Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

NAMA :....................................... NIM :....................................... KELAS :..............................................................................

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "NAMA :....................................... NIM :....................................... KELAS :.............................................................................."— Transcript presentasi:

1

2 NAMA : NIM : KELAS :

3 MEMBUAT MEDIA PRESENTASI MENGGUNAKAN MICROSOFT POWER POINT

4 T A T A S U R Y A

5 Tata surya terdiri dari matahari sebagai pusat tata surya, planet-planet (termasuk bumi) dan benda langit lain semuanya secara langsung dan tidak langsung mengelilingi matahari.

6 Bangunlah pagi-pagi dan berdirilah memandang ke ufuk timur, ke arah matahari terbit. Matahari tampak bulat yang diiringi terpancarnya sinar ke seluruh penjuru dunia. Matahari merupakan pusat tata surya. Matahari memancarkan cahaya sendiri. Oleh karena itu matahari disebut juga sumber cahaya atau bintang.

7 MATAHARI SEBAGAI PUSAT TATA SURYA Matahari merupakan bola gas yang bercahaya. Suhu pada permukaannya lebih kurang C. Suhu pada bagian dalamnya lebih panas lagi yaitu kira-kira 15 juta 0 C. Diameternya kira-kira 109 kali diameter bumi dan letaknya lebih kurang 150 juta km dari bumi kita. Perhatikan gambar matahari di bawah..!

8 Berikut, beberapa planet yang mengelilingi matahari Merkurius 2.Venus 3.Bumi 4.Mars 5.Yupiter 6.Saturnus 7.Uranus 8.Neptunus

9 MERKURIUS Merkurius adalah planet terkecil dalam tata surya dan paling dekat dengan matahari. Planet ini sering muncul rendah di kaki langit sebelah barat setelah matahari terbenam dan juga muncul di kaki langit sebelah timur menjelang matahari terbit. Diameter merkurius kira-kira km, jarak rata-rata dari matahari adalah 57,9 juta km. Suhu permukaannya disiang hari C dan malam hari sangat dingin C. Merkurius sangat cepat mengelilingi matahari. Sekali mengelilingi matahari merkurius memerlukan waktu 88 hari di bumi. Jadi, satu tahun di planet merkurius hanya selama 88 hari di bumi. Gambar planet merkurius

10 VENUS Gambar planet Venus Planet ini selalu bercahaya terang. Planet ini paling dekat dengan bumi. Venus sering terlihat di sebelah timur sehingga disebut bintang timur dan juga terlihat di sebelah barat sebelum matahari terbenam sehingga disebut bintang senja atau bintang kejora. Jarak venus dengan matahari 108,2 juta km. Diameternya kira-kira km. Venus beredar mengelilingi matahari selama 225 hari di bumi dan rotasinya 243 hari. Suhu permukaannya C.

11 BUMI Gambar planet Bumi Bumi satu-satunya planet di tata surya yang dihuni makhluk hidup dan merupakan planet ketiga terdekat dengan matahari. Bumi memiliki atmosfer yang melindungi kita dari sinar matahari dan benda-benda langit yang tertarik oleh gravitasi bumi. Diameter bumi kurang lebih km dan dua pertiga permukaannya ditutupi air. Bumi mengelilingi matahari selama 365 hari atau selama satu tahun. Rotasi bumi memerlukan waktu selama 24 jam. Bumi memiliki satu satelit yaitu bulan dan selalu mengelilingi bumi dalam peredarannya mengitari matahari.

12 Gambar planet Mars MARS Planet mars merupakan planet keempat dari matahari. Planet mars disebut juga planet merah karena jika dilihat langsung dengan mata atau dengan teropong tampak planet mars berwarna kemerah-merahan. Suhu permukaan mars kira-kira C. Mars mempunyai diameter km. Mars berputar pada porosnya selama 24,6 jam dan sekali mengelilingi matahari membutuhkan waktu 687 hari. Jarak planet mars dengan matahari 249,1 juta km. Mars memiliki dua satelit yaitu Phobos dan Deimos.

13 YUPITER Gambar planet Yupiter Yupiter planet kelima terdekat ke matahari dan merupakan planet terbesar dalam tata surya. Massanya kira-kira 300 kali massa bumi. Diameter planet ini km atau 11 kali diameter bumi. Jaraknya ke matahari 778 juta km. Kala revolusi yupiter 11,9 tahun dan rotasinya selama 9 jam 55 menit. Planet yupiter memiliki 16 satelit, yang paling besar antara lain Io, Europa, Ganymeda, dan Calisto. Yupiter juga memiliki berjuta-juta satelit kecil sehingga membentuk sistem cincin yang tipis dan kelihatan transparan.

14 SATURNUS Gambar planet Saturnus Saturnus merupakan planet terindah untuk dipandang karena adanya cincin- cincin yang melingkarinya yang terdiri dari bongkahan es, batu kerikil yang dilapisi es. Diameter planet ini km, dan jaraknya dari matahari juta km. Kala revolusinya adalah 29,5 tahun dan kala rotasinya lebih kurang 10,7 jam. Saturnus memiliki paling sedikit 18 satelit dan satu diantaranya yang paling besar adalah Titan dengan diameter km.

15 URANUS Gambar planet Uranus Planet uranus merupakan urutan ketujuh dari matahari. Planet ini diselubungi oleh awan tebal sehingga sulit diselidiki permukaannya. Jaraknya dari matahari kira-kira juta km. Kala revolusinya selama 84 tahun dan rotasinya selama 17 jam. Diameternya mencapai km. Planet ini berwarna hijau kebiru- biruan. Uranus memiliki suhu sangat dingin yaitu kira-kira C. Uranus memiliki satelit 15 buah dan yang paling besar adalah Miranda, Ariel, Umbriel Titania dan Oberon.

16 NEPTUNUS Gambar planet Neptunus Planet ini lebih besar dari pada bumi. Neptunus sering disebut kembaran dari uranus dan planet pembuat ulah karena sering beredar dengan meninggalkan garis edarnya. Diameter neptunus hampir sama dengan uranus km. Jaraknya dari matahari yaitu kira-kira km. Planet ini berwarna cerah kebiru- biruan. Suhu permukaan neptunus sekitar C. Kala revolusinya 165 tahun dan kala rotasinya 16 jam. Palnet ini memiliki 8 satelit, dan tiga yang terbesar yaitu Triton,Nereid dan Proteus.

17 Untuk diingat : Sebelumnya planet dalam tata surya berjumlah 9 (sembilan). Urutan terakhir bernama planet “Pluto”. Tetapi sejak tanggal 7 September 2006, Pluto dinyatakan tidak termasuk dalam kategori sebagai planet, karena pluto tidak memiliki orbit yang dominan seperti delapan planet lainnya. Sejak itu pluto diberi identitas baru sebagai “ASTEROID” dengan nomor “134340”.... Perhatikan lintasan pluto yang berbeda dengan lintasan planet yang lain

18 or Jangan merampas kegembiraan meraka »→


Download ppt "NAMA :....................................... NIM :....................................... KELAS :.............................................................................."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google