Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PT. SHIGOTO NUSANTARA JASA PEMBORONG PEKERJAAN ATAU PENYEDIAAN JASA PEKERJA / BURUH DAN JASA PENEMPATAN TENAGA KERJA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PT. SHIGOTO NUSANTARA JASA PEMBORONG PEKERJAAN ATAU PENYEDIAAN JASA PEKERJA / BURUH DAN JASA PENEMPATAN TENAGA KERJA."— Transcript presentasi:

1 PT. SHIGOTO NUSANTARA JASA PEMBORONG PEKERJAAN ATAU PENYEDIAAN JASA PEKERJA / BURUH DAN JASA PENEMPATAN TENAGA KERJA

2 PRAKATA Seiring dengan kemajuan dunia usaha, sering timbul adanya permasalahan Perusahaan misalnya masalah perburuhan dan biaya produksi yang tinggi, disisi lain pengusaha dituntut untuk mengadakan penghematan. Guna menghindari problem yang meresahkan ini, dunia usaha harus mulai memikirkan suatu cara untuk menghindari adanya perselisihan hubungan kerja secara langsung dengan pekerjanya. PT. SHIGOTO NUSANTARA yang bergerak di bidang Ketenagakerjaan merupakan hasil usaha yang dibentuk atas dasar kebutuhan serta tuntutan Sumber Daya Manusia yang produktif dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat di era global baik oleh pekerja maupun pengusaha. Keberadaan PT. SHIGOTO NUSANTARA merupakan salah satu jawaban kami dalam memenuhi tuntutan akan tersedianya Tenaga Kerja yang mempunyai produktifitas tinggi dan mengurangi resiko dikemudian hari, untuk itu diperlukan proses rekruitmen calon Tenaga Kerja yang seksama melalui proses seleksi dan penempatan Tenaga Kerja yang sesuai dengan kebutuhan. Seluruh kegiatan rekruitmen dilakukan oleh staf PT. SHIGOTO NUSANTARA mulai dari seleksi, kesehatan, psikotes, pengiriman, penempatan, penggajian serta penggantian Tenaga Kerja. PT. SHIGOTO NUSANTARA sebagai lembaga pelayanan jasa Tenaga Kerja sangat memahami kepentingan dunia usaha untuk dapat menjaga kelangsungan usahanya, tanpa adanya ancaman konflik perburuhan. Suatu kehormatan bagi kami untuk menjalin kerja sama dalam penyediaan Tenaga Kerja dengan segala potensi yang kami miliki, guna memenuhi tuntutan Sumber Daya Manusia yang produktif, khususnya dalam penyediaan Tenaga Kerja

3 PROPOSAL JASA PEMBORONGAN ATAU PENYEDIAAN JASA PEKERJA / BURUH DAN JASA PENEMPATAN TENAGA KERJA I. LATAR BELAKANG Globalisasi ada didepan mata. Momentum ini menyiratkan berbagai tantangan dan peluang bagi dunia usaha dalam menghadapi perdagangan bebas, yang akan membuat persaingan menjadi semakin kompetitif. Agar dapat berhasil atau bertahan dalam persaingan tersebut perusahaan dituntut untuk memiliki kekuatan manajemen dimana salah satu penopangnya adalah sumber daya yang produktif. Tenaga kerja Indonesia pada dasarnya memiliki produktifitas yang tinggi. Akan tetapi terkadang produktifitas ini tidak diimbangi dengan faktor-faktor yang mendukungnya seperti keterampilan kerja, hubungan industrial, teknologi, dan modal kerja. Ketimpangan ini seringkali menimbulkan konflik ketenagakerjaan yang akan mengganggu kelancaran usaha. Guna menghindari konflik tersebut, dunia usaha harus mulai memikirkan suatu cara untuk menghindari adanya hubungan tenaga kerja langsung. PT. SHIGOTO NUSANTARA sebagai perusahaan pemborong pekerjaan atau penyedia jasa pekerja sangat memahami kepentingan dunia usaha untuk dapat menjaga kelangsungan usahanya, tanpa harus adanya ancaman konflik ketenagakerjaan. Sehubungan dengan hal tersebut PT. SHIGOTO NUSANTARA menyediakan jasa penempatan tenaga kerja yang dapat dipekerjakan di perusahaan pengguna jasa.

4 II. BENTUK KERJASAMA Sistem kerjasama PT. SHIGOTO NUSANTARA dengan perusahaan pengguna jasa memakai sistem kontrak kerja dengan menyewa layanan jasa tenaga kerja dalam jangka waktu yang disepakati kedua belah pihak. Tenaga kerja yang ditempatkan di perusahaan pengguna jasa, tetap menjadi tanggungan PT. SHIGOTO NUSANTARA secara penuh sampai dengan berakhirnya periode masa kontrak. III. MANFAAT KERJASAMA Keuntungan perusahaan pengguna jasa perusahaan pemborong pekerjaan atau penyedia jasa pekerja PT. SHIGOTO NUSANTARA adalah : M Mendapatkan tenaga kerja terampil sesuai dibidangnya. T Terhindar dari berbagai ancaman konflik perburuhan, karena semua masalah yang berhubungan dengantenaga kerja yang ditempatkan sepenuhnya menjadi tanggungan PT. SHIGOTO NUSANTARA. M Mendapatkan ganti tenaga kerja jika pekerja yang bersangkutan melakukan kesalahan berat (sehinggadapat dinilai dapat merugikan perusahaan), tanpa kompensasi apapun. D Dapat menilai/mengetahui mutu dan kinerja dari tenaga kerja yang sebenarnya, jika perusahaan bermaksud mengangkat pekerja tersebut menjadi karyawan tetap. IV.SISTEM PEMBAYARAN Sistem pembayaran dilakukan secara Monthly Lump Sum Payment, dimana pembayaran tersebut meliputi komponen-komponen nilai kontrak yang telah disepakati, seperti : 1.Gaji Pekerja (Sub total salary), 2. Tunjangan Transport, 3. Tunjangan Makan, 4. Tunjangan Shift, 5. Biaya Kesehatan, 6. Jamsostek, 7. Tunjangan Hari Raya, 8. Bonus, 9. Biaya Manajemen,

5 V.TAKE OVER DAN SISTEM SUPPLY LEPAS Selain melayani jasa sistem kerjasama tersebut, PT. SHIGOTO NUSANTARA juga memberikan jasa layanan lainnya, yaitu : 1. Berdasarkan Permenaker Nomor : PER-02/MEN/1993, pada prinsipnya perusahaan dapat langsung merekrut pekerja dengan sistem kontrak, tetapi mengacu pada Permenaker tersebut, besar perusahaan yang melakukan sistem kontrak tidak dapat memenuhi persyaratan kerja waktu bertentangan dengan ketentuan tersebut, (berdasarkan pasal 4 ayat 2) dianggap batal demi hukum dan dinyatakan sebagai pekerja waktu tidak tertentu. Untuk memenuhi persyaratan kerja waktu tertentu, perusahaan dapat mengalihkan status pekerja kontrak sebelumnya ditangani langsung oleh perusahaan menjadi karyawan PT. SHIGOTO NUSANTARA dengan memakai sistem kerjasama seperti tersebut diatas. 2. PAKET SUPPLY LEPAS Dalam paket ini PT. SHIGOTO NUSANTARA hanya membantu perusahaan pemakai dalam perekrutan tenaga kerja dan seleksi awal berdasarkan kualifikasi yang diminta oleh perusahaan pemakai. Jika calon tenaga kerja yang kami sampaikan tersebut diterima maka status pekerja tersebut menjadi karyawan perusahaan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan masalah ketenagakerjaan sepenuhnya menjadi tanggung jawab langsung perusahaan pemakai. VI. PENUTUP Berdasarkan kualifikasi tersebut diatas, kami berharap Bapak/Ibu dapat memahami gambaran umum tentang pelayanan jasa kami. Besar harapan kami untuk dapat menjalin kerjasama dalam rangka menciptakan suasana kerja yang harmonis, nyaman dan terbebas dari ancaman konflik perburuhan, karena semua masalah yang berhubungan dengan tenaga kerja yang kami tempatkan sepenuhnya menjadi tanggung jawab kami.

6 No KOMPONENNILAI*KETERANGAN 1Gaji Pokok Rp. ……………………….Disesuaikan dengan UMK tahun berjalan daerah setempat 2Uang Makan Rp. ……………………….Disesuaikan dengan yang berlaku di perusahaan 3Uang Transport Rp. ……………………….Disesuaikan dengan yang berlaku di perusahaan 4Jamsostek Rp. ………………………. Disesuakan dengan perundangan yang berlaku ( 4,89% dari upah ) 5Tunjangan Kesehatan Rp. ……………………….3 – 6% dari Gaji Pokok 6Tunjangan Hari Raya (THR) Rp. ……………………….Satu bulan upah pertahun yang di berikan setiap bulan 7Tunjangan Lembur Rp. ……………………….Disesuaikan dengan ketentuan perundangan yang berlaku. 8Tunjangan Shift Rp. ……………………….Disesuaikan dengan yang berlaku di perusahaan 9Premi Hadir Rp. ……………………….Disesuaikan dengan yang berlaku di perusahaan 10Bonus Rp. ……………………….Disesuaikan dengan yang berlaku di perusahaan Sub Total Nilai Kontrak Rp. ……………………….Penjumlahan dari total komponen Fee Penempatan 15 % / Bulan ( Negosiasi ) Rp. ……………………….Dihitung dari sub total nilai kontrak Total Nilai Kontrak Rp. ………………………. Penjumlahan dari Sub total Nilai Kontrak dan Fee Penempatan Lampiran I. STANDARD KOMPONEN NILAI KONTRAK KARYAWAN PT. SHIGOTO NUSANTARA PADA PT. ……………………………………… Note : Nilai Kontrak dihitung berdasarkan kehadiran per satuan waktu tertentu ( 1 Bulan ) Kecuali : Jamsostek, Tunjangan Kesehatan, Bonus dan THR.

7 Lampiran II. SURAT PERJANJIAN KONTRAK KERJA Yang bertanda tangan dibawah ini, masing-masing : 1. Nama : Jabatan : Alamat : Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama PT , selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA. 2. Nama: H.Soehodo Kismosarjono. SH Jabatan: Direktur Utama Alamat: Jl. KH. Agus Salim No. 14 Poris Plawad Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, Telp. (021) Kota Tangerang, Banten, Telp. (021) Dalam hal ini bertindak untuk PT. SHIGOTO NUSANTARA, selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA. Pada hari ini ……….., tanggal ………, bulan …………...., tahun …… (tgl-bln-thn), PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA telah setuju dan sepakat membuat Perjanjian Kontrak Kerja untuk jangka waktu ( ) Tahun, terhitung sejak surat perjanjian ini dibuat dan ditandatangani oleh kedua belah pihak. Kedua belah pihak telah setuju dan sepakat mengadakan Peerjanjian Kerja Waktu Tertentu dengan ketentuan seperti tertuang dalam pasal-pasal sebagai berikut : Pasal 1 1.PIHAK KEDUA berkewajiban menyediakan, menempatkan, dan mengelola tenaga kerja untuk dipekerjakan di perusahaan PIHAK PERTAMA. 2.Jenis pekerjaan yang disediakan PIHAK KEDUA untuk pekerja PIHAK PERTAMA adalah untuk pekerjaan di bagian produksi. 3.Tenaga kerja PIHAK KEDUA yang dipekerjakan di perusahaan PIHAK PERTAMA harus memenuhi persyaratan yang diminta PIHAK PERTAMA. Pasal 2 PIHAK PERTAMA akan mempekerjakan tenaga PIHAK KEDUA dengan ketentuan ………………….. jam perhari dari hari ……………….. sampai dengan hari ………………. ( 40 jam perminggu ), kelebihan dari waktu kerja tersebut akan diperhitungkan sebagai kerja lembur yang perhitungannya di sesuaikan dengan ketentuan perundangan yang berlaku.

8 Pasal 3 1.P IHAK PERTAMA berkewajiban membayar upah tenaga kerja dan tunjangan-tunjangan lainnya kepada PIHAK KEDUA sebesar nilai kontrak yang disetujui bersama sesuai dalam lampiran. 2.U pah karyawan PIHAK KEDUA untuk setiap hari libur resmi dari pemerintah ditanggung oleh PIHAK PERTAMA sebesar nilai kontrak yang telah disetujui. 3.J ika karyawan PIHAK KEDUA tidak masuk kerja dengan alasan yang tidak normatif, maka tagihan akan dipotong sesuai dengan nilai kontrak terlampir. 4.J ika ada kenaikan Upah Regonal dari Pemerintah ( UMR ), maka jumlah kenaikan tersebut akan dibicarakan oleh kedua pihak. 5.T unjuangan Hari Raya ( THR ) untuk karyawan di tanggung PIHAK PERTAMA 6.B iaya jamsostek di tanggung oleh PIHAK PERTAMA 7.P ajak Penghasilan Pasal 21 ( Pph 21 ) di tanggung PIHAK PERTAMA 8.P ajak Pph 23 di tanggung dan di bayarkan oleh PIHAK PERTAMA, dan menunjukan bukti pembayaran kepada PIHAK KEDUA. 9.P embayaran upah dan lainnya dibayar satu minggu sebelum penggajian oleh PIHAK PERTAMA kepada PIHAK KEDUA, melalui Bank Mandiri Cabang Tangerang Nomor Rekening 118 – dan pembayaran upah kepada karyawan PIHAK KEDUA dilaksanakan oleh PIHAK KEDUA pada tanggal dengan periode sampai bulan berjalan, kwitansi laporan harus sudah diterima PIHAK PERTAMA paling lambat tanggal Pasal 4 Apabila tenaga kerja mengalami kecelakaan dalam tugas di perusahaan, maka PIHAK PERTAMA berkewajiban mengadakan tindakan preventif ( Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan ), dan melaporkan kepada PIHAK KEDUA dan akan memperhitungkan segala biaya yang telah di keluarkan PIHAK PERTAMA, dan PIHAK KEDUA bersedia membayar tunai berdasarkan kwitansi pembayaran yang sah dan kemungkinan di tambahy dengan biaya lain yang wajar..

9 Pasal 5 1.Kebijaksanaan tata tertib perusahaan dapat diterapkan dan dilaksanakan oleh PIHAK PERTAMA terhadap tenaga kerja yang ditempatkan oleh PIHAK KEDUA. 2.PIHAK PERTAMA bersedia untuk menyediakan satu ruangan untuk PIHAK KEDUA sebagai tempat pembinaan kepada tenaga kerja PIHAK KEDUA. Pasal 6 Apabila tenaga kerja PIHAK KEDUA merugikan PIHAK PERTAMA atau melanggar peraturan dan ketentuan perusahaan PIHAK PERTAMA, maka PIHAK PERTAMA dapat segera melaporkannya kepada PIHAK KEDUA, dan PIHAK KEDUA akan melakukan tindakan terhadap karyawan yang bersangkutan dan bertanggung jawab untuk menyelesaikannya Pasal 7 Apabila sebelum jangka waktu kontrak berakhir volume pekerjaan di PIHAK PERTAMA berkurang / Nihil, maka PIHAK PERTAMA dapat mengembalikan tenaga kerja yang volume pekerjaannya yang berkurang kepada PIHAK KEDUA, dan PIHAK PERTAMA tidak di bebankan biaya apapun dalam pengurangan tersebut. Pasal 8 Hal-hal yang belum diatur dalam perjanjian ini akan diselesaikan secara musyawarah oleh kedua belah pihak Pasal 9 Apabila dikemudian hari terdapat perselisihan mengenai isi perjanjian ini, kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikannya dengan cara musyawarah mufakat. Jika dengan musyawarah tidak tercapai mufakat, kedua belah pihak dapat menyelesaikannya melalui jalur hukum ke pengadilan setempat, sesuai domisili masing-masing.

10 Pasal 10 Perjanjian dibuat rangkap 2 ( dua ) dan di tanda tangani oleh kedua belah pihak diatas kertas bermaterai cukup, dan masing – masing mempunyai kekuatan hukum yang sama. Tangerang, PIHAK PERTAMAPIHAK KEDUA ( …………………………….... ) ( H.SOEHODO KISMOSARJONO S.H ) Direktur Utama

11 Lampiran III MEKANISME REKRUITMEN PT.SHIGOTO NUSANTARA : LAMARAN PT SHIGOTO NUSANTARA SELEKSI ADMNISTRASI LULUS PEMANGGILAN UJI PSIKOTEST GAGAL LULUS INTERVIEW DI SALURKAN SESUAI KEBUTUHAN PERUSAHAN PEMAKAI

12 Lampiran IV : RANCANGAN ANGGARAN BIAYA (UNTUK PEMAKAIAN JASA PT. SHIGOTO NUSANTARA) 1.Upah pokok: 2.Uang makan: 3.Uang transportasi: 4.Tunjangan tidak tetap: 5.Tunjangan tetap: 6.Jamsostek: 7.Tunjangan Hari Raya: 8.Bonus (Jika ada): 9.Pajak: 10.Fee manajemen: RANCANGAN PERLENGKAPAN KERJA  Seragam kerja/kaos:  Sepatu kerja:  Topi/helm:  Sarung tangan:  Masker:  P2K:  dll: IURAN PROGRAM JAMSOSTEK (% UPAH / BULAN) Program JamsostekPengusahaPekerja Jaminan kecelakaan kerja (JKK)0,24 % – 1,74 % Jaminan Hari Tua (JHT)3,7%2 % Jaminan Kematian (JKM)0,3% Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) Lajang 3% Menikah 6%

13 Profil Perusahaan Nama Perusahaan : PT. SHIGOTO NUSANTARA Penanggung Jawab : H. Soehodo Kismosarjono,SH Direktur Utama : H. Soehodo Kismosarjono,SH Direktur : Endang Susilowati, SH Komisaris Besar : Ir. H. Hermanto Ahmad, SH Manajer Operasional : Djunaidi Abdillah S,Pd. S.H Bidang Usaha : - Konsultan Sumber Daya Manusia - Pemborongan Jasa Tenaga Kerja - Pemborongan Jasa Tenaga Kerja - Penyedia Tenaga Kerja - Penyedia Tenaga Kerja Perizinan : -Akta Pendirian Perusahaan: No.07 Tanggal 16 Juni 2004, Notaris Lutfi Burhan, SH - Surat Izin Usaha Perdagangan: Nomor : 0696/PK/VIII/ Tanda Daftar Perusahaan: Nomor : Surat Keterangan Domisili Usaha: Nomor : 503/95-Perek/ Nomor Pokok Wajib Pajak : Nomor : Bank : Bank Mandiri Cab. Daan Mogot Tangerang No. Rekening : 118 – No. Rekening : 118 – Alamat : Jl.KH.Agus Salim No.14 Poris Plawad, Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, Indonesia, Kota Tangerang, Banten, Indonesia, Telp/Fax : (021) , Telp/Fax : (021) ,

14 PROGRAM PT. SHIGOTO NUSANTARA Pendidikan dan Latihan Tenaga KerjaPendidikan dan Latihan Tenaga Kerja Perlindungan, Pembinaan dan Pengawasan Tenaga KerjaPerlindungan, Pembinaan dan Pengawasan Tenaga Kerja Pemberian informasi tentang hak-hak Tenaga KerjaPemberian informasi tentang hak-hak Tenaga Kerja Memberikan motifasi Tenaga KerjaMemberikan motifasi Tenaga Kerja Menyiapkan, menyusun dan membuat rencana masa depan.Menyiapkan, menyusun dan membuat rencana masa depan. Meningkatkan kesejahteraan Tenaga KerjaMeningkatkan kesejahteraan Tenaga KerjaVISI Mewujudkan Perusahaan yang siap memasuki pasar bebas.Mewujudkan Perusahaan yang siap memasuki pasar bebas. Terwujudnya harkat, martabat dan moral yang baik bagi Tenaga Kerja.Terwujudnya harkat, martabat dan moral yang baik bagi Tenaga Kerja. Terwujudnya Sumber Daya Manusia yang berkualitas.Terwujudnya Sumber Daya Manusia yang berkualitas.MISI Meningkatkan kualitas dan profesionalisme Tenaga Kerja.Meningkatkan kualitas dan profesionalisme Tenaga Kerja. Membentuk Tenaga Kerja yang mempunyai inisiatif dan kreatifitas tinggi.Membentuk Tenaga Kerja yang mempunyai inisiatif dan kreatifitas tinggi. Membentuk kualitas Sumber Daya Manusia secara efektif dan efisien.Membentuk kualitas Sumber Daya Manusia secara efektif dan efisien. Mengarahkan pekerjaan pada kepuasan Pelanggan.Mengarahkan pekerjaan pada kepuasan Pelanggan.TUJUAN Membantu Pengusaha dalam mencari solusi masalah Ke tenaga kerjaan.Membantu Pengusaha dalam mencari solusi masalah Ke tenaga kerjaan. Memberikan perlindungan kepada Tenaga Kerja sehingga terbebas dari perilaku tidak adil dari pihak mana pun.Memberikan perlindungan kepada Tenaga Kerja sehingga terbebas dari perilaku tidak adil dari pihak mana pun. Membangun Masyarakat Tenaga Kerja yang sejahtera lahir dan batinMembangun Masyarakat Tenaga Kerja yang sejahtera lahir dan batin Menyediakan Tenaga Kerja siap pakai.Menyediakan Tenaga Kerja siap pakai. Membantu Pemerintah dalam mengurangi pengangguran.Membantu Pemerintah dalam mengurangi pengangguran.MANFAAT Perusahaan pengguna akan mendapatkan Tenaga Kerja yang berkualitas.Perusahaan pengguna akan mendapatkan Tenaga Kerja yang berkualitas. Terhindar dari ancaman masalah ketenagakerjaan.Terhindar dari ancaman masalah ketenagakerjaan. Jaminan penggantian Tenaga Kerja yang melakukan kesalahan.Jaminan penggantian Tenaga Kerja yang melakukan kesalahan. MOTTO MOTTO “ PENGUSAHA, MITRA KERJA ”


Download ppt "PT. SHIGOTO NUSANTARA JASA PEMBORONG PEKERJAAN ATAU PENYEDIAAN JASA PEKERJA / BURUH DAN JASA PENEMPATAN TENAGA KERJA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google