anda untuk menyimpan catatan up-to-date dari setiap perubahan dalam struktur pemerintahan atau partai politik. Setiap Anda menulis berita tentang perubahan politik atau pemerintah, juga membuat perubahan yang diperlukan dalam file referensi berita. Misalnya, jika ada perombakan kabinet, membuat daftar lengkap menteri baru dan menempatkannya dalam file newsdesk. Anda harus secara teratur memperbarui file dan periksa nomor kontak.

11 Bersambung…


Download ppt "MENULIS BERITA POLITIK. Bagaimana menulis berita politik? Katakan kepada pembaca atau pendengar bagaimana keputusan politik mempengaruhi kehidupan mereka."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google