Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

By : Nanda Prasetia. 1. Apa yang dimaksud sistem operasi dan berikan contohnya? 2. Sebutkan dan jelaskan dua fungsi utama sistem operasi? 3. Sebutkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "By : Nanda Prasetia. 1. Apa yang dimaksud sistem operasi dan berikan contohnya? 2. Sebutkan dan jelaskan dua fungsi utama sistem operasi? 3. Sebutkan."— Transcript presentasi:

1 By : Nanda Prasetia

2

3 1. Apa yang dimaksud sistem operasi dan berikan contohnya? 2. Sebutkan dan jelaskan dua fungsi utama sistem operasi? 3. Sebutkan dan jelaskan tiga sasaran sistem operasi? 4. Layanan apa saja yang disediakan sistem operasi? 5. Jelaskan yang dimaksud batch processing system? 6. Apa yang dimaksud dengan multiuser dan multiprogramming serta gambarkan skema multiprogramming? 7. Jelaskan mengenai timesharing dan spooling? 8. Gambarkan skema arsitektur von neumann, skema dasar blok sistem komputer, skema posisi sistem operasi! 9. Sebutkan komponen-komponen sistem operasi beserta tugas-tugasnya? 10. Gambarkan dan jelaskan siklus eksekusi instruksi/processor?

4

5

6 Yaitu sistem operasi sebagai kumpulan prosedur dimana prosedur dapat saling dipanggil oleh prosedur lain disistem bila diperlukan. Contohnya pada sistem operasi MSDOS dan UNIX

7

8 Pada sistem operasi MSDOS, antara aplikasi dan sistem operasi bahkan tidak ada pemisahan yang jelas. Ini menyebabkan mudahnya program-program virus memodifikasi dan merusak sistem operasi MSDOS. Pada sistem operasi MSDOS, program aplikasi memiliki akses untuk memodifikasi bagian sistem operasi (program resident, device driver MSDOS, maupun device driver BIOS)

9 Pada sistem operasi UNIX, ada pemisahan antara program aplikasi dan sistem operasi. Program aplikasi hanya dapat mengakses rutin-rutin sistem operasi lewat system call. Tetapi rutin-rutin sistem operasinya, seperti algoritma penjadwalan prosesor, manajemen sistem berkas, driver disk dan tape, semuanya tercampur aduk jadi satu.

10

11 1. Layanan dapat dilakukan sangat cepat karena terdapat disatu ruang alamat.

12 1. Pengujian dan penghilangan kesalahan sulit karena tak dapat dipisahkan dan dilokalisasi. 2. Sulit dalam menyediakan fasilitas pengamanan. 3. Merupakan pemborosan bila setiap komputer harus menjalankan kernel monolitik sangat besar sementara sebenarnya tidak memerlukan seluruh layanan yang disediakan kernel tidak fleksibel. 4. Kesalahan pemograman satu bagian dari kernel menyebabkan matinya seluruh sistem.

13 Yaitu sistem operasi dibentuk secara hirarki berdasar lapisan-lapisan, dimana lapisan-lapisan bawah memberi layanan pada lapisan lebih atas. Sistem operasi yang pertama kali memakai sistem berlapis adalah THE oleh Djikstra dan mahasiswa-mahasiswanya. Struktur berlapis dimaksudkan untuk mengurangi kompleksitas rancangan dan implementasi sistem operasi. Tiap lapisan mempunyai fungsional dan antarmuka masukan- keluaran antara dua lapisan bersebelahan yang terdefinisi bagus.

14  THE (Technische Hogeschool at Eindhoven) Operating System (Dijkstra, 1968)  Level 5 : operator / user  Level 4 : user program  Menangani kompilasi, eksekusi dan printing user program  Level 3 : I/O management  Level 2 : operator-process communication  Level 1 : memory management  Alokasi memori untuk proses  Level 0 : processor allocation & multiprogramming  Menentukan alokasi proses ke CPU, menangani interupsi dan perpindahan proses (sebagai scheduler)

15 1. Memiliki semua rancangan modular, yaitu sistem dibagi menjadi beberapa modul dan tiap modul dirancang secara independen. Tiap lapisan dapat dirancang, dikode dan diuji secara independen. 2. Pendekatan berlapis menyederhanakan rancangan, spesifikasi dan implementasi sistem operasi.

16 1. Fungsi-fungsi sistem operasi harus diberikan ke tiap lapisan secara hati-hati.

17 Awalnya struktur ini membuat seolah-olah pemakai mempunyai seluruh komputer dengan simulasi atas pemroses yang digunakan. Sistem operasi melakukan simulasi mesin nyata. Mesin hasil simulasi digunakan pemakai, mesin maya merupakan tiruan seratus persen atas mesin nyata. Semua pemakai diberi ilusi mempunyai satu mesin yang sama-sama canggih.

18 1. System operasi MS-Windows NT dapat menjalankan aplikasi MS-DOS, OS/2 mode teks dan aplikasi Win16. Aplikasi tersebut dijalankan sebagai masukan bagi subsistem di MS-Windows NT yang mengemulsikan system calls yang dipanggil aplikasi dengan Win32 API. 2. IBM mengembangkan WABI yang mengemulsikan Win32 API sehingga diharapkan sistem operasi yang menjalankan WABI dapat menjalankan aplikasi-aplikasi untuk MS-Windows. 3. Para sukarelawan pengembang LINUX telah membuat DOSEMU agar aplikasi-aplikasi untuk MS-DOS dapat dijalankan di LINUX, WINE agar aplikasi untuk MS-Windows dapat dijalankan di LINUX, Ibcs agar aplikasi-aplikasi untuk SCO-UNIX dapat dijalankan di LINUX, dan sebagainya.

19 Yaitu sistem operasi yang mana proses- prosesnya dikategorikan sebagai server dan client, sebagai berikut : 1. Server adalah proses yang menyediakan layanan. 2. Client adalah proses yang memerlukan /meminta layanan.

20 1. Pengembangan dapat dilakukan secara modular. 2. Kesalahan (bugs) di satu subsistem tidak merusak subsistem-subsistem lain sehingga tidak mengakibatkan satu sistem mati secara keseluruhan. 3. Mudah diadaptasi untuk sistem tersebar.

21 1. Layanan dilakukan lambat karena harus melalui pertukaran pesan. 2. Pertukaran pesan dapat menjadi botleneck.


Download ppt "By : Nanda Prasetia. 1. Apa yang dimaksud sistem operasi dan berikan contohnya? 2. Sebutkan dan jelaskan dua fungsi utama sistem operasi? 3. Sebutkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google