Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TATA SURYA PARA MITTA PURBOSARI,M.Pd. TATA SURYA STANDAR KOMPETENSI Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya. KOMPETENSI DASAR Mendeskripsikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TATA SURYA PARA MITTA PURBOSARI,M.Pd. TATA SURYA STANDAR KOMPETENSI Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya. KOMPETENSI DASAR Mendeskripsikan."— Transcript presentasi:

1 TATA SURYA PARA MITTA PURBOSARI,M.Pd

2 TATA SURYA STANDAR KOMPETENSI Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya. KOMPETENSI DASAR Mendeskripsikan karakteristik tat surya Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet.

3 ANGGOTA TATA SURYA 1.BINTANG 2.PLANET 3.SATELIT 4.ASTEROID 5.KOMET 6.METEOR DAN METEORID

4 BINTANG  satu-satunya anggota tata surya yang memiliki keistimewaan mampu memancarkan cahaya sendiri  Bintang yang paling dapat kita rasakan keberadaannya adalah matahari.  Matahari merupakan bintang dan anggota tata surya yang memiliki massa paling besar  Matahari sebagai pusat dari tata surya PLANET Planet adalah suatu benda gelap yang mengorbit sebuah bintang ( matahari ) a.Merkurius b.Venus c.Bumi d.Mars e.Jupiter f.Saturnus g.Uranus h.Neptunus

5 Merkurius paling dekat dari matahari diameter km tidak memiliki satelit revolusi : 88 hari rotasi : 59 hari Venus planet yang mirip dengan bumi diameter km tidak memiliki satelit revolusi : 225 hari rotasi : 243 hari

6 Bumi satu-satunya planet yang berpenghuni berbentuk lonjong dengan jari- jari Bagian kutub : 6.356,8 km Bagian khatulistiwa : 6.378,1 km memiliki satelit (bulan) revolusi : 365 hari rotasi : 24 jam Mars planet unik yang berwarna merah diameter : km memiliki dua benda langit yang selalu mengiringinya, yang bernama phobos dan demos revolusi : 1,9 tahun rotasi : 24,6 hari

7 Jupiter Planet terbesar di tata surya diameter km memiliki 31 satelit, satelit terbesar adalah ganymede revolusi : 11,9 tahun rotasi : 9,8 jam Saturnus Terbesarkedua setelah jupiter dan memiliki cincin diameter km memiliki 30 satelit, satelit terbesar adalah titan revolusi : 29,5 tahun rotasi : berbeda 0,9 jam dari jupiter

8 Uranus Tampak seperti bulatan biru sehingga sulit dipelajari diameter km memiliki 21 satelit, revolusi : 84 tahun rotasi : 17 jam Neptunus Tampak dari bumi seperti chip biru yang indah diameter km memiliki 8 satelit, revolusi : 164,8 tahun rotasi : 15,8 jam

9  Planet tidak memancarkan cahaya, namun memantulkan cahaya  Planet adalah benda langit yang memiliki orbit mengelilingi matahari, memiliki massa dan gravitasi yang cukup sehingga dapat membentuk struktur bulat, dan memiliki jalur orbit yang bersih (tidak ada benda langit lain dalam orbitnya)  Jarak terdekat planet dengan matahari disebut perihelium sedangkan jarak terjauh disebut aphelium Pengelompokkan planet : 1.Berdasarkan letaknya dari orbit bumi a.Planet inferior (merkurius dan venus) b.Planet superior (mars, jupiter, saturnus) 2.Berdasarkan ukuran dan komposisi bahan penyusun a.Planet terestial (bumi, merkurius, venus dan mars) b.Planet jovian (jupiter, saturnus, uranus, dan neptunus) 3.Berdasarkan obit asteroid a.Planet dalam (merkurius, venus, bumi dan mars) b.Planet luar (jupiter, saturnus, neptunus dan uranus)

10 Satelit  Benda langit anggota tata surya yang selalu mengiringi planet  Satelit terbagi menjadi dua jenis yaitu satelit alami dan satelit buatan  Salah satu satelit buatan adalah satelit palapa  Beberapa jenis satelit berdasarkan tujuannya : a.Satelit komunikasi b.Satelit cuaca c.Satelit pencitraan sumber daya alam d.Satelit penentu posisi Asteroid  Asteroid adalah benda angkasa yang berupa pecahan kecil dan terletak pada garis edar yang berada di antara planet Mars dan Jupiter  Asteroid terbentuk bersamaan dengan pembentukan planet berdasarkan susunannya.  Asteroid diduga berasal dari pecahan planet yang hancur.  Asteroid yang pertama kali diteliti diberi nama ceres.

11 Komet (bintang ekor)  Komet adalah benda langit berukuran kecil yang tersusun atas sejumlah partikel-partikel kecil bebatuan, kristal, es, dan gas  Komet terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian inti, koma, dan ekor  Komet yang paling sering mendekati matahari adalah komet Enche  Komet yang paling terkenal adalah komet yang memiliki periode kemunculan 76 tahun sekali, yaitu komet Halley. Komet ini terakhir nampak pada tahun  Komet yang paling lama periode kemunculannya adalah komet Kohontek. Komet ini terakhir melintasi bumi pada tahun Meteor dan Meteorid  Meteor adalah benda angkasa yang bergerak cepat dengan lintasan yang tak beraturan  Meteor yang memasuki atmosfer bumi akan terbakar dan menguap  Beberapa meteor yang berhasil memasuki atmosfer dan sampai ke permukaan bumi sebelum habis terbakar. Benda inilah yang disebut meteorid.

12 MATAHARI SEBAGAI BINTANG  Memiliki sugu yang sangat tinggi yaitu derajat celcius  Materi-materi dalam matahari berbentuk gas pijar, yang disebut plasma.  matahari menjadi bintang paling besar bagi manusia di bumi karena jaraknya paling dekat dengan bumi. Jarak matahari dari bumi adalah 150 juta km  Matahari tersusun atas 71% hidrogen, 27% helium, dan sisanya unsur- unsur berat.  Matahari disusun oleh empat lapisan. Secara berurutan, keempat lapisan itu adalah inti matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona. Inti matahari  Pusat matahari  Paling panas dan paling padat suhu Fotosfer  Lapisan matahari yang biasa kita lihat  Menyerupai piringan emas yang bercagaya  Bila dilihat menggunakan teleskop tampak berbentuk butiran-butiran kecil.

13 Kromosfer  Lapisan yang terdapat di atas fotosfer disebut atmosfer matahari  Atmosfer matahari terdiri dari dua lapisan  Lapisan bawah yang paling dekat fotosfer : kromosfer  Lapisan atas disebut korona Korona  Jauh lebih panas dibandingkan kromosfer  Bila terjadi gerhana matahri korona berbentuk mahkota  Teleskop khusu untuk melihat korona disebut koronagraf.


Download ppt "TATA SURYA PARA MITTA PURBOSARI,M.Pd. TATA SURYA STANDAR KOMPETENSI Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya. KOMPETENSI DASAR Mendeskripsikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google