Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Daftar pustaka atau bibliografi adalah daftar yang berisi judul buku, artikel, dan lain-lain yang mempunyai pertalian dengan isi karangan yang menjadi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Daftar pustaka atau bibliografi adalah daftar yang berisi judul buku, artikel, dan lain-lain yang mempunyai pertalian dengan isi karangan yang menjadi."— Transcript presentasi:

1 Daftar pustaka atau bibliografi adalah daftar yang berisi judul buku, artikel, dan lain-lain yang mempunyai pertalian dengan isi karangan yang menjadi acuan tulisan tersebut.

2 nama pengarang, ditulis secara terbalik judul buku, termasuk judul tambahannya data publikasi, meliputi: – Penerbit – Kota terbit – Tahun terbit untuk artikel, dituliskan nama pengarang,tahun terbit, tanggal terbit,judul artikel (dipait tanda kutip),nama majalah/surat kabar ( cetak miring), halaman.

3 Urutan penulisan unsur daftar pustaka: nama pengarang (dibalik), tahun terbit, judul tulisan, kota penerbitan, nama penerbit diikuti tanda titik Setiap unsur dipisahkan dengan tanda titik (.) kecuali antara kota dan penerbit dipisahkan tanda titik dua (:) Jika disusun oleh dua pengarang, nama pengarang kedua tidak dibalik Jika disusun oleh banyak orang, nama pengarang pertama dicantumkan dan diikuti dengan keterangan dkk Jika disusun oleh lembaga, maka nama lembaga dipakai untuk menggantikan nama pengarang Jika buku merupakan editorial atau bunga rampai, nama editor yang dipakai. Di belakang nama editor diberi keterangan (ed.)

4 Nama gelar pengarang tidak perlu dituliskan Judul buku digarisbawahi atau dicetak miring.Jika buku terjemahan, setelah judul buku diberi keterangan (terjemahan) Daftar pustaka disusun secara alfabet dari atas ke bawah tanpa menggunakan angka Arab, tanda hubung, dan semacamnya Bila tidak ada nama penulis, judul buku/artikel yang dimasukkan dalam urutan alfabet Jarak antarbaris dalam satu referensi adalah satu spasi tetapi jarak antarreferensi adalah dua spasi Baris pertama dimulai dari margin kiri, baris kedua dan seterusnya menjorok ke dalam kurang lebih lima karakter Bila digunakan dua sumber atau lebih yang sama penulisnya,sumber ditulis dari buku yang lebih dulu terbit diikuti yang terbit sesudahnya.Nama pengarang tidak ditulis lagi, hanya dituliskan tanda garis.

5 Buku artikel (bunga rampai) Artikel majalah /koran Dari koran tanpa pengarang Dokumen resmi pemerintah tanpa pengarang/lembaga Karya terjemahan Skripsi,tesis, atau disertasi Makalah dalam seminar Internet

6 Atikah,H.Z.1998.”Karakteristik Penilaian Kualitatif” dalam Kumiasih (ed.).Pengembangan Penilaian Kualitatif dalam Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (hlm.36-43).Bandung:PSBC Bandung.

7 Huda,N. 2008,13 November.”Menyiasati Krisis Listrik Musim Kering”.Jawa Pos,hlm.6.

8 “Perkembangan Properti Indonesia”.2009,21 September.Kompas, hlm.7.

9 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta:PT Armas Dutajaya.

10 Furchan,Arif.1982.Pengantar Penelitian Pendidikan (terj.).Surabaya:Usaha Nasional.

11  Karya perorangan  Artikel surat kabar yang dimuat di internet  Pesan dari

12 Thompson,A.1998.The Adult and The Curiculum.[Online].Tersedia:http://www.cd. uiue.edu/EPS/PES/1998/thompson.html. [30 Oktober 2009]

13 Cipto,B.(2008,27 Sepember).”Akibat Perombakan Kabinet Berulang,Fondasi Reformasi Runtuh”.Pikiran Rakyat.[Online].8 halaman.Tersedia:http//www.pikiranrakyat. com.[19 Oktober 2009]

14 25 September).Bab V Laporan Penelitian kepada Dedi Supriadi

15 Dirjen Dikdasmen Depdiknas Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa dan Sastra Indonesia,Buku 3. Jakarta. Hartoko,Dick dan B.Rahmanto.1986.Pemandu di Dunia Sastra.Yogyakarta:Kanisius. _________.2000.Memahami Sastra Baru. Yogyakarta:Kanisius. Suryanto,Alex,dkk Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII.Jakarta:Esis.

16 Susunlah daftar pustaka secara alfabet dari daftar buku yang sudah Anda tuliskan di buku PR! Susunlah daftar pustaka secara alfabet dari buku cetak halaman 94-95!


Download ppt "Daftar pustaka atau bibliografi adalah daftar yang berisi judul buku, artikel, dan lain-lain yang mempunyai pertalian dengan isi karangan yang menjadi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google