Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Benda Langit. Benda langit adalah benda alami yang terdapat di luar atmosfer Bumi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Benda Langit. Benda langit adalah benda alami yang terdapat di luar atmosfer Bumi."— Transcript presentasi:

1 Benda Langit

2 Benda langit adalah benda alami yang terdapat di luar atmosfer Bumi

3 Terbentuk dari gas dan debu, sebagian besar tersusun dari gas hidrogen. Sangat panas dan melepaskan sejumlah besar energi berupa panas dan cahaya. Memiliki kala hidup sekitar 10 miliar tahun. Berjarak sangat jauh dari bumi. Bintang paling dekat berjarak sekitar 23.5 triliun kilometer. Matahari adalah sebuah bintang berukuran sedang. Bintang

4 Matahari Adalah sebuah bintang berukuran sedang (katai kuning), berdiameter sekitar 1.4 juta kilometer. Memungkinkan adanya kehidupan di bumi dengan memberikan sejumlah cahaya dan panas. Berisi sekitar 98% dari massa seluruh sistem Tata Surya. Adalah pusat Tata Surya. Semua planet dan benda lainnya mengorbit mengelilinginya. Berupa gas dan tersusun sebagian besar dari hidrogen. Memiliki bintik-bintik hitam yang dikenal sebagai bintik matahari (sunspot).

5 Planet Benda langit yang mengorbit/mengelilingi bintang. Tidak memancarkan cahaya sendiri. IAU (Agustus 2006): Mengorbit bintang utama. Berbentuk bola. Terbebas dari benda lain dalam orbitnya.

6 Planet Katai Planet katai mengorbit Matahari tetapi pada orbitnya terdapat benda serupa lainnya.

7 Asteroid Benda langit berukuran kecil yang tersusun dari batuan dan logam berukuran kurang dari 1000 km. Kadang disebut planet minor. Sebagian besar berada pada sabuk asteroid, di antara orbit Mars dan Jupiter. Sebagian memiliki orbit dekat Bumi.

8 Sabuk Asteroid & Sabuk Kuiper

9 Bulan Adalah satelit Bumi, mengorbit Bumi. Adalah satu-satunya benda langit yang pernah dikunjungi manusia karena jaraknya jauh lebih dekat ke Bumi dibandingkan dengan planet lain (rata-rata sekitar km). Berdiameter sekitar 3476 km. Menghabiskan waktu 27.3 hari untuk melakukan satu kali putaran mengelilingi bumi dan rotasi pada porosnya. Permukaannya memiliki banyak kawah yang diakibatkan oleh tumbukan meteor pada dahulu kala. Mengakibatkan pasang surut air laut di Bumi. Hal ini disebabkan oleh gaya tarik antara Bumi dan Bulan.

10

11 Komet Tersusun dari es, debu, dan gas. Komet dapat bergerak dengan kecepatan km/jam. Terdiri dari inti, coma, dan ekor. Ekor ion selalu menjauhi Matahari.

12

13 Komet Halley Ditemukan oleh Sir Edmund Halley. Kita bisa mengamati komet Halley setiap 76 tahun sekali.

14 Meteoroid, Meteor, dan Meteorit Meteoroid adalah benda kecil di angkasa yang tersusun dari batuan/logam dan debu. Meteor adalah meteoroid yang mencapai atmosfer Bumi. Meteorit adalah meteor yang mencapai permukaan Bumi

15

16 Hujan Meteor Hujan meteor adalah ketika banyak meteor memasuki atmosfer Bumi. Ukuran meteor rata-rata dalam peristiwa hujan meteor adalah seukuran butiran pasir. Meteor sebenarnya adalah sisa materi komet yang tertinggal pada lintasannya yang berpotongan dengan orbit Bumi.


Download ppt "Benda Langit. Benda langit adalah benda alami yang terdapat di luar atmosfer Bumi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google